Pahami Penyebab Bau Ketiak

 Kaki dan Tangan

Pahami Penyebab Bau Ketiak – Bau badan yang menjadi masalah Anda saat ini akan memberikan pengaruh buruk disaat Anda melakukan aktivitas berat dan berinteraksi dengan orang lain, disaat melakukan aktivitas yang berat dan mengeluarkan banyak keringat secara otomatis aroma badan yang tidak sedap tercium sangat kuat dan itu akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri untuk berdekatan dengan orang lain.

Apalagi Indonesia cuacanya sangat panas jadi risiko untuk mengalami bau ketiak sangatlah tinggi. Agar Anda terhindar dari bau ketiak, maka pahamilah beberapa fakta dan penyebab bau ketiak sebagai berikut ini.

Memiliki dua kelenjar keringat yang berbeda
Kelenjar keringat di tubuh manusia biasa disebut dengan kelenjar Eccrine serta kelenjar Epocrine. Salah satu dari kelenjar tersebut, yakni kelenjar Eccrine terdapat di seluruh tubuh dan akan memproduksi keringat untuk membuat tubuh Anda tetap dingin. Sedangkan kelenjar satunya, yakni kelenjar Apocrine terdapat di bagia tubuh yang berbulu, keringat yang dihasilkan jauh lebih berlemak dan lebih kental.

Pahami Penyebab Bau KetiakRambut dapat menambah bau keringat
Penyebab bau ketiak bukan hanya keringat yang dihasilkan dari kelenjar Apocrine saja yang selama ini membuat aroma badan menjadi tidak sedap. Keringat akan memancing bakteri yang mana akan memecah lemak yang ada di dalamnya dan saat itu terjadi, aroma badan menjadi tidak sedap, maka semakin banyak rambut akan semaking besar pula bakteri yang muncul, dan permukaan yang dapat ditempeli dengan bakteri akan menjadi lebih luas.

Makanan memengaruhi
Penyebab bau ketiak yang cukup memberikan pengaruh adalah konsumsi makanan yang memiliki aroma yang terlalu tajam. Bahan-bahan makanan, mulai dari bawang merah, bawang putih dan juga bumbu kari merupakan pemicu yang mampu membuat aroma tubuh menjadi tidak sedap dan lebih parah.

Maka dari itu, usahakanlah untuk tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki aroma tajam seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Lebih dari itu, pilihlah makanan yang memiliki aroma wangi, seperti daun seledri, daun kemangi, beluntas dan lainnya sehingga aroma tubuh menjadi lebih wangi.

Deodorant untuk menyamarkan
Salah satu produk yang bisa membantu menyamarkan bau badan adalah deodorant, kandungan antiperspirant yang terdapat di dalam deodorant akan mencegah tubuh untuk memproduksi keringat dengan lebih banyak. Tidak hanya itu saja, menggunakan deodorant pun akan membantu menutupi aroma tubuh yang tidak sedap yang akan muncul dari tubuh Anda.

Terlalu sering dibersihkan akan memberikan dampak buruk
Membersihkan kulit ketiak dengan menggunakan sabun dan juga scrub disaat Anda membersihkan badan sudahlah cukup, Anda tidak perlu memakai pembersih ketiak lainnya apalagi yang mengandung banyak alkohol karena alkohol hanya akan membuat kulit menjadi lebih kering dan justru akan memicu produksi keringat dengan lebih banyak.

Stres memperbanyak produksi keringat
Anda yang sering mengalami stres, sebaiknya segera mengatasinya sehingga stres tidak akan mengakibatkan produksi keringat menjadi lebih tinggi. Segera atasi stres dengan melakukan berbagai kegiatan yang mampu memberikan kenyamanan pada diri Anda dan melepaskan segala tekanan sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan stres pun menghilang.

Dari sekian banyaknya penyebab bau ketiak tentunya Anda memahami dan menyadari mana saja poin yang dapat membuat aroma tubuh Anda menjadi tidak sedap. Setelah Anda memahami dengan baik apa poin yang menyebabkan aroma tubuh menjadi tidak sedap, segera atasi dengan cara mencegah penyebab bau badan itu muncul ke permukaan.

Related Posts

Leave a Reply