Perawatan Gigi Palsu Agar Tak Mudah Rusak

 Wajah

Perawatan Gigi Palsu Agar Tak Mudah Rusak – Para pemakai gigi palsu biasanya akan membersihkan gigi palsu mereka setiap harinya dengan memakai sikat gigi serta pasta gigi, padahal perawatan gigi palsu tersebut dinilai kurang tepat dan kurang efektif untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi palsu. Dikatakan oleh drg Susi, aktivitas membersihkan gigi tiruan atau gigi palsu ini dengan menggunakan sikat serta pasta gigi justru akan menciptakan goresan pada gigi palsu bahkan lama kelamaan akan merusak gigi palsu.

Akibatnya, bakteri yang ada di dalam mulut, tumbuh dan berkembang dengan lebih cepat dan menimbulkan bau mulut pada gigi palsu. Masalah yang kerapkali dialami dan dikeluhkan oleh para pengguna gigi palsu adalah masalah bau mulut yang membuat mereka menjadi kehilangan rasa percaya diri. Lantas bagaimanakah perawatan gigi tiruan yang baik dan tepat?.

Perawatan Gigi Palsu Agar Tak Mudah RusakRendam gigi palsu dengan air hangat
Perawatan gigi palsu sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan gigi asli atau gigi tetap. Salah satu perawatan untuk gigi palsu yang berbeda adalah aktivitas meredam gigi palsu dengan menggunakan air hangat di malam hari. Disaat akan tidur di malam hari, Anda dianjurkan untuk melepas gigi palsu untuk kemudian merendamnya dengan memakai air hangat yang tidak terlalu panas selama satu malam penuh hingga keesokan paginya, aktivitas ini bermanfaat sekali untuk menjaga kelembaban gigi palsu sehingga tidak gampang mengkerut.

Jika digunakan terus menerus selama malam hari, gigi palsu akan menutupi gusi sehingga tidak bisa bernapas dengan baik dan akan mengakibatkan timbulnya peradangan pada gigi.

Bersihkan gigi secara rutin
Lakukan perawatan gigi palsu secara teratur dengan membersihkan gigi palsu sebaik mungkin. Selama satu hari penuh, mulai dari pagi hingga menjelang malam hari, kita menggunakan gigi palsu ini untuk membantu mengunyah makanan, menggigit bahkan memotong makanan, aktivitas yang dilakukan gigi selama satu hari penuh ini dapat melekatkan sisa-sisa makanan dan air liur pada gigi yang bila tidak dibersihkan dengan baik dan benar akan mengakibatkan terbentuknya karang gigi, bakteri dan juga jamur.

Maka dari itu, rawatlah dan bersihkan gigi palsu Anda seperti Anda membersihkan gigi asli. Sesudah makan dan menjelang tidur di malam hari, bersihkan gigi palsu dengan cara merendamnya di dalam air yang hangat selama beberapa saat.

Tablet pembersih khusus gigi palsu
Penggunaan tablet pembersih khusus gigi palsu ini bisa Anda terapkan jika Anda memerlukannya saja, tablet bisa dilarutkan di dalam air hangat yang biasanya akan Anda gunakan untuk membersihkan gigi palsu sesudah makan maupun menjelang tidur malam.

Bersihkan dengan sikat gigi
Apabila karang pada gigi palsu sudah menebal dan sudah menunjukkan gejala akan menjamur, maka Anda bisa membersihkan gigi dengan memakai sikat gigi, pilihlah sikat gigi yang memiliki bolu halus dan bersihkan tanpa memakai pasta gigi. Lakukan perawatan dengan sikat gigi ini setidaknya 2-3 kali setiap kali.

Pada umumnya, gigi palsu akan bertahan selama kurang lebih 5 tahun untuk dapat menjaga struktur tulang serta gusi sehingga tidak turun. Apabil tidak dirawat dengan baik dan benar, akan mengakibatkan luka, iritasi yang menimbulkan rasa sakit, bahkan kelainan gusi. Apabila gigi palsu sudah jamuran dan banyak memiliki bakteri maka gigi palsu tidak layak lagi untuk digunakan dan segera harus diganti dengan gigi palsu terbau. Perawatan gigi palsu ini sangatlah penting untuk menjaga kebersihan dan kelayakan gigi sehingga bisa digunakan setiap hari seperti biasanya.

Related Posts

Leave a Reply