Mengenal Model Baju Batik Modern dan Batik Tradisional

 Fashion

Mengenal Model Baju Batik Modern dan Batik Tradisional – Batik merupakan salah satu jenis motif kain yang dimiliki oleh Indonesia. Seiring dengan berkembangnya waktu, model baju batik terus berkembang dari model baju batik tradisional sampai dengan model baju batik modern. Model baju yang menggunakan kain batik bisa dibuat bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan.

Tak ada aturan khusus untuk membuat baju yang berbahan kain batik. Selain baju, kain batik juga dapat dipakai untuk bahan berbagai kebutuhan, misalnya tas dan dompet. Motif batik yang khas tidak hanya disukai oleh orang Indonesia. Orang-orang luar negeri juga banyak yang memilih membeli batik untk oleh-oleh.

Mengenal Model Baju Batik Modern dan Batik Tradisional1. Mengenal Batik Tradisional
Batik tradisioanal merupakan batik yang dibuat dengan cara tradisional yaitu dengan menggunakan canting dan lilin. Proses pengerjaannya biasa memakan waktu yang lebih lama daripada membuat batik modern. Motif batik sendiri ada berbagai macam, tergantung dari daerah masing-masing. Beberapa motif batik antara lain:

  • Batik Bali

Motif batik Bali merupakan perkawian antara motif dalam negeri dan luar negeri. Harga batik Bali cukup mahal dan didesain langsung dengan tangan dan menggunakan pewarna alami.

  • Batik Madura

Batik Madura dikenal dengan warnanya yang cerah dengan motif beragam. Hal tersebut sesuai dengan karakter masyarakat Madura yang cukup ekspresif.

  • Batik Tuban

Batik Tuban diadaptasi dari beberapa budaya. Budaya yang mempengaruhi motif batik Tuban antara lain budaya Jawa, Islam, dan Tiongkok. Adanya gambar burung pada motif batik Tuban dipengaruhi oleh budaya Tiongkok.

  • Batik Indramayu

Batik Indramayu dipengaruhi oleh beberapa budaya antara lain Arab, Cina, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Pada batik Indramayu kita bisa melihat banyaknya gambar flora dan fauna.

2. Mengenal Batik Modern
Batik modern ada yang masing menggunakan motif tradisional asli sehingga tampak tradisional namun pembuatannya yang tidak tradisional. Batik modern biasanya dikerjakan dengan lebih bebas, tidak satu-satu misalnya dengan teknik cetak. Batik modern sendiri harganya cenderung lebih murah daripada batik tradisional karena proses pengerjaannya lebih mudah dan cepat. Meskipun demikian ada juga batik modern yang juga memiliki motif yang bagus.

3. Model Baju Batik yang Modern
Seiring perkembangan zaman, model baju batik modern menjadi salah satu pilihan bagi orang-orang. Baju batik modern memiliki model yang beragam karena tidak terikat oleh nilai budaya. Kain batik yang digunakan bisa berasal dari kain batik modern ataupun kain batik tradisional.

Membuat model baju batik yang modern pada dasarnya adalah dengan membuat model baju yang modern. Bagaimana model baju yang modern? Baju yang modern tentu jenis baju terbaru yang tidak mengarah pada model tradisional yang ada pada zaman dulu. Pakaian-pakaian ala barat juga dapat dijadikan model untuk membuat baju batik. Beberapa jenis model baju yang bisa dipakai antara lain:

  • Jas
  • Rompi
  • Celana
  • Baju muslim
  • Kaos batik
  • Rok batik

Kreativitas desainer atau akan membuat kain batik menjadi terlihat elegan dan nyaman untuk dipakai. Saat ini penggunaan kain batik sendiri sudah meluas, anak-anak sekolahan dan pegawai kantoran selalu ada kesempatan untuk menggunakan baju batik. Model baju batik modern disukai karena meskipun terlihat modern namun tetap menggunakan kain batik yang merupakan budaya asli Indonesia. Bangga menggunakan batik berarti bangga terhadap budaya asli Indonesia, hal ini perlu terus ditumbuhkan agar budaya Indonesia terus terpelihara.

Related Posts

Leave a Reply