Pola Makan Diet Sehat Untuk Hidup Sehat

 Diet

Pola Makan Diet Sehat Untuk Hidup Sehat – Sebelum melakukan program diet, setiap harinya kita makan dalam porsi besar sesuka hati, makan makanan ringan sebagai camilan dan minum minuman bersoda serta membeli makanan cepat saji untuk makan siang, kondisi ini normal dan biasanya diterapkan oleh mereka yang sedang tidak melakukan program diet, sangat berbeda dengan mereka yang sedang menjalani program diet, tidak mungkin lagi menerapkan pola makan biasa, kita harus mulai mengaplikasikan pola makan diet sehat yang mana telah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh dan peraturan yang mengikat program diet tersebut.

Makan 3 kali sehari
Pola makan diet sehat yang bisa Anda terapkan setiap harinya merupakan pola makan universal yang sudah umum dan sudah biasa dilakukan sejak dahulu yaitu makan sebanyak 3 kali dalam sehari, mulai dari sarapan pagi, makan siang dan makan malam. Ketiganya tidak bisa Anda lewatkan begitu saja. Ketiganya harus Anda penuhi dengan sangat baik.

Pola Makan Diet Sehat Untuk Hidup SehatSarapan secukupnya dengan porsi biasa, entah itu roti dengan selai kacang atau telur rebus dan buah-buahan, makan pagi memberikan pengaruh positif bagi tubuh karena akan membuat tubuh menjadi lebih segar, artinya tidak lemas dan membuat Anda tidak cepat lapar. Untuk makan malam, alangkah baiknya jika dikonsumsi 2 jam sebelum tidur, karena di malam hari organ tubuh kita tidak terlalu banyak bekerja.

Makanan rendah kolesterol dan lemak
Pola makan diet sehat yang harus Anda terapkan untuk memiliki berat badan ideal dan tatanan hidup yang jauh lebih sehat adalah dengan melewatkan segala jenis makanan yang berkolesterol serta berlemak tinggi.

Pilihlah makanan yang rendah akan kolesterol serta rendah lemak. Jika ingin makan daging sapi, pilih daging sapi rendah lemak dan jika ingin minum susu pilih susu rendah lemak, bukannya susu full cream yang tinggi akan lemak. Pengaturan ini apabila dilaksanakan dalam waktu panjang maka tidak menutup kemungkinan akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Makanan rendah gula dan garam
Sebaiknya mulai saat ini, Anda berusaha untuk mengurangi konsumsi makanan yang terlalu manis atau terlalu asin, karena makanan manis dan makanan asin tidak baik untuk kesehatan tubuh. Olahlah makanan dengan bumbu yang pas, tidak terlalu banyak menambahkan gula atau garam, jika perlu hindari makanan manis dan asin secara permanen.

Makanan rendah karbohidrat
Karbohidrat sangat erat kaitannya dengan orang Indonesia, karena makanan pokok bangsa kita adalah nasi putih yang mana kaya akan kandungan karbohidratnya, akan tetapi terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat tidaklah baik untuk tubuh kita. Solusi terbaiknya adalah mengganti nasi putih dengan nasi merah, mengganti roti putih dengan gandum yang lebih banyak mengandung serat dan lebih baik untuk kesehatan.

Tidak mengkonsumsi minuman bersoda
Minuman bersoda memiliki kandungan gula yang tinggi yang mana tidak baik untuk Anda yang sedang melaksanakan diet sehat, pilihlah minuman olahan lainnya yang jauh lebih sehat, seperti teh hijau tanpa gula, coklat hitam dan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis hangat.

Tidak makan makanan cepat saji
Pola makan diet sehat baiknya tidak mengkonsumsi berbagai makanan cepat saji, makanan cepat saji memang lezat dan sangat mudah untuk didapatkan, namun makanan ini diolah dengan cara cepat dan kebanyakan diolah dengan cara digoreng garing, padahal terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang digoreng tidaklah baik untuk kesehatan dan bisa meningkatkan berat badan kita.

Related Posts

Leave a Reply