Penyebab Kaki Pecah-Pecah dan Kering

 Kaki dan Tangan

Penyebab Kaki Pecah Pecah dan Kering – Kaki yang lembut secara mendadak menjadi kering dan pecah pecah? tentunya kondisi kulit kaki yang tidak sehat ini membuat Anda merasa tidak nyaman dan kehilangan rasa percaya diri terutama disaat mengenakan sepatu atau sandal terbuka. Pada dasarnya, kulit kaki merupakan daerah yang rentan terhadap pengerasan kulit dan juga pecah pecah, hal ini bisa saja terjadi disaat kulit berinteraksi secara langsung dengan lantai atau alas kaki yang kesempitan.

Beberapa orang pun terkadang tidak memerhatikan kesehatan kulit kakinya dengan baik dan terus saja mengenakan sepatu hak tinggi tanpa memakai bantalan hak padahal kebiasaan tersebut akan menyakiti kulit kaki. Lantas apa saja penyebab kaki pecah pecah simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

Penyebab Kaki Pecah-Pecah dan KeringUdara dingin
Disaat udara berubah menjadi dingin, selalu pastikan jika Anda memakai body butter maupun body balm yang bisa dipakai untuk melembabkan kulit kaki dengan sangat baik, hal ini sangat bermanfaat karena kulit kaki akan kehilangan kelembabannya disaat udara tiba-tiba menjadi dingin. Perubahan suhu ini bisa saja terjadi di Indonesia, beberapa jam cerah dan jam berikutnya sudah hujan.

Interaksi dengan tanah maupun lantai
Salah satu penyebab kaki pecah pecah adalah adanya interaksi antara tanah dengan kaki maupun lantai. Disaat kaki kita bersinggungan dengan tanah maupun lantai karena tidak mengenakan alas kaki atau kaus kaki maka kulit akan rawan sekali mengalami penebalan dan juga pengerasan, maka dari itu, lebih dianjurkan untuk memakai alas kaki disaat Anda beraktivitas di dalam ruangan maupun di luar rumah.

Kurangnya kelembaban
Salah satu penyebab kaki pecah pecah adalah kurangnya kelembaban. Selain dua penyebab yang telah kita sebutkan di atas, ada pula penyebab lainnya yang membuat kulit menjadi kering dan pecah pecah dan salah satunya yang cukup banyak terjadi, baik pada wanita maupun pria adalah kurang kelembaban yang disebabkan karena Anda jarang mengoleskan lotion pada telapak dan tumit kaki. Oleh karenanya, pastikan jika kaki Anda selalu mengoleskan pelembab setidaknya 2 kali setiap harinya untuk membuat kulit kaki menjadi tetap sehat dan juga lembut.

Seringkali terkena air
Selain menyebabkan jamur disaat terlalu lama terkena air, apabila tidak segera dioleskan lotion maka kulit kaki akan mudah kusam dan kering dan perlahan-lahan mengakibatkan kaki menjadi bersisik. Bersihkan air dengan air yang bersih dan setelah itu oleskan lotion secara merata pda kulit kaki sehingga kandungan yang terdapat di dalam lotion dapat menyerap dengan lebih cepat dan terkunci dengan sangat baik di kulit kaki.

Kadar gula yang berlebihan
Tidak banyak yang mengetahui jika kadar gula yang berlebih akan menyebabkan kulit kaki menjadi kering dan pecah pecah yang kemudian mengganggu peredaran darah yang perlahan-lahan mengakibatkan kaku kapalan dan pecah pecah. Oleh karena itu, gunakanlah alas kaki dan juga rajin mengoleskan foot cream maupun lotion pada kulit kaki secara merata. Jagalah kebersihan kaki dengan merawat kaki secara teratur sehingga kemungkinan untuk mengalami kaki pecah pecah lebih kecil.

Penyebab kaki pecah pecah sangatlah beragam, namun Anda hanya membutuhkan beberapa tips yang sama untuk mengatasi kulit kaki yang kering dan pecah pecah, yang tidak lain adalah merawat kaki dengan lotion dan merendam kaki dengan memakai air hangat dan air perasan jeruk lemon atau dengan melakukan scrubbing dan menggosok kaki dengan batu apung.

Related Posts

Leave a Reply