Mengenal Model Baju Sari India

 Fashion

Mengenal Model Baju Sari India – Selain filmnya, India juga dikenal dengan model baju sari India. Pakaian tradisional perempuan tersebut memang sampai saat ini masih banyak digunakan oleh wanita India. Sari sendiri merupakan kain panjang yang dipakai di pinggang dan disampirkan melewati bahu.

Sari biasanya digunakan bersama dengan ‘parkar’ yaitu baju atasan untuk wanita. Baju tersebut cukup pendek sehingga bisa memperlihatkan pusar mereka. Selain di India, sari juga banyak digunakan di Pakistan, Nepal, Bangladesh, dan Sri Lanka.

Sejarah Sari India

Sejarah sari India dimulai pada zaman masyarakat Indus, sekitar 2800-1800 sebelum Masehi. Pakaian yang digunakan pada masa tersebut terlihat menyerupai sari modern yang dipakai saat ini. Jadi sari memang menjadi pakaian wanita India sejak zaman dahulu. Pada masa lampau, pakaian bagian bawah disebut ‘nivi’, sementara bagian atas tubuh dibiarkan hampir terbuka. Namun ada juga penutup dada yang disebut dengan Kurpasika.

Model Baju Sari IndiaJenis Baju Sari

Model baju sari India sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan terutama jika digunakan di luar India, misalnya di Indonesia. Di Indonesia, model baju sari tersebut mulai dikenal melalui film-film India yang telah mendunia sejak dahulu. Tak heran jika beberapa toko pakaian menyediakan model baju sari tersebut. Pakaian sari sendiri sebetulnya memiliki beragam jenis, di antaranya:

  1. Nivi

Jenis ini aslinya dipakai di Andhra Pradesh, di samping model nivi modern, ada juga kaccha nivi. Pada model kaccha nivi, kainnya melewati kaki sehingga memberikan pergerakan yang bebas dengan menutupi bagian kaki.

  1. Gujarati/Rajasthani/Pakistani

Modelnya sama dengan model nivi dengan disampirkan ke bahu sebelah kanan kemudian ditarik berlawanan ke arah belakang.

  1. Maharashtrian/Konkan/Kashta

Model yang satu ini sangat mirip dengan Maharashtrian dhoti yang dipakai laki-laki. bagian tengan sari ditempatkan di bagian tengah belakang yang akhirnya dibawa ke depan dan diikat lalu keduanya dibalutkan ke kaki. Jika digunakan sebagai sari, maka dapat diakhirnya di bahu. Model ini biasanya digunakan oleh wanita Brahmin dari Maharashtra, Karnataka, Andhra, Pradesh, dan Goa.

  1. Madisar

Model ini biasa digunakan wanita Brahmin dari Tamil Nadu.

  1. Kodagu

Kodagu sendiri merupakan sebuah distrik di Karnataka. Pada model yang satu ini akhir dari kain sari dibawa  dari belakang ke depan melalui bahu sebelah kiri sedangkan sisanya dijepit.

  1. Gobbe Seere

Model ini digunakan oleh wanita di Malnad atau Sahyadri, dan pusat Karnataka.

  1. Gond

Gond merupakan model sari yang umum ditemukan di India Tangah. Kainnya disabut melalui pundak kiri kemudian dibalut menutupi tubuh.

  1. Malayali

Gaya Malayali berupa sari two-piece atau potongan atasan dan bawahan. Sari ini biasanya dibuat dari kapas yang tidak diputihkan dan dipadukan dengan emas atau hiasan garis berwarna.

Ulasan tentang sari India tersebut membuat kita mengerti bahwa sari India ternyata ada banyak jenisnya. Namun yang paling populer adalah jenis nivi. Bagi masyarakat di luar India seperti di Indonesia maka sari India tersebut masih cocok dipakai asalkan tidak terlalu terbuka. Bagi yang muslimah, model baju sari tersebut  sebenarnya dapat digunakan sebagai baju muslim dengan menambahkan hijab atau kerudung.

Hijab atau kerudung yang dipakai bisa disesuaikan dengan warna sari yang dipakai. Bahannya sendiri bisa menggunakan kain sari sehingga dapat terlihat menyatu dengan bajunya. Model baju sari India saat ini bisa kita temukan di pusat-pusat fashion sehingga tidak terlalu sulit untuk membelinya.

Related Posts

Leave a Reply