Penyebab-Penyebab Kulit Berminyak

 Wajah

Penyebab-Penyebab Kulit Berminyak – Apa pun jenis kulitnya pasti memiliki kekuarangan sendiri, tidak terkecuali dengan kulit berminyak yang lebih tinggi risikonya untuk berjerawat dan tampak kusam. Beberapa orang cenderung memiliki wajah berminyak dibandingkan dengan wajah normal atau kulit wajah kering. Menurut dokter kulit, penyebab seseorang memiliki wajah berminyak karena faktor genetika.

Faktanya kulit wajah berminyak yang disebabkan oleh faktor genetik cenderung sulit untuk diatasi, namun Anda bisa mengurangi penyebab kulit berminyak lainnya yang akan meningkatkan kadar minyak pada wajah Anda yang sudah berminyak. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan kulit berminyak yang patut Anda ketahui:

Penyebab-Penyebab Kulit BerminyakSiklus menstruasi
Beberapa wanita akan mengeluh mengenai jerawat yang timbul lebih banyak ketika siklus menstruasi datang, ini disebabkan karena perubahan hormon. Hormon yang tidak stabil ditengarai mampu mensyimulus kelenjar minyak yang pada akhirnya akan membuat kotoran mudah menempel dan pori-pori tersumbat hingga jerawat mudah muncul. Supaya kulit wajah tidak terlalu berminyak gunakan pembersih wajah yang tepat, berbentuk foam dan tidak memiliki kandungan minyak di dalamnya.

Stres
Perubahan sikap dan perilaku wanita bukan melulu disebabkan karena perubahan hormon karena datang bulan, tekanan batin dan pikiran menjadi alasan yang tepat mengapa banyak orang yang mengalami stres dan membutuhkan obat untuk menenangkan diri. Stres bisa dipicu oleh beberapa faktor, baik dari dalam lingkungan rumah maupun dari luar lingkungan rumah, yakni masalah pekerjaan atau pergaulan di luar rumah. Stres sebenarnya bisa diatasi dengan mudah, cukup dengan mengerjakan sesuatu yang menyenangkan dan mengalihkan diri dari rutinitas harian yang membuat Anda tertekan.

Disaat Anda stres, hormon kortisol akan dilepaskan secara otomatis untuk membuat Anda fokus dan lebih waspada sehingga stres bisa diatasi dengan lebih cepat. Namun, pelepasan hormon kortisol yang melibihi batas normal akan berakibat negatif bagi kesehatan kulit wajah. Wajah tampak lebih berminyak karena produksi minyak mengalami peningkatan yang cukup pesat. Penyebab kulit berminyak ini bisa diatasi dengan mengatasi terlebih dahulu stres Anda, baik dengan relaksasi atau melakukan meditasi. Anda juga bisa mengoleskan master tanah liat instan pada wajah untuk mengurangi kadar minyak berlebih sehingga kulit tampak lebih sehat dan bebas dari minyak berlebih.

Cuaca
Karena Anda hidup di negara yang beriklim tropis, Anda harus siap untuk merawat kulit wajah dari cuaca panas. Memang tidak berpengaruh langsung bagi produksi kelenjar minyak, namun produksi keringat yang berlebih membuat wajah cepat berminyak. Supaya kulit Anda tidak berminyak karena cuaca panas dan keringat, gunakan make up yang mampu bertahan lama di cuaca yang kering, Anda bisa mencoba untuk menggunakan dasar make up yang dibuat dari formula mattyfing yang mana dapat membantu mengurangi kilap di wajah dan membantu penyerapan minyak.

Kosmetik
Kosmetik memang tidak memengaruhi kulit berminyak secara langsung, namun riasan wajah yang terlalu berat dapat menghalangi minyak untuk keluar sehingga jerawat mudah sekali muncul bahkan meradang. Hindarilah penggunaan make up tebal dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Penyebab kulit berminyak ternyata cukup banyak, usahakan agar Anda tidak salah memilih kosmetik atau melakukan gaya hidup tidak sehat. Rawatlah selalu kebersihan wajah dengan mencuci wajah menggunakan pembersih atau sabun cuci muka supaya wajah Anda terbebas dari minyak berlebih dan jerawat yang biasanya akan menjadi bonus yang tidak menyenangkan yang dapat memengaruhi kecantikan kulit wajah Anda.

Related Posts

Leave a Reply