Propionibacterium Acnes, Si Bakteri Penyebab Jerawat

 Wajah

Propionibacterium Acnes, Si Bakteri Penyebab Jerawat – Wajahmu secantik dan semulus rembulan. Uuups, jangan termakan rayuan gombal yang satu ini ya, karena makna rayuan ini justru sebaliknya. Anda tahu kan permukaan luar bulan? Dari bumi memang tampak halus dan mulus, tapi kalau dilihat dari dekat, tampak banyak lubang pada permukaannya dan benjolan disana- sini. Seperti wajah kita kalau lagi jerawatan. Jerawat yang baru tampak menonjol, jerawat yang lama tampak membekas dan kadang pori- porinya membesar. Aiiih, tentu bukan suatu hal yang mengenakan bukan?

Jerawat muncul pada kondisi tertentu seperti :

  1. Periode Menstruasi

Saat wanita sedang datang bulan. Pada periode tersebut, terjadi pembentukan hormon- hormon tertentu yang memicu kelenjar sebum untuk lebih aktif. Kelenjar sebum tersebut akan memproduksi minyak, alhasil wajah pun tempat berminyak dan menjadi sarang empuk perkembangbiakan bakteri.

  1. Jarang Membersihkan Wajah

Jarang membersihkan wajah. Walaupun anda tidak sedang datang bulan, tapi karena anda jarang membersihkan wajah, menyebabkan bakteri- bakteri mengendap di wajah.

  1. Menyentuh Wajah dengan Tangan

Terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan, tangan yang sehari- harinya berkecimpung dengan berbagai benda dapat memicu perpindahan bakteri dari tangan ke wajah.

  1. Merokok

Saat merokok, asap rokok yang mengandung zat- zat berbahaya nikotin dan CO2 akan langsung mengenai wajah.

  1. Sering Terpapar Langsung Sinar Matahari

Terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung menyebabkan jaringan kulit wajah rusak.Hal ini berakibat perlindungan kulit wajah melemah, akibatnya bakteri mudah menempel di wajah.

Bakteri Penyebab JerawatPerlu diketahui, bakteri yang menempel pada wajah, kemudian berkembang biak dan menyebabkan timbulnya jerawat bernama Propionibacterium acnes. Bakteri ini tergolong salah satu bakteri yang mudah berkembang biak.

Propionibacterium acnes berbentuk seperti filamen yang bercabang, berbentuk kokoid dan tidak menghasilkan endospora. Menurut taksonominya, bakteri Propionibacterium anes ini diklasifikasikan ke dalam kingdom bakteria, filum actinobacteria, kelas actinobakteriadee, ordo actynomycetales, family propionibacteriaceae, genus propionibacterium dan spesies pripionibacterium acnes.

Nah hal yang perlu anda waspadai, bakteri ini dapat terbang di udara. Maka bakteri ini juga dapat dengan mudah menghinggap pada wajah anda. Pada wajah yang kotor, terjadi penumpukan minyak yang kemudian menyebabkan penyumbatan pori- pori wajah. Pori- pori kulit wajah yang tersumbat adalah tempat paling nyaman dimana bakteri Propionibacterium acnes berkembang biak.

Propionibacterium acnes yang mengendap di kulit wajah akan menghasilkan lipase, kemudian memecah lemak bebas dari lipid kulit. Asam lemak tersebut akan mengakibatkan inflamasi pada jaringan kulit yang berhubungan dengan sistem imun dan membentuk jerawat di wajah. Selain itu bakteri ini juga dapat melepaskan zat yang mengiritasi kulit dan menyebabkan kulit wajah memerah, bengkak, nanah di bawah permukaan kulit, iritasi atau peradangan kulit, jerawat yang bekasnya sangat sulit dihilangkan.

Para ilmuwan menemukan suatu virus yang dapat melawan Propionibacterium acnes. Virus tersebut merupakan penangkal Propionibacterium acnes alami, yang hidup di kulit. Virus tersebut tergolong dalam jenis bakteriofag yang secara alami akan mencari bakteri jerawat yang menghinggap di wajah. Bakteriofag dianggap sebagai predator alami bakteri jerawat dan bukan merupakan antibiotik sintetis.

Dilansir dari NBC News, Peneliti Robert Modlin mengatakan bahwa baik Propionibacterium acnes ataupun bakteriofag memiliki gen yang sederhana dan hampir identik. Hal ini mungkin disebabkan karena habitat yang unik dan terbatas. Namun, dalam pengembangan penggunaan virus bakteriofag sebagai penangkal bakteri jerawat masih dalam uji laboratorium lebih lanjut.

Related Posts

Leave a Reply