Perawatan Wajah Berjerawat yang Tepat

 Wajah

Perawatan Wajah Berjerawat yang Tepat – Jerawat membandel memang menyebalkan, Anda jadi merasa tidak puas dengan kulit wajah Anda sendiri yang kurang sehat dan bersih. Mengatasi jerawat memerlukan keahlian dan pengetahuan sehingga jerawat membandel tersebut bisa hilang dengan cepat tanpa meninggalkan bekas jerawat. Bekas jerawat lebih sulit hilang dan biasanya memakan waktu jauh lebih lama dibandingkan dengan menghilangkan jerawat atau memutihkan kulit.

Agar jerawat tidak sampai meninggalkan bekas jerawat di kulit wajah, dibutuhkan perawatan wajah berjerawat yang benar dan sangat efektif. Merawat wajah berjerawat dibutuhkan kesabaran dan pengendalian diri karena jerawat tidak boleh disentuh secara sembarangan untuk menjaga iritasi atau masuknya kuman dari tangan. Berikut ini tips merawat wajah berjerawat dengan benar agar terhindar dari risiko noda kehitaman atau bekas luka jerawat yang lebih parah:

Perawatan Wajah Berjerawat yang TepatPilih produk yang cocok
Agar jerawat tidak meninggalkan bekas luka jerawat disarankan untuk menggunakan produk perawatan wajah berjerawat yang tepat. Gunakan cream wajah yang memiliki kandungan AHA terutama Glycolic Acid yang sangat baik untuo melindungi kulit wajah dari bekas jerawat.

Sedangkan vitamin C dan asam Kojic dapat mengurangi munculnya jaringan parut di kulit wajah. Produk perawatan wajah yang tepat untuk kulit berjerawat bisa Anda dapatkan di klinik kecantikan atau mintalah resep dari dokter kulit Anda supaya tidak terjadi iritasi atau radang karena pemakaian produk yang tidak tepat.

Gunakan pelembab wajah
Wajah berjerawat pun membutuhkan pelembab wajah, pelembab wajah berfungsi sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari, karena mengekspos wajah berjerawat secara langsung tanpa memakai pelembab akan mengakibatkan timbulnya noda hitam yang disebabkan karena matahari mampu memberikan rangsangan pada pigmen kulit sehingga bekas luka lebih mudah terlihat. Banyak sekali pelembab wajah yang ditawarkan, pilih yang paling cocok atau untuk amannya gunakan pelembab wajah yang direkomendasikan oleh dokter kulit Anda.

Dengan penggunaan cream pelembab wajah niscaya wajah Anda akan terhindar dari noda kehitaman, kulit wajah pun menjadi lebih lembab dan halus. Gunakan secara teratur bila pelembab wajah yang Anda gunakan menunjukkan hasil yang baik, dan hentikan pemakaian pelembab wajah ketika wajah Anda menunjukkan gejala iritasi kulit, seperti kulit kemerahan, terasa panas bahkan timbulnya jerawat. Perawatan wajah berjerawat ini bermanfaat bagi Anda yang selalu mengalami masalah noda hitam setelah jerawat menghilang.

Hindari sabun scrub
Penggunaan sabun scrub mungkin sangat membantu jika Anda memiliki kulit wajah yang bekomedo, namun sabun dengan butiran scrub bukanlah jenis sabun yang cocok untuk kulit sensitif yang berjerawat karena bisa memicu iritasi kulit serta jaringan parut. Disarankan untuk memakai sabun cuci muka yang berbentuk cairan lembut dan tidak berbau harum, untuk menghindari iritasi kulit akibat kandungan produk.

Konsultasi dengan dokter
Jika wajah berjerawat tidak juga sembuh meski sudah diobati dengan produk kosmetik tertentu atau dengan bahan alami, kunjungi dokter spesialis kulit untuk berkonsultasi. Bisa jadi jerawat di wajah tersebut muncul karena faktor hormon atau gaya hidup Anda yang tidak sehat. Dokter akan memberikan saran dan jalan keluar terbaik, mungkin Anda akan diberikan resep obat minum atau cream wajah penghilang jerawat dan noda bekas jerawat.

Perawatan wajah berjerawat pada dasarnya bisa dilakukan di rumah dari hal-hal yang kecil, seperti rutin membersihkan wajah, melakukan perawatan dengan masker wajah, penguapan atau bahkan facial. Atasi jerawat dengan cepat ketika pertama kali jerawat muncul sehingga jerawat tidak berbekas dan lebih cepat sembuh.

Related Posts

Leave a Reply