Penyebab Bau Kaki dan Cara Mengatasi

 Kaki dan Tangan

Penyebab Bau Kaki dan Cara Mengatasi – Anda yang memiliki masalah bau kaki tentunya sering sekali merasa tidak nyaman, apalagi jika sedang berkumpul bersama teman-teman, duduk lesehan tanpa alas kaki di lantai, aroma yang tidak menyenangkan yang tercium membuat Anda merasa terganggu dan khawatir jika orang lain menciumnya.

Kaki yang sehat dan selalu rutin dibersihkan tidak serta merta membuat Anda terbebas dari masalah bau kaki ini, karena penyebab bau kaki sangatlah beragam tidak hanya disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan dan kesehatan kaki, faktor eksternal merupakan faktor pemicu yang sebaiknya Anda hindari dan coba untuk cegah sehingga kaki tidak sampai memiliki aroma yang tidak sedap. Berikut ini beberapa faktor yang bisa memicu bau kaki dan beberapa tips mengatasi masalah bau kaki.

Keringat berlebih di kaki
Produksi kelenjar keringat yang berlebihan di kulit kaki bisa memicu bau kaki. Apalagi jika produksi keringat yang berlebihan ini diubah bakteri menjadi bau. Untuk mencegah produksi keringat di kaki terjadi secara berlebihan, disarankan untuk mengenakan kaus kaki yang kering dan bersih dari bahan yang nyaman dan bisa membuat kaki Anda bernapas dengan baik. Alangkah baiknya, jika Anda merawat kaki dari keringat dan bakteri dengan rutin mengganti kaus kaki setiap harinya.

Penyebab Bau Kaki dan Cara MengatasiJarang merawat kuku kaki
Penyebab bau kaki diantaranya karena tidak merawat kuku kaki dengan baik dan teratur. Kuku kaki yang tidak dibersihkan dengan baik bisa menjadi faktor utama bau kaki, oleh karena itu, jagalah selalu kebersihan dan kesehatan kuku kaki dengan rutin mengguntingnya disaat kuku kaki sudah terlalu panjang dan kotor. Bersihkan kotoran yang masuk ke dalam kuku dengan hati-hati supaya tidak menimbulkan luka.

Memakai kaus kaki basah
Mengenakan kaus kaki yang masih basah merupakan salah satu penyebab bau kaki yang sebenarnya masih bisa Anda hindari. Kaus kaki yang masih basah memicu kuman dan bakteri untuk terus tumbuh dan berkembang pada kulit kaki. Disarankan untuk selalu memakai kaus kaki yang benar-benar kering dan bersih, jangan memaksakan diri untuk memakai kaus kaki basah jika Anda sudah menyadari dari awal Anda memiliki masalah bau kaki. Cuci kaus kaki dengan sabun wangi dan keringkan di bawah sinar matahari.

Kenakan sepatu yang jarang dicuci
Sepatu yang jarang dibersihkan tentunya akan menimbun banyak kuman dan bakteri yang akan membuat aroma kaki menjadi tidak sedap. Cegah bau kaki dengan mengenakan sepatu yang bersih, pastikan jika Anda membersihkan alas kaki secara berkala, untuk itu sebaiknya Anda mengoleksi beberapa sepatu untuk memudahkan Anda mengganti sepatu disaat sepatu lainnya dicuci.

Luka infeksi pada kaki
Luka kaki ternyata bisa memicu bau kaki, luka pada kaki ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari luka pada kuku kaki yang disebabkan oleh cantengan dan luka pada telapak kaki yang disebabkan oleh benda tajam, luka yang tidak segera diobati akan menyebabkan infeksi dan luka infeksi inilah yang bisa memicu bau kaki. Hindari bau kaki karena luka infeksi pada kaki dengan cara mengobati luka pada kaki sebelum luka tersebut menjadi infeksi.

Kenakan alas kaki yang kesempitan
Penyebab bau kaki yang mungkin tidak disadari oleh banyak orang adalah mengenakan sepatu yang kesempitan. Sepatu yang kesempitan akan membuat sirkulasi udara menjadi terganggu sehingga kaki tidak bisa bernapas dengan baik. Maka dari itu, pilihlah sepatu yang pas sehingga kaki bisa bernapas dengan baik.

Related Posts

Leave a Reply