Penyebab Kaki Bengkak dan Masalah Kesehatan yang Menyertai

 Kaki dan Tangan

Penyebab Kaki Bengkak dan Masalah Kesehatan yang Menyertai – Kaki bengkak tentunya tidak menyenangkan, Anda yang biasa bergaya dan tampil seksi dengan high heels harus berpikir dua kali untuk menggunakan alas kaki tersebut karena bisa membuat kaki bengkak semakin sakit dan rasanya tidak mungkin untuk tampil terbuka dengan kaki yang membengkak, selain tidak cantik juga tampak tidak pas untuk dilihat. Pembengkakan kaki bisa terjadi baik dengan atau tanpa gangguan kesehatan.

Berjalan jauh terlalu lama tanpa beristirahat atau melakukan berbagai aktivitas gerak bisa membuat kaki Anda membesar sekaligus terasa nyeri. Kaki dipercaya dapat menggambarkan kondisi kesehatan seseorang, oleh karena itu tidak sedikit orang yang mulai berpikir untuk mencoba melakukan perawatan rutin secara berkala pada kakinya, mulai dari melakukan pijat refleksi kaki hingga menggunakan lotion khusus anti kaki kapalan, hampir semua perawatan kaki yang biasa dilakuakan para wanita akan membantu memperlancar sirkulasi darah di daerah kaki sehingga kaki tidak mudah mengalami pembengkakan. . Berikut ini beberapa penyebab kaki bengkak sekaligus 4 kemungkinan gangguan kesehatan yang menyertainya:

Penyebab Kaki Bengkak dan Masalah Kesehatan yang MenyertaiTerjadi komplikasi saat kehamilan
Wanita hamil lebih sensitif dan lebih rentan, karena hormon yang berperan lebih banyak. Pembengkakan kaki pada beberapa wanita hamil biasa terjadi dan itu merupakan hal yang normal. Akan tetapi, pembengkakan kaki yang tampak berlebihan bisa jadi merupakan gejala preeklamsia, yang mana merupakan suatu kondisi di mana tekanan darah meningkat drastis pada ibu hamil yang bisa saja membahayakan nyawanya serta nyawa janin.

Jika Anda para wanita hamil mengalami kaki bengkak yang sangat parah sekaligus juga mengalami sakit perut, tidak teratur buang air kecil, sering mual serta sakit kepala, maka jangan tunggu lagi, segera periksakan diri Anda ke dokter kandungan atau ahli penyakit kaki.

Infeksi
Penyebab kaki bengkak karena infeksi. Pergelangan atau kaki Anda yang mendadak membengkak bisa jadi disebabkan karena gejala infeksi, khususnya pada mereka yang memiliki riwayat penyakit gula darah tinggi atau masalah pada saraf. Bentuk sepatu yang kekecilan bisa menyebabkan kaki mengalami tekanan yang konstan di beberapa titik yang mana bila terjadi terus menerus tanpa jeda akan memicu kaki sakit bahkan kaki terluka yang tidak bisa disembuhkan dengan mudah. Oleh karena itu, pastikanlah jika kaki Anda selalu menggunakan alas kaki yang pas, tidak sempit namun boleh kelonggaran.

Pembekuan darah
Hal ini akan terjadi tepat di pembuluh darah sehingga dapat menghentikan aliran darah yang akan kembali ke beberapa titik penting, termasuk kaki serta jantung yang mana bisa menyebabkan kaki Anda membengkak. Pembekuan darah pada umumnya bisa terjadi pada dua daerah, yakni di permukaan atau di bagian paling dalam, yakni deep vein thrombosis.

Terjadi gangguan kesehatan di ginjal atau hati
Pada umumnya dokter akan mengatakan jika pergelangan kaki yang membengkak yang biasa Anda alami di malam hari ada kaitannya dengan gejala penyakit tertentu, tanda tubuh Anda sedang mempertahankan garam atau terjadi masalah pada jantung di sebelah kanan. Bengkak pada kaki bisa juga disebabkan karena ginjal Anda tengah tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Penyebab kaki bengkak dan beberapa masalah kesehatan yang ikut menyertai sudah dijelaskan cukup mendetail di atas. Bila Anda suka sekali mengalami pembengkakan kaki secara tiba-tiba dengan disertai rasa nyeri yang menyiksa, silahkan segera periksa ke dokter ahli penyakit kaki untuk mengetahui apa penyebab kaki Anda terus mengalami pembengkakan secara berkala.

Related Posts

Leave a Reply