Model Baju Muslim Gamis untuk Berbagai Acara

 Fashion

Model Baju Muslim Gamis untuk Berbagai Acara – Siapa yang tak mengenal baju gamis? Dahulu pemakainya kalangan terbatas saja namun sekarang hampir semua wanita muslim memiliki model baju yang satu ini di lemarinya. Model baju muslim gamis mulai populer seiring dengan berkembangnya modifikasi baju muslim gamis sehingga tampak lebih trendy dan modern. Baju gamis juga sangat cocok bagi yang ingin memakai baju muslim syar’i.

Baju Muslim di Indonesia

Indonesia termasuk salah satu negara yang patut diperhitungkan jika kita berbicara tentang fashion busana muslim. Dengan jumlah penduduk muslim yang terbesar, maka pasar busana muslim juga turut berkembang pesat. Model baju muslim di Indonesia sangat beragam sesuai dengan selera dan tren yang ada di masyarakat.

Model baju muslim gamisSalah satu yang mulai mendapat tempat adalah baju gamis. Baju gamis sendiri berasal dari Timur Tengah, namun kemudian di Indonesia baju ini mengalami beberapa perubahan sehingga sesuai dengan selera pasar di sini.

Berbagai Macam Model Baju Gamis

Saat akan memakai baju, biasanya kita sesuaikan dengan acara yang akan kita ikuti, walaupun ada juga yang menggunakan satu jenis baju untuk berbagai acara. Model baju muslim gamis sendiri sebenarnya dapat digunakan untuk berbagai acara sekaligus karena fungsi utamanya adalah untuk menutupi aurat bukan untuk tampak bergaya di depan orang lain.

Namun demikian, di Indonesia sendiri model baju gamis ini sangat beragam jadi bisa dibedakan modelnya untuk berbagai acara. Berikut ini beberapa model baju gamis untuk berbagai acara:

  • Baju gamis untuk kegiatan sehari-hari

Karena fungsinya untuk menutup aurat maka baju gamis juga bisa digunakan untuk kegiatan kita sehari-hari. Saat keluar rumah ataupun saat berada di dalam rumah, baju gamis ini cocok saja dipakai. Cuaca di Indonesia yang kadang panas membuat pemilihan baju gamis perlu diperhitungkan jenis kain yang dipakai. Baju gamis bisa menggunakan kain katun atau bahkan kain kaos yang nyaman dan tidak membuat tubuh terasa panas jadi cocok untuk baju sehari-hari.

  • Baju gamis untuk bekerja

Baju gamis untuk bekerja di Indonesia memang masih jarang dipakai apalagi pekerja kantoran dan pemerintahan karena mereka memiliki aturan tersendiri. Namun bagi yang wirausaha atau memiliki usaha di bidang keagamaan/islam maka baju gamis bisa dijadikan pakaian untuk bekerja. Baju gamis yang digunakan tentunya yang simpel dan rapi sehingga pantas digunakan untuk bekerja dan bertemu dengan banyak orang.

  • Baju gamis untuk ke pesta

Ada juga yang membedakan baju gamis sehari-hari dengan baju gamis untuk menghadiri acara pesta. Pesta pernikahan atau pesta ulang tahun menjadi acara yang membutuhkan baju gamis yang sedikit berbeda. Tambahan aksen dan hiasan dimungkinkan untuk membuat baju gamisnya sesuai dengan acara pesta yang dihadiri. Meskipun demikian kaidah baju muslim juga perlu diperhatikan agar tetap sesuai kaidah agama Islam.

  • Baju gamis untuk jalan-jalan

Pergi jalan-jalan bersama keluarga ataupun teman juga bisa menggunakan baju gamis. Baju gamis untuk jalan-jalan tersebut biasanya dipilih yang nyaman. Bagi anak muda, baju gamis yang dimodifikasi misalnya baju gamis kombinasi akan cocok digunakan untuk berjalan-jalan.

Memilih model baju muslim gamis untuk berbagai acara memang harus memperhatikan kenyamanan dan jenis acara yang akan diikuti. Selain model bajunya, pemilihan kerudung atau hijab harus diperhatikan agar sesuai dengan model gamisnya. Jika kerudungnya memang satu set dengan gamisnya maka tidak akan menjadi masalah, namun jika memilih kerudung sendiri harus disesuaikan kembali apakah cocok ataukah tidak.

Related Posts

Leave a Reply