Penyebab Munculnya Mata Panda

 Wajah

Penyebab Munculnya Mata Panda – Mata merupakan salah satu bagian penting dari diri kita. Bagaimana tidak? Kita bisa melihat segala macam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dengan mata kita. Oleh karena itu, kesehatan mata pun sangat penting untuk dijaga. Mata yang sehat adalah mata yang cantik. Setuju? Jika mata memiliki kelainan dan tidak dapat menjalankan  fungsi normalnya, apakah masih terlihat cantik? Bagaimana dengan mata yang bintitan? Mata yang belekan? Tidak cantik, bukan?

Nah, permasalahan – permasalahan pada mata seperti yang disebutkan di atas tentu saja tidak ingin Anda miliki. Pastinya Anda ingin mengetahui penyebabnya, agar mampu untuk menghindari dan mencegahnya. Permasalahan seperti mata minus pun saat ini menyebabkan beberapa orang ‘menganggapnya’ tidak cantik.

Mungkin beberapa orang setuju bahwa memiliki mata minus dan harus mengenakan kaca mata itu tidak cantik, namun mungkin beberapa orang lainnya akan mengatakan sebaliknya bahwa tidak masalah mengenakan kaca mata dan tetap terlihat cantik. Nah, bagi orang – orang yang menganggap tidak cantik,  mereka pun akan beralih pada lensa kontak untuk menggantikan fungsi kaca mata. Ya, begitulah pentingnya penampilan bagi beberapa orang di dunia ini.

Penyebab Munculnya Mata PandaSelain permasalahan di atas, ada satu permasalahan terkait mata yang biasanya membuat gusar dan ‘jengkel’ karena menghalangi penampilan cantiknya. Permasalahan apakah itu? Ya, mata panda. Jika Anda mendengar ataupun membaca istilah mata panda, maka yang akan Anda bayangkan adalah seekor binatang panda.

Pernahkah Anda mencermati lingkaran hitam disekitar mata binatang tersebut? Ya, lingkaran hitam itulah yang disebut sebagai mata panda. Mata panda yang memiliki lingkaran di sekelilingnya yang berwarna hitam tersebut pastilah terlihat lucu. Namun, apa jadinya jika mata panda tersebut ‘berpindah’ di mata Anda? Masih tetap tampak lucu kah? Atau justru terlihat aneh dan tidak cantik? Lalu  apa penyebab mata panda tersebut muncul?

Penyebab munculnya mata panda merupakan hal penting yang harus kita ketahui jika tidak ingin memiliki lingkaran hitam nan ‘lucu’ milik binatang pemakan bambu ini. Setelah mengetahui penyebab mata panda, maka Anda akan dapat dengan mudahnya mengatasi dan menghilangkannya. Berikut akan kita ulas dan bahas mengenai penyebab mata panda yang harus Anda waspadai:

  1. Kelelahan

Selama ini, beberapa orang akan menanyakan kepada Anda “apakah semalam Anda tidur?” ketika Anda memiliki lingkaran hitam sekitar mata Anda. hal ini menunjukkan bahwa penyebab mata panda adalah kurang tidur. Ya, bisa jadi. Sebenarnya lingkaran hitam bernama mata panda ini merupakan pembuluh darah di bawah mata yang aktif bekerja ketika Anda kurang tidur, terlebih lagi ditambah faktor stres.

Padahal seharusnya Anda memejamkan mata dan tidur untuk mengistirahatkan mata Anda, namun yang Anda lakukan justru begadang untuk melakukan berbagai aktivitas. Maka pembuluh darah di bawah  mata pun bekerja terlalu aktif dan muncullah mata panda.

  1. Usia

Sering kita lihat, orang –orang yang sudah lanjut usia memiliki lingkaran hitam di bawah matanya. Apakah mereka juga mengalami kelelahan akibat kurang tidur? Tentu saja tidak hanya itu penyebabnya. Menurut teori, semakin bertambah usia seseorang maka semakin tipis dan tembus pandanglah kulitnya. Begitu juga pada kulit wajahnya. Oleh karena itu, lingkaran hitam yang muncul merupakan bayang pembuluh darah yang semakin tampak akibat tipisnya kulit lansia.

  1. Keturunan

Keturunan yang dimaksud di sini bukanlah keturunan panda. Melainkan keturunan orang yang memiliki kulit tipis. Sama halnya dengan faktor usia, faktor keturunan memiliki kulit tipis ini akan menyebabkan pembuluh darah di bawah mata terlihat  dan tampak seperti bayang – bayang, sehingga disebut pulalah mata panda.

  1. Alergi
  2. Perawatan medis

Itulah beberapa penyebab mata panda. Apabila Anda sudah menemukan penyebab manakah yang menjadi ‘biang kerok’ mata panda Anda, maka segeralah atasi masalah utama dan hindari penyebab tersebut. Namun apabila faktor usia dan keturunan lah yang menjadi penyebabnya, maka Anda harus menenangkan pikiran Anda karena tidak akan membahayakan dan justru merupakan sebuah kewajaran. Pahamilah kembali definisi cantik, agar Anda tidak lagi mengeluhkan hal – hal yang memang digariskan untuk Anda atau bahkan menjadikan Anda tidak bersyukur atas nikmat yang Tuhan berikan pada Anda.

Related Posts

Leave a Reply