Penyebab Kulit Kusam dan Kering

 Badan

Penyebab Kulit Kusam dan Kering – Kulit ditengarai menjadi indikator kesehatan serta kecantikan seseorang. Kulit akan menunjukkan reaksi jika terkena rangsangan negatif baik dari luar maupun dari dalam tubuh. Ketika kulit Anda kemerahan atau pun gatal-gatal bisa jadi itu adalah reaksi alergi dari kosmetik atau makanan yang Anda konsumsi. Lantas, bagaimana dengan kulit kusam dan kering? Apakah Anda mengenal dan memahami semua rangsangan negatif yang menyebabkan kesehatan kulit terganggu sehingga menjadi kusam dan kering? Simaklah Penyebab kulit kusam dan kering di bawah ini:

Terlalu banyak minum kopi
Baik makanan, minuman maupun bekerja semuanya tidak boleh berlebihan. Terlalu banyak makan akan mengakibatkan obesitas, terlalu banyak minum seperti minum kopi akan membuat kulit Anda menjadi kusam dan kering, sedangkan terlalu banyak bekerja dapat mengurangi kesehatan tubuh. Kurangi minuman yang memiliki kandungan kafein karena dapat membuat kulit menjadi lebih kering. Minuman berkafein, seperti kopi, teh dan cokelat. Perlu Anda perhatikan konsumsi makanan dan minuman yang tinggi akan kafein.

Penyebab Kulit Kusam dan KeringKebiasaan buruk
Beberapa orang tidak menyadari jika apa yang Anda lakukan merupakan kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk yang patut Anda hindari adalah merokok, banyak mengkonsumsi junk food, terlalu sering mandi dengan air hangat atau lupa mengoleskan pelembab dan lotion kulit setiap hari. Kebiasaan buruk yang terlalu banyak dipelihara dapat mengikis kelembaban serta kelembutan kulit Anda, coba kurangi kebiasaan buruk dari merubah hal yang kecil, seperti rutin mengoleskan pelembab dan lotion, tidak membersihkan badan dengan air yang hangat atau tidak mengkonsumsi makanan yang tidak diolah dengan cara yang tepat.

Kurang istirahat
Kurang istirahat akan mengakibatkan kulit menjadi kehilangan kelembaban, di malam hari kulit akan melakukan regenerasi sehingga kulit Anda akan tampak segar dan cerah di pagi hari. Tidur yang cukup bagi orang dewasa adalah 8 jam. Penyebab kulit kusam dan kering ini bisa Anda lakukan dengan mudah karena datangnya dari kesadaran akan kesehatan tubuh dan kulit Anda sendiri. Jadi, apakah Anda ingin memiliki kulit kusam dan kering hanya karena kurang beristirahat?. Semestinya hal ini bisa diperbaiki dengan mudah dengan menanamkan kepercayaan jika tidur cukup itu baik untuk kesehatan.

Sering scrubbing
Scrubbing memang bagus untuk membantu mengangkat sel kulit mati, namun ternyata terlalu sering melakukan scrubbing juga tidaklah baik bagi kecantikan kulit, butiran scrub yang kasar akan membuat kulit Anda kering dan kusam. Lakukan scrubbing tidak lebih dari satu kali setiap minggu nya supaya kecantikan kulit Anda tetap terpelihara dengan baik.

Kosmetik tidak sesuai
Banyak orang yang sudah mengalami hal ini bahkan sebagian orang harus rela wajahnya menjadi rusak karena kosmetik yang tidak sesuai. Kosmetik banyak sekali macamnya, namun dari sekian banyak tersebut, pelembab wajah dan bedak merupakan kosmetik yang paling sering digunakan oleh semua orang termasuk pria. Kandungan kimia dalam kosmetik dapat memberikan reaksi yang berbeda bagi setiap orang, sebagian mungkin tidak bermasalah namun tidak baik bagi sebagian lainnya. Pilih kosmetik yang aman, tidak mengandung hydroquinone maupun merkuri dalam jumlah yang terlalu besar. Jika kulit Anda yang awalnya lembab menjadi kusam dan kering setelah pemakaian kosmetik tertentu bisa jadi itu merupakan tanda jika kosmetik Anda tidak sesuai dengan kulit Anda.

Penyebab kulit kusam dan kering sudah Anda ketahui. Ayo jaga kesehatan dan kecantikan kulit dengan tidak melakukan hal negatif seperti yang tertera di atas.

Related Posts

Leave a Reply