Perawatan Sehat untuk Mata

 Wajah

Perawatan Sehat untuk Mata – Bagian mata merupakan salah satu bagian yang tidak luput dari riasan kecantikan yang biasa dikenakan untuk menambah tampilan wajah lebih cantik dan menarik. Aset yang satu ini  tentunya akan Anda perhatikan dan akan Anda jaga agar tidak ada sedikit ‘noda’ sekalipun. Beberapa permasalahan yang biasanya timbul pada area mata yaitu munculnya kerutan, kantung mata atau mata panda, dan masalah pada mata lainnya.

Bagi Anda yang memang hobi dan selalu memperhatikan penampilan, masalah pada mata seperti pada contoh di atas (kerutan dan kantung mata) akan segera Anda tangani. Tentunya dengan berbagai macam pertimbangan yang Anda pikirkan. Memilih perawatan mata tidak hanya membutuhkan waktu, akan tetapi membutuhkan tenaga serta biaya yang tidak hanya sedikit. Selain itu, aspek keamanan dari efek samping baik jangka pendek ataupun jangka panjang pun tak luput dari pertimbangan. Jika Anda ingin melakukan perawatan mata,  Anda perlu melakukan beberapa tahap berikut ini:

  1. Menghilangkan mata panda

Seperti yang telah kita ketahui bersama, mata panda merupakan permasalahan yang perlu Anda hindari jika ingin memiliki mata sehat nan cantik. Biasanya, penyebab mata panda yaitu  stres atau kelelahan.

Perawatan Sehat untuk MataOleh karena itu, jika Anda ingin mengatasi permasalahan mata panda, maka Anda dapat membuat diri Anda  tidak stres dan tidak merasa kelelahan dengan cara memenuhi kebutuhan istirahat dan tidur Anda. Idealnya, setiap orang membutuhkan waktu untuk tidur kurang lebih 7 – 8 jam per hari agar mata tidak sayu dan terlihat kusam, serta muncul garis – garis hitam pada kulit di bawah mata.

  1. Relaksasi

Jika kita renungkan, maka kita akan sangat bersyukur karena memiliki mata. Setiap harinya, mata bekerja dalam waktu yang sangat lama. Coba bayangkan, dari mulai Anda bangun tidur hingga tidur  lagi. Coba hitung berapa waktu yang telah mata Anda gunakan untuk ‘bekerja’ seharian. Oleh karena itu, kita pun perlu memberikan waktu istirahat bagi mata kita. Apalagi dengan berbagai kegiatan yang melelahkan, seperti berada di depan layar monitor komputer sepanjang hari.

Anda dapat memanjakan mata Anda sebelum mengistirahatkannya agar terasa lebih rileks dan segar saat bangun tidur. Saran yang diberikan yaitu dengan mencuci wajah Anda, kemudian menempelkan irisan ketimun pada mata Anda dan diamkan kurang lebih selama 15 – 20 menit. Kandungan antioksidan dan silika pada ketimun akan membuat mata Anda lebih segar. Selain itu, ketimun pun memiliki kemampuan untuk memperhalus kulit serta meremajakan kulit.

  1. Kosmetik

Seringkali Anda akan memakai produk seperti eye liner dan eye shadow untuk menambah cantiknya wajah Anda. Namun, perlu Anda perhatikan kembali bahwa setelahnya Anda harus segera membersihkan eye liner dan eye shadow dari mata Anda tersebut sampai bersih serta tidak meninggalkan sisa. Bahan – bahan kimia dalam produk – produk tersebut dapat menyebabkan mata mudah teriritasi, lebih sensitif, serta mudah keriput. Oleh karena itu, istirahatkan dan berikanlah waktu kepada kulit area mata Anda sejenak bebas dari make up atau kosmetik manapun.

  1. Eyecream

Eyecream memiliki fungsi untuk menyamarkan garis – garis halus kerutan serta memperkuat jaringan kulit. Aktivitas luar ruangan yang kita lakukan, tanpa kita sadari akan berpengaruh pula pada kulit wajah, terutama area mata kita. Paparan sinar UV (ultra violet) atau sinar matahari akan membuat melanin dan pigmen bekerja terlalu keras sehingga membantu mempercepat munculnya kerutan atau garis halus pada kulit sekitar mata.

  1. Makanan dan minuman

Makanan yang diperlukan untuk menutrisi kulit area mata yaitu makanan yang kaya akan vitamin serta serat. Jadi, konsumsilah buah – buahan dan sayuran. Vitamin A dan C memiliki fungsi yang baik bagi kesehatan kulit, terutama kulit area mata. Vitamin A dan C dapat Anda dapatkan dari buah tomat dan wortel. Selain itu, Anda pun perlu menghindari terjadinya dehidrasi dengan mencukupi asupan air minum Anda kurang lebih 2 liter per hari.

Itulah tahapan – tahapan dalam perawatan mata yang dapat Anda lakukan secara teratur. Selamat mencoba.

Related Posts

Leave a Reply