Mengenali Jenis – Jenis Jerawat

 Wajah

Mengenali Jenis – Jenis Jerawat – Jerawat merupakan jenis penyakit kulit yang biasanya tumbuh diwajah. Selalu saja menjadi penghalang wajah yang ingin tampil cantik. Setiap orang pasti ingin memiliki tampilan wajah cantik dan sempurna tanpa jerawat. Dan tidak ada satu pun orang yang merasa bahagia memiliki jerawat. Justru ketidak percayaan dirilah yang mereka miliki.

Jerawat merupakan suatu keadaan kulit di mana terdapat benjolan, baik berwarna merah atau tidak, dan mengandung nanah. Keadaan ini disebabkan oleh tersumbatnya pori – pori kulit. Jerawat timbul karena adanya ketidakstabilan hormon atau perubahan hormon. Biasanya hal ini terjadi ketika Anda mengalami stres yang berlebihan, saat menstruasi, masa kehamilan, menopause, dan lain – lain.

Beberapa orang menganggap semua jerawat itu sama. Namun, ternyata ia memiliki jenis – jenis jerawat yang berbeda – beda. Bisa jadi, penanganan ataucara mengatasinya pun berbeda. Oleh karena itu, kita perlu tahu jenis – jenis jerawat agar mampu mengatasi dan mencegahnya datang kembali.

Mengenali Jenis – Jenis JerawatBerikut jenis – jenis jerawat yang perlu kita waspadai kehadirannya:

  1. Jerawat biasa

Jerawat ini yang biasa kita temui. Hampir semua orang pernah mengalami jerawat ini. Jerawat biasa memiliki ciri – ciri berupa benjolan kecil yang berwarna putih kemerahan. Penyebab timbulnya jerawat ini yaitu akibat infeksi bakteri propionibacterium acne dan sumbatan yang terjadi pada pori – pori kulit.

Propionibacterium tumbuh di tempat produksi asam lemak yaitu pada kantong kelenjar di bawah permukaan kulit atau biasa disebut sebagai kelenjar sebaceous. Bakteri ini perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan wajah di sekitar jerawat menjadi iritasi.

  1. Komedo

Komedo merupakan salah satu dari jenis – jenis jerawat. Penyebab muncul dan tumbuhnya komedo yaitu sekresi kelenjar minyak yang berlebih serta sel  – sel kulit yang mati. Komedo terdiri dari dua jenis, yaitu komedo terbuka dan komedo tertutup. Komedo terbuka yaitu komedo yang bercirikan penampakannya seperti pembesaran pori –  pori dan berwarna hitam, sedangkan komedo yang tertutup berupa tonjolan – tonjolan kecil dan berwarna putih.

  1. Jerawat batu

Jerawat batu mempunyai ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan jerawat biasa. Jerawat yang tergolong parah ini biasanya disebut dengan cystic acne yang memiliki ciri –ciri berupa benjolan berwarna lebih merah dan meradang. Apabila Anda yang memiliki jerawat batu ini hanya membiarkannya saja, maka jerawat ini akan meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan. Penyebab terjadinya jerawat batu yaitu terlalu banyaknya kelenjar minyak dan sel tumbuh secara abnormal.

  1. Jerawat vulgaris

Jerawat vulgaris termasuk dalam kelainan kulit. Ciri –ciri terjadinya yaitu adanya erupsi jerawat, komedo terbuka, maupun komedo tertutup dan disertai dengan kulit bersisik dan kemerahan. Jerawat ini pada umumnya timbul pada masa remaja dan berlanjut hingga masa dewasa. Penyebab dari timbulnya jerawat ini yaitu perubahan hormonal, minyak yang berlebih, serta kulit mati. Kulit mati pada penderita jerawat vulgaris ini tidak dapat terlepas atau terkelupas sebagaimana kondisi normalnya.

  1. Jerawat juvenil

Jerawat juvenil merupakan jerawat yang muncul pada masa pubertas yakni pada usia 14 – 20 tahun. Jerawat ini terjadi karena masih belum stabilnya masalah hormon, sehingga produksi sebum pun tidak stabil.

  1. Jerawat rosacea

Jerawat rosacea biasa tumbuh pada wanita dengan usia dewasa, yakni 30 – 50 tahun. Pada awal terjadinya, jerawat ini hanya tampak berupa kemerahan. Namun, selanjutnya timbul peradangan hingga adanya semacam sisik pada lipatan hidung.

  1. Jerawat nitrosica

Jerawat ini perlu diwaspadai juga kehadirannya, karena apabila Anda membiarkannya maka kulit wajah Anda pun menjadi berlubang karenanya.

Itulah ulasan mengenai jenis – jenis jerawat yang perlu Anda ketahui agar mampu mewaspadai kedatangannya. Selain itu, Anda pun tidak salah dalam mengatasinya karena beda jenisnya, beda pula perawatan dan cara mengatasinya.

Related Posts

Leave a Reply