Model-Model Baju Gamis untuk Wanita Indonesia

 Fashion

Model-Model Baju Gamis untuk Wanita Indonesia – Model-model baju gamis untuk wanita Indonesia sangatlah beragam. Fashion busana muslim di Indonesia sendiri cukup terkenal di luar negeri. Sebagai negara dengan mayoritas umat Islam, fashion busana muslim di sini juga pesat perkembangannya. Tak heran jika kemudian negara lain ikut tertarik dengan fashion yang ada di Indonesia. Namun fashion baju gamis sendiri sebenarnya berasal dari Timur Tengah.

Pengertian Gamis

Gamis sebenarnya merupakan model pakaian yang berasal dari Timur Tengah. Kata gamis sendiri berasal dari Bahasa Arab (qomish) yaitu pakaian terusan yang menutupi bagian atas tubuh sampai ke pertengahan betis atau mata kaki. Namun gamis di Indonesia sendiri diartikan sebagai pakaian panjang ala orang Pakistan. Pakaian tersebut berupa baju kemeja yang panjang sampai ke paha atau melebihi paha. Pakaian ini sangat cocok digunakan oleh orang Islam karena dapat menutup aurat dengan baik.

Model-Model Baju Gamis

Model-model baju gamisBaju gamis di Indonesia kemudian dimodifikasi menjadi beragam busana muslim yang bervariasi. Model gamis yang bisa dijadikan pilihan yaitu:

  1. Gamis polos

Gamis polos merupakan jenis gamis yang serupa dengan model gamis aslinya di Timur Tengah. Warna polos dapat menunjukkan bahwa penggunanya tidak ingin berlebih-lebihan dan tak tampak menonjol dibandingkan dengan lainnya.

Warna yang banyak dipilih adalah warna-warna gelap atau warna yang tidak terlalu mencolok seperti hitam, abu-abu, biru tua, hijau tua, dan lain-lain. Baju gamis polos bagi wanita cocok digunakan untuk muslimah yang ingin berpakaian sesuai dengan syariat Islam dan tidak ingin menonjolkan dirinya.

  1. Gamis pesta

Saat ini banyak juga yang menggunakan baju gamis sebagai baju untuk pergi ke pesta. Baju gamis pesta biasanya sedikit berbeda dengan tambahan aksen di beberapa tempat seperti hiasan pada bagian dada, pinggang, atau pada kerudung. Warna gamis yang digunakan pada gamis pesta bisa warna-warna terang seperti merah dan ungu atau warna netral seperti putih dan hitam.

  1. Gamis anak-anak

Model baju gamis juga ada yang untuk anak-anak. Orang tua yang terbiasa menggunakan baju gamis biasanya juga akan memakaikan model baju gamis tersebut pada anak-anak mereka. Meskipun kadang belum baligh namun anak-anak kadang sudah dibiasakan untuk memakai gamis.

Gamis pada anak-anak bisa serupa dengan orang dewasa hanya ukurannya saja yang diperkecil, namun ada juga yang bertema anak-anak. Adanya motif pada gamis bisa memberikan perbedaan antara gamis anak dengan gamis dewasa.

  1. Gamis kombinasi

Kain yang digunakan untuk membuat gamis biasanya satu jenis kain dengan satu motif, misalnya warna polos dengan bahan kain katun atau sifon. Jika ingin berbeda maka bisa menggunakan beberapa macam kain yang diatur sehingga membentuk gamis yang cantik dan modern. Misalnya saja perpaduan antara kain jeans dengan kain katun. Warna yang digunakan biasanya berbeda sehingga dapat terlihat perpaduan kedua jenis kain tersebut.

  1. Gamis batik

Kain batik banyak digunakan untuk berbagai jenis pakaian, salah satunya model pakaian gamis. Batik sebagai motif kain tradisional dari Indonesia akan memberikan corak tersendiri dalam baju gamis. Perpaduan dua budaya antara Timur Tengah dan Indonesia dapat ditemukan dalam gamis batik ini. Tak ada salahnya mencoba model baju gamis batik untuk berbagai kesempatan.

Itulah model-model baju gamis wanita Indonesia yang bisa dijadikan pilihan. Baju gamis banyak dijual di toko-toko pakaian, namun pastikan kualitas dan ukurannya sesuai sebelum benar-benar membeli.

Related Posts

Leave a Reply