Perawatan Pasca Pemasangan Kawat Gigi

 Wajah

Perawatan Pasca Pemasangan Kawat Gigi – Pasca pemasangan kawat gigi Anda membutuhkan perawatan yang tepat. Sehari setelah memasang kawat gigi, tentunya Anda masih merasa aneh. Merasa aneh dan khawatir, terutama disaat makan, khawatir ada sisa-sisa makanan yang nyangkut di kawat gigi. Menutur drg. Nadriati, dokter ahli yang berasal dari MeetDoctor.com, ia berpendapat jika pasca memasang kawat gigi, sebaiknya Anda menggunakan retainer untuk menjaga agar gigi tidak mudah relaps. Perawatan pun harus dilakukan sejak hari pertama setelah memasang kawat gigi untuk mencegah terjadinya sariawan. Berikut ini perawatan yang harus Anda lakukan pasca memasang kawat gigi.

Rajin gosok gigi
Pada umumnya, menggosok gigi merupakan kebiasaan alami yang kita lakukan sejak kecil, sehari minimal kita menggosok gigi sebanyak dua kali, baik di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Sedangkan mereka yang menggunakan kawat gigi, alangkah baiknya jika menggosok gigi sesering mungkin untuk mencegah menempelnya sisa makanan pada gigi, jika dibutuhkan Anda bisa membawa sikat gigi dan juga pasta gigi di dalam tas untuk membantu membersihkan gigi ketika Anda sedang tidak di rumah.

Perawatan Pasca Pemasangan Kawat GigiBerkumur dengan obat kumur
Pemasangan kawat gigi membutuhkan perawatan ekstra hati-hati , salah satu peratan yang sebaiknya Anda lakukan untuk merawat kesehatan dan kebersihan gigi adalah dengan berkumur menggunakan obat kumur. Aktivitas ini akan membantu mencegah pertumbuhan kuman di dalam organ mulut dan gigi juga berfungsi dengan sangat baik untuk mencegah bau mulut. Berkumurlah dengan obat kumur ini setelah Anda selesai menyikat gigi.

Bersihkan sela-sela gigi
Pemasangan kawat gigi yang telah dilakukan akan membuat Anda merasa tidak nyaman, namun perawatan ekstra harus tetap dilakukan, salah satunya adalah membersihkan sela-sela gigi. Anda yang tidak sempat atau malas membawa sikat gigi untuk membersihkan gigi di luar harus lebih sering untuk membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan yang menempel, terutama sehabis mengkonsumsi makanan yang mengandung zat pasti serta makan permen atau gulali yang manis dan lengket, karena kedua jenis makanan ini sangat mudah untuk nyangkut pada gigi terlebih jika Anda memakai kawat gigi.

Gunakan pasta gigi fluoride
Perawatan gigi yang baik tidak sebatas memilih sikat gigi yang tepat namun juga harus memilih pasta gigi yang tepat, yakni pasta gigi fluoride. Pasta gigi ini akan membantu merawat dan menjaga kesehatan gigi dengan lebih baik dibandingkan tidak memakai pasta gigi. Biasakan untuk memakai pasta gigi yang baik dan mampu merawat kesehatan gigi dengan sangat baik, salah satunya adalah pasta gigi fluoride.

Sikat gigi proxabrush
Proxabrush merupakan sikat gigi yang sengaja di design khusus untuk para pengguna kawat gigi karena sikat gigi ini akan membantu membersihkan di antara 2 kawat dengan cukup baik. Gerakan sikat gigi secara teratur dari atas ke bawah serta dari bawah ke atasi diantara kedua jalur kawat. Lakukan gerakan ini beberapa kali lantas pindah ke area lainnya sampai semua sisi gigi bersih.

Rajin konsultasi dengan dokter gigi spesialis ortodonti
Banyak sekali rasa ketidaknyamanan yang akan Anda alami pasca pemasangan kawat gigi ini dan untuk mengatasi segala rasa tidak nyaman ini, Anda bisa melakukan konsultasi rutin dengan dokter gigi spesialis ortondonti yang telah membantu memasangkan kawat gigi pada gigi Anda. Anda bisa menceritakan seputar rasa tidak nyaman yang mengganggu, entah itu karet dan kawat yang lepas atau keluhan dan rasa tidak nyaman lainnya.

Related Posts

Leave a Reply