Menikmati Manfaat Masker Bengkoang

 Wajah

Menikmati Manfaat Masker Bengkoang – Bagi Anda yang doyan merawat kulit terutama kulit wajah, Anda pasti sudah akrab sekali dengan jenis perawatan kulit yang bernama masker. Ya, jenis perawatan kulit wajah yang satu ini sangatlah digandrungi oleh banyak orang, baik wanita maupun pria. Bahan dasarnya yang beragam menjadikan masker memiliki banyak manfaat, yang tentunya sesuai dengan bahan dasarnya. Misal pada masker madu, ia memiliki manfaat bagaimana layaknya madu. Masker kopi yang memiliki manfaat menghaluskan kulit. Masker lemon yang memiliki manfaat untuk mencerahkan wajah. Jadi, sesuai dengan bahan dasar masker itu sendiri.

Selain beberapa contoh bahan dasar masker yang telah disebutkan di atas, kita tentu sangat mengenal bengkoang yang sudah dari zaman dahulu kala dimanfaatkan dalam dunia kosmetik dan perawatan kecantikan. Oleh karena itu, tidak heran jika manfaat masker bengkoang pun dapat kita nikmati. Namun, sudah tahukah Anda mengenai manfaat masker bengkoang?

Menikmati Manfaat Masker BengkoangBengkoang merupakan bangsa umbi – umbian yang memiliki rasa manis, sehingga biasanya dimakan seperti buah ataupun dimakan dengan sambal rujak. Umbi yang bernama latin Pachyrhizus erosus dan termasuk dalam famili polong – polongan ini berasal dari Amerika.

Beberapa manfaat bengkoang yang didapatkan dari manfaat masker bengkoang, antara lain:

  1. Menyegarkan kulit wajah

Bengkoang yang menyegarkan mampu memberikan efek dingin pada kulit. Bahkan di masyarakat pun bengkoang dikenal sebagai bedak dingin. Manfaat yang didapatkan yaitu menjadikan wajah terlihat lebih rileks dan menyegarkan kulit wajah.

  1. Mencegah penuaan dini

Anti oksidan yang terkandung dalam bengkoang cukup tinggi sehingga masker bengkoang memiliki kemampuan untuk mencegah penuaan dini pada kulit wajah serta menghindarkan timbulnya kerutan – kerutan atau keriput pada kulit wajah cantik Anda. Anti oksidan ini berfungsi sebagai anti-aging hingga membuat kulit selalu tampak awet muda.

  1. Menghilangkan noda hitam ataupun bekas jerawat

Jerawat merupakan salah satu gangguan yang selalu mengganggu kecantikan wajah. Baik saat jerawat itu timbul, berkembang, ataupun sudah sembuh pun selalu menimbulkan masalah. Apalagi jika meninggalkan noda hitam yang justru membuat penampilan tidak maksimal dan tidak enak dipandang mata. Namun, penggunaan bengkoang sebagai masker akan membantu Anda memperbaiki penampilan Anda kembali yaitu dengan menghilangkan noda hitam atupun bekas jerawat karena bengkoang memiliki kandungan rotennon, pachyrhizon, vitamin B dan vitamin C.

  1. Memutihkan wajah

Kemampuan bengkoang untuk memutihkan kulit wajah sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Hadirnya ekstrak bengkoang sebagai bahan dasar dalam kosmetik – kosmetik yang memberikan penawaran memutihkan kulit wajah menjadi buktinya.

Jika Anda mulai tertarik menggunakan masker bengkoang buatan sendiri, setelah membaca manfaat masker bengkoang di atas, berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Kupas dan parut bengkoang
  2. Peraslah parutan bengkoang hingga air bengkoang terkumpul
  3. Diamkan air perasan tersebut hingga tepungnya mengendap, biasanya selama kurang lebih satu jam
  4. Pisahkan air dengan endapan tepung bengkoang dan oleskan tepung tersebut dengan kuas masker pada wajah Anda
  5. Biarkan hingga mengering diwajah Anda dan bilaslah dengan air hangat

Itulah beberapa manfaat masker bengkoang dan cara membuatnya. Kiprah masker bengkoang telah lama berada di dunia kecantikan sebagai masker alami yang dibuat sendiri oleh orang yang ingin memakainya sebagai perawatan kulit wajah. Bahkan putri keraton sejak zaman dahulu telah memakai masker bengkoang alami ini untuk merawat kulitnya. Penggunaan masker bengkoang alami ini tak sepi peminat karena aman dan mampu menghindarkan dari efek samping zat – zat kimia pabrik yang biasanya ditambahkan pada produk kecantikan sebagai pengawet ataupun manfaat lainnya.

 

Related Posts

Leave a Reply