Pilihan Model Baju Kurung Terbaru

 Fashion

Pilihan Model Baju Kurung Terbaru Model baju kurung terbaru menjadi salah satu model baju yang banyak dicari masyarakat menjelang hari lebaran. Baju kurung sendiri merupakan salah satu model baju tradisional masyarakat Melayu.

Jenis baju ini merupakan baju nasional dari Brunei dan Malaysia. Di Indonesia beberapa daerah juga menggunakan baju kurung sebagai baju tradisional mereka. Baju dengan model yang serupa juga ada di Singapura dan Thailand.

Model Baju Kurung Tradisional

Baju kurung mulai dipopulerkan pada akhir abad ke-19 oleh Sultan Abu Bakar of Johor. Baju ini dahulu lebih panjang dan lebar. Baju model ini kemudian kembali populer saat kesadaran tentang baju muslim di Malaysia mulai terlihat. Di Malaysia, baju kurung diperuntukkan bagi wanita, sedangkan bagi laki-laki disebut dengan baju melayu. Ada dua versi baju kurung, yaitu baju kurung teluk belanga dan baju kurung cekak musang. Perbedaan antara kedua baju tersebut adalah pada potongan bagian leher/kerah.

Pilihan Model Baju Kurung TerbaruPada baju teluk belanga tidak terdapat kerah dan garis leher dijahit dengan model tulang belut. Sedangkan pada baju kurung cekak musang, terdapat kerah leher yang berdiri dengan lima lubang kancing termasuk dua kancing untuk bagian kerah. Baju kurung tradisional ini juga dibedakan antara baju laki-laki dan perempuan.

  • Baju kurung laki-laki

Baju kurung cekak musang untuk laki-laki memiliki tiga saku, yaitu dua di bagian bawah dan satu di bagian kiri dada. Sedangkan baju kurung teluk belanga memiliki hanya dua buah saku di bagian bawah.

Baju kurung ini memiliki lengan panjang dan dipakai dengan celana panjang. Pada bagian pinggang dipasang sebuah sampin yaitu sarung pendek yang panjangnya sepertiga dari sarung biasa. Kain sampan biasanya terbuat dari songket atau tenun.

  • Baju kurung perempuan

Baju kurung perempuan terdiri dari rok dan blouse. Roknya panjang dan atasannya tidak berkeran panjangnya antara pinggang dan lutut. Bahan kainnya biasanya terbuat dari sutera yang diimpor dari negara lain. Model baju kurung terbaru mulai memberikan tambahan model lain sehingga menjadi baju kurung modern.

Model Baju Kurung Modern

Model baju kurung yang cocok dipakai sebagai baju muslim tersebut kemudian mengalami perkembangan. Model dan potongan baju kemudian dibuat lebih modern dan beberapa ada yang ditambahkan dengan hiasan brokat atau bordiran. Berikut ini beberapa model baju kurung modern:

  • Baju kurung kombinasi brokat

Brokat atau renda bisa ditambahkan di beberapa bagian baju kurung misalnya pada bagian ujung lengan.

  • Baju kurung rok bergelombang

Rok panjang yang dipakai untuk baju kurung bisa dibuat berbeda, misalnya rok lipat bergelombang. Rok ini membuat para wanita menjadi lebih anggun dan menawan, cocok untuk dipakai ke acara pesta.

  • Baju kurung rok bermotif

Bagian rok juga bisa menggunakan rok yang bermotif disesuaikan dengan warna atasannya. Rok bermotif itu bisa berupa motif etnik seperti tenun.

  • Baju kurung baju bermotif

Bagian atasan baju kurung juga bisa menggunakan baju yang bermotif di beberapa bagian. Sebaiknya tidak menggunakan motif yang berlebihan karena baju kurung sendiri memberikan kesan sederhana.

Itulah beberapa model baju kurung terbaru dari baju kurung modern. Memakai baju kurung cocok dikombinasikan dengan kerudung atau hijab sehinga menjadi busana muslimah. Baju kurung di Indonesia memang tidak sepopuler di Malaysia, namun model baju ini cocok digunakan juga oleh orang Indonesia apalagi sebagai baju busana muslim.

Related Posts

Leave a Reply