Penyebab Selulit dan Bagaimana Mengatasinya

 Badan

Penyebab Selulit dan Bagaimana Mengatasinya – Stretch mark atau selulit bisa menjadi masalah yang sangat tidak menyenangkan bagi para wanita. Diperkirakan bahwa 90% kaum hawa cenderung memiliki selulit ketika mereka mengandung. Pembentukan selulit ini tergantung dari sejauh mana kulit mengembang, berat badan yang bertambah dengan intensitas waktu yang tinggi atau terjadi secara berlebihan akan memperburuk pembentukan selulit.

Wanita yang hamil akan mengalami selulit di daerah perut, payudara, bokong, paha, pinggul, maupun punggung bawah. Selulit bisa muncul di bagian tubuh mana pun, namun selulit akan mudah untuk ditemukan dan muncul pada bagian tubuh yang menyimpan banyak lemak. Berikut ini beberapa penyebab selulit dan bagaimana cara mengatasinya.

Berat badan berlebih
Penyebab selulit yang selama ini tidak disadari oleh banyak wanita adalah berat badan yang berlebihan. Pembentuka selulit erat kaitannya dengan perubahan kulit yang mengembang. Kulit yang mengembang ini biasa terjadi disaat seseorang memiliki berat badan yang berlebih. Dalam beberapa kasus, wanita yang mengandung akan mengalami selulit di daerah perut, payudara, pinggul dan masih banyak lagi. Selulit akan muncul dengan lebih cepat di daerah kulit yang memiliki banyak lemak.

Penyebab Selulit dan Bagaimana MengatasinyaMeningkatkan kadar hormon
Penyebab selulit ini mungkin tidak bisa kita hindari karena berasal dari dalam tubuh. Hormon mengikat air dengan takaran yang jauh lebih besar ke dalam kulit, yang mana akan membuat ikatan diantara serat-serat kolagen merenggang. Kondisi ini akan membuat jaringan kulit lebih mudah rusak dan robek disaat meregang sehingga lama kelamaan terbentuklah selulit di kulit.

Banyak minum air
Minum air dalam jumlah yang mencukupi merupakan salah satu cara terbaik yang bisa membantu Anda untuk mengatasi selulit. Air akan membantu kulit dan tubuh tetap terhidrasi , sehingga tingkat elastisitas kulit tetap terjaga secara optimal. Minum air yang mencukupi ini bisa menjadi terapi yang baik dan sudah seharusnya Anda lakukan sejak lama karena air merupakan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap sehat.

Berolahraga
Konsumsi makanan setiap harinya harus diimbangi dengan olahraga yang mencukupi. Olahraga yang mencukupi akan membuat tubuh dan kulit menjadi lebih sehat. Berolahraga dengan baik akan membuat kulit tetap kencang walaupun usia Anda sudah tidak lagi muda. Olahraga tiap harinya selama 30-45 menit merupajan cara terbaik untuk merawat tubuh tetap sehat, lemak berlebih di tubuh akan terbakar dengan baik.

Pola makan yang sehat
Diet yang sehat merupakan paket terakhir yang harus Anda lakukan disaat Anda berencana untuk menghilangkan selulit, hal ini akan mengimbangi dan mengatasi penyebab dari selulit pada poin pertama, seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Berat badan yang melampaui batasnya akan memberikan banyak pengaruh tidak baik, selain untuk kesehatan tubuh juga tidak baik untuk kesehatan kulit. Coba atasi berat badan berlebih yang menyebabkan selulit dengan berolahraga serta menerapkan pola makan yang sehat.

Berbagai hal bisa menjadi penyebab selulit, entah itu faktor dari dalam tubuh maupun faktor eksternal. Bila selulit ini disebabkan oleh hormon maka tidak banyak hal yang bisa lakukan untuk mencegahnya, tidak mungkin pula Anda menghentikan perkembangan janin disaat mengandung hanya untuk memiliki bentuk tubuh yang langsing. Tubuh yang sehat juga bisa dilihat dari kondisi kesehatan kulitnya, apabila kulit tidak sehat karena banyak memiliki selulit tentu Anda merasa tidak nyaman, oleh karena itu segera atasi selulit dengan serangkaian terapi atau metode yang Anda kehendaki.

Related Posts

Leave a Reply