Mengenal Penyebab Bibir Hitam

 Wajah

Mengenal Penyebab Bibir Hitam – Bibir hitam merupakan salah satu permasalahan yang bisa membuat rasa percaya diri Anda berkurang. Bagaimana tidak? Wajah yang telah dipoles sedemikian rupa akan tetap kurang rasanya, jika bibir Anda berwarna hitam. Mungkin berbagai produk telah  Anda coba dan Anda terapkan, namun belum juga mendapat hasil yang memuaskan. Lalu apa yang harus Anda lakukan?

Segala permasalahan akan menemukan solusinya ketika Anda mengetahui penyebab atau ujung permasalahannya. Jadi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui penyebab bibir hitam Anda. Mungkin Anda  dapat menutupi bibir hitam Anda dengan menggunakan warna lipstik. Namun itu tidak dapat bertahan lama, atau bahkan menimbulkan masalah lain atau semakin membuat warna bibir Anda hitam.

Mengenal Penyebab Bibir HitamBerikut beberapa penyebab bibir Anda berwarna hitam yang harus Anda perhatikan, agar Anda dapat menghindari ataupun mengatasi permasalahan bibir hitam Anda, yaitu:

  1. Dehidrasi

Dehidrasi akan menyebabkan kurangnya kandungan mineral pada tubuh Anda. Oleh karena itu, bibir Anda pun akan berwarna hitam. Hal yang dapat Anda lakukan yaitu dengan melakukan rehidrasi untuk mencukupi kebutuhan hidrasi tubuh Anda, tak terkecuali bagian bibir. Penuhilah asupan air bagi tubuh Anda kurang lebih 2 liter sehari agar tubuh Anda segar dan bibir Anda pun tidak kering dan menghitam.

  1. Kehilangan kelembaban

Hilangnya kelembaban bibir Anda akan menyebabkan bibir kering dan pecah – pecah. Selain itu, bibir Anda pun akan menghitam.

  1. Kurang vitamin C

Kurangnya vitamin C akan menyebabkan cepatnya pigmentasi bibir Anda. oleh karena itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan vitamin C pada tubuh Anda, baik dengan buah – buahan ataupun sayuran.

  1. Kafein

Kafein merupakan salah satu kandungan pada kopi. Kafein ini dapat memicu timbulnya kehitaman pada bibir Anda. Jadi, jika Anda ingin mengurangi kehitaman pada bibir Anda, maka kurangilah kafein yang Anda konsumsi. Baik dari kopi ataupun dari yang lainnya.

  1. Rokok

Berbagai senyawa racun terkandung dalam rokok. Salah satu yang terkenal adalah nikotin. Tentu Anda tidak asing dengan nikotin ini. Nikotin memiiki kemampuan untuk mempengaruhi warna bibir Anda menjadi kehitaman dan pecah – pecah.

  1. Lipstik

Bagaimana bisa lipstik menjadi penyebab warna bibir Anda menjadi hitam? Bukankah lipstik justru mampu memberikan warna yang indah pada bibir Anda? Ya. Sisa lipstik yang tertinggal pada bibir Anda justru akan membuat bibir Anda menghitam. Oleh karena itu, bersihkanlah lipstik Anda sebelum Anda tidur dan gunakanlah lipstik Anda seperlunya.biarkanlah kulit bibir Anda bernafas sejenak tanpa lipstik.

  1. Sinar matahari

Pancaran sinar matahari juga dapat berakibat buruk bagi kesehatan Anda, tak terkecuali bibir Anda. Pancaran sinar ultra violet dapat mempengaruhi warna bibir Anda. Oleh karena itu, gunakanlah lip balm yang memiliki SPF tinggi agar mampu menangkis pancaran sinar matahari yang dapat mempengaruhi warna bibir Anda menjadi kehitaman.

  1. Sering menggigit bibir

Kebiasaan buruk Anda yang sering menggigit bibir akan menyebabkan pigmentasi warna bibir mudah terjadi, sehingga bibir Anda akan berwarna kehitaman. Oleh karena itu, hentikanlah kebiasaan menggigit bibir Anda akan warna bibir Anda kembali pada sedia kala dan cerah ceria.

  1. Diet

Menjalankan program diet, akan mempengaruhi beberapa hal dalam kesehatan Anda karena beberapa asupan tubuh yang harusnya terpenuhi,  menjadi semakin tidak terpenuhi. Baik itu vitamin ataupun mineral. Oleh karena itu, perhatikan asupan kebutuhan tubuh Anda agar tetap terpenuhi meskipun Anda sedang menjalankan program diet.

  1. Alergi

Alergi merupakan keadaan di mana tubuh Anda tidak dapat mentolerir dan menimbulkan efek samping, baik berupa gatal – gatal, kemerahan, atau lainnya. Begitu pula yang terjadi pada bibir Anda. Jika Anda menggunakan kosmetik, atau lipstik pada khususnya, dan timbul kehitaman pada bibir Anda, maka bisa jadi Anda alergi terhadap lipstik tersebut. Hal yang harus Anda lakukan adalah menghentikan pemakaian dan memilih lipstik yang cocok dan tidak menimbulkan alergi pada bibir Anda. Berhati – hatilah dalam mencoba lipstik baru.

Itulah beberapa penyebab bibir hitam yang perlu Anda ketahui. Jika Anda sudah mengetahui penyebab bibir hitam Anda, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mencegah ataupun mengatasi permasalahan pada bibir Anda.

 

Related Posts

Leave a Reply