Obat Penghilang Bekas Luka Bakar Minor

 Badan

Obat Penghilang Bekas Luka Bakar Minor – Luka bakar merupakan luka yang seringkali terjadi dan dialami oleh banyak orang karena dalam setiap harinya kita memakai peralatan yang panas atau bahkan berhadapan langsung dengan api disaat memasak dan membakar sampah rumah tangga. Apabila tidak berhati-hati, api bisa menjadi musuh yang sangat menakutkan, salah satunya bisa meninggalkan bekas luka bakar.

Luka bakar kecil masih bisa diatasi dengan pertolongan pertama di rumah dan perawatan rutin dengan memakai bumbu dapur serta bahan alami lainnya, lantas bagaimana dengan luka bakar yang berat. Luka bakar berat membutuhkan perawatan yang lebih spesifik untuk mencegah infeksi serta mengurangi bekas luka yang akan ditimbulkannya pasca luka bakar mengering. Berikut ini obat penghilang bekas luka bakar yang bisa membantu menyamarkan bahkan menghilangkan bekas luka bakar ringan dan bagaimana perawatan yang baik untuk luka bakar berat.

Obat Penghilang Bekas Luka Bakar MinorAir dingin
Luka bakar bisa dirawat dengan menggunakan air dingin, luka bakar yang baru sebaiknya didinginkan terlebih dahulu dengan memakai air dingin kurang lebih selama 10-15 menit dan jika bisa hindari pemakaian air yang terlalu dingin, seperti es batu karena es batu yang terlalu dingin akan merusak kulit di sekitar luka bakar.

Kompres dengan handuk es batu
Obat penghilang bekas luka bakar yang masih baru dengan cara mengompresnya dengan handuk es batu. Anda yang tidak memiliki air dingin untuk digunakan merawat luka bakar bisa menggunakan cara alternatif dengan memakai es batu yang dibungkus di dalam handuk untuk kemudian dikompreskan pada bekas luka bakar, sebaiknya tidak meletakkan es batu langsung pada luka bakar karena bisa merusak jaringan kulit.

Lidah buaya
Rawatlah bekas luka bakar dengan memakai lendir lidah buaya yang bersifat mendinginkan dan menyejukkan, Anda hanya perlu mengeluarkan lendir lidah buaya dan mengaplikasikannya pada bekas luka bakar. Perawatan luka bakar ini bisa Anda lakukan setiap hari hingga bekas luka bakarnya memudar.

Kantong teh hitam
Kantong teh hitam bisa menjadi obat penghilang bekas luka bakar yang manjur karena kantong teh hitam memiliki zat antioksidan dan bersifat mendinginkan. Anda hanya perlu menyeduh kantong teh dengan air panas dan tunggu hingga dingin baru kemudian gunakan kantong teh hitam ini untuk menghilangkan bekas luka bakar. Kantong teh hitam bisa Anda dapatkan dengan sangat mudah, selain efektif untuk merawat dan menghilangkan bekas luka, kantong teh hitam ini pun berkhasiat untuk menghilangkan kantong mata hitam, menghilangkan jerawat dan flek hitam.

Hubungi unit gawat darurat
Berikan pertolongan segera pada penderita luka bakar berat dengan menghubungi unit gawat darurat, karena luka bakar berat tidak bisa diobati di rumah, penderita luka bakar berat membutuhkan pengobatan dan perawatan profesional.

Hindari pendarahan dengan tidak membuka pakaian
Luka bakar berat sangat memungkinkan untuk menimbulkan pendarahan, maka dari itu, janganlah membuka pakaian Anda, apalagi dengan cara yang kasar karena gerakan yang kasar ini bisa membuat luka bakar mengalami pendarahan yang tentunya jauh lebih mengkhawatirkan.

Balut luka untuk mencegah infeksi
Apa pun jenis luka bakar yang Anda alami, entah luka bakar minor atau mayor, sangat disarankan untuk membalut longgar luka bakar dengan memakai kain kasa untuk mencegah terjadinya infeksi, usahakan untuk tidak memakai kain katun maupun bahan lainnya yang bisa lengket pada luka bakar yang terbuka.

Obat penghilang bekas luka bakar akan sangat membantu untuk menyamarkan dan juga menghilangkan bekas luka bakar dengan baik sehingga kulit kembali mulus seperti semula.

Related Posts

Leave a Reply