Mengatasi Rambut Kering dengan Masker Rambut

 Rambut

Mengatasi Rambut Kering dengan Masker Rambut – Rambut adalah mahkota bagi wanita. Maka, tidak jarang banyak wanita berlomba- lomba mengunjungi salon untuk merawat rambut, dengan cara hair spa, creambath dan lain sebagainya. Rambut yang lepek, bau, rontok tentunya bukan rambut yang diidam-idamkan oleh kaum hawa.

Kondisi yang demikian ini membuat wanita seringkali tidak percaya diri dalam beraktivitas. Bagi anda yang berjilbab juga akan sangat rentan mengalami rambut  kering, lepek dan bau, karena sehari- hari tertutup oleh kain jilbab. Namun, jangan jadikan rambut kering, lepek, bau, rontok sebagai alasan untuk tidak beraktivitas dan menanggalkan jilbab.

Penyebab Rambut Kering

Mengatasi Rambut Kering dengan Masker RambutAda baiknya anda mengetahui penyebab rambut rusak yang ditandai dengan kering, lepek, bau, rontok dan berketombe, yaitu :

  1. Menyisir rambut saat basah

Sisirlah rambut anda setelah rambu anda kering, hindari sisir kayu bergerigi agar tidak rontok.

  1. Lakukan blow, dengan cara tundukan kepala, gunakan hair dryer dengan suhu rendah. Bagi menjadi beberapa bagian saat dikeringkan.
  2. Pemilihan shampo

Pemilihan shampo hendanya disesuaikan dengan kebutuhan rambut anda dan sesuaikan pula dengan iklim tropis di Indonesia. Salah memilih shampo dapat mengakibatkan rambut kering, rontok dan berkemtombe.

  1. Menggosok rambut setelah keramas

Sebaiknya anda memijat lembut kepala anda dengan handuk setelah keramas, jangan digosok- gosokan dengan keras.

  1. Pemakaian hairspray dan catok.

Mengatasi Rambut Kering

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi rambut kering yaitu sebagai berikut :

  • Kenali cuaca

Sebelum anda beraktivitas sebaiknya mengenali cuaca terlebih dahulu. Jika dirasa panas, ada baiknya anda membawa pelindung rambut seperti topi dan payung.

  • Diet untuk Rambut

Menu diet untuk rambut adalah cukup asupan lemak sehat. Lemak sehat dapat diperoleh dari buah alpukat dan zaitun. Lemak sehat akan membantu menjaga kelembaban rambut anda.

  • Biarkan Rambut Beristirahat Ketika Tidur

Saat tidur rambut juga harus rileks, caranya yaitu dengan melepaskan ikat rambut, bando dan aksesoris lain. Biarkan rambut tergerai.

  • Masker Alami Rambut

Dibutuhkan deep mosturizer untuk merawat rambut kering, yaitu zat yang dapat melembabkan rambut Masker alami rambut dapat diperoleh dari bahan- bahan alami yang ada di sekita kita seperti :

  • Kombinasi Madu dan Zaitun

Campur kedua bahan tersebut, gosok secara merata ke seluruh rambut dan kulit kepala. Bungkus rambut dengan plastik dan diamkan 30 menit. Setelah itu berihkan dengan shampo dan kondisioner.

  • Minyak kelapa

Oleskan minyak kelapa keseluruh rambut dan kulit kepala sambil dipijat selama 15 menit. Bersihkan rambut dengan shampo dan kondisioner.

  • Kombinasi pisang dan zaitun

Pisang dan zaitun memiliki kandungan vitamin E untuk melembabkan rambut. Sebelum membuat masker rambut dari pisang dan zaitun, sediakan 1 buah pisang, mayonaise, dan minyak zaitun. Campur ketiga bahan tersebut. Oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala. diamkan selama 15 menit sambil menutupi rambut dengan handuk hangat. Setelah itu bersihkan dengan shampo dan kondisioner.

  • Minyak kemiri

Sama halnya dengan minyak zaitun, minyak kemiri juga memiliki kandungan vitamin E yang tinggi dan minyak esensial, sehingga sangat bagik untuk melembabkan rambut yang kering. Caranya, gunakan minyak kemiri untuk memijat rambut dan kulit kepala anda selama 15 menit. Setelah itu bersihkan dengan shampo dan kondisioner.

Tips masker rambut kering diatas dapat anda lakukan untuk merawat rambut anda dan mencegah kerusakan rambut anda yang ditandai dengan rambut kering, rontok, berketombe dan berminyak. Selamat mencoba !

Related Posts

Leave a Reply