Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap Saat Puasa

 Wajah

Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap Saat Puasa – Bulan Ramadhan atau biasa dikenal sebagai bulan puasa merupakan bulan di mana diwajibkan dan mengharuskan semua umat muslim untuk berpuasa, kecuali dalam keadaan suatu halangan seperti menstruasi (pada perempuan), bepergian jauh, sakit, dan lain – lain yang telah dijelaskan di Al-Qur’an dan Hadist. Pada bulan ini, setiap umat Islam menjalankan puasa tanpa makan ataupun minum, dan seringkali muncul keluhan seputar kesehatan gigi dan mulut yaitu bau mulut yang tak sedap. Pernahkah Anda mengalaminya? Lalu apa yang Anda lakukan untuk mengatasi bau mulut tersebut?

Berikut akan dibahas beberapa cara untuk mengatasi bau mulut. Namun sebelumnya kita perlu mengetahui sebenarnya apa sih penyebab dari bau mulut tak sedap ini?

Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap Saat PuasaNah, pernah mendengar adanya bakteri yang tinggal di mulut kita? Bakteri itulah penyebabnya. Bakteri tersebut merupakan bakteri yang aktif berkembang dan tinggal di mulut jika mulut kering dan tidak ada air liur karena air liur ini yang fungsinya membunuh bakteri di mulut.

Oleh karena itu, saat berpuasa dan perut dalam keadaan kosong, maka air liur pun tidak terangsang untuk diproduksi, so mulut pun kering. Dan bakteri pun berkembang serta menjadi penyebab munculnya bau mulut yang tak sedap.

Lalu, bagaimana cara mengatasi bau mulut? Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, seperti:

  1. Menggosok gigi

Cara yang satu ini bisa dilakukan minimal 2 kali sehari yaitu pagi hari dan malam sebelum tidur. Namun, bisa dilakukan setelah makan/ sarapan atau saat mandi pagi dan mandi sore. Namun, saat bulan puasa Anda bisa melakukannya setelah makan sahur.

  1. Berkumur

Kumur merupakan salah satu cara yang terbukti untuk membantu membersihkan mulut. Sebelum sholat, pastilah Anda harus berwudhu dan tentu saja berkumur. Kumur ini berfungsi untuk membersihkan bakteri dan kotoran – kotoran di dalam mulut, seperti sisa – sisa makanan yang nyelip di gigi.

  1. Menggunakan obat kumur (mouthwash)

Penggunaan obat kumur dapat membantu menghilangkan bakteri yang berkembang di dalam mulut yang menjadi penyebab bau mulut tak sedap. Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan mouthwash atau obat kumur ini lebih baik jika tidak sering – sering digunakan karena justru semakin lama akan mempengaruhi berkurangnya produksi air liur.

  1. Konsumsi air putih

Konsumsi air putih sesuai anjuran yaitu 8 – 10 gelas setiap hari dapat membantu menghilangkan bau mulut secara alami. Selain untuk menjaga kebersihan mulut, konsumsi air putih juga dapat memelihara kesehatan tubuh.  Nah, pada saat sahur usahakan agar Anda bisa minum air putih kurang lebih 2 – 3 gelas, karena dapat menghindarkan dari terjadinya dehidrasi saat Anda berpuasa.

  1. Hindari makanan yang menimbulkan bau menyengat

Ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan timbulnya bau menyengat dari mulut. Contohnya: bawang putih, bawang merah, jengkol, dan petai. Sehingga, lebih baik jika setelah Anda mengkonsumsi jenis – jenis makanan tersebut, segeralah menggosok gigi untuk menghilangkan bau tersebut.

  1. Menggunakan bahan herbal alami

Ada beberapa bahan herbal alami yang dapat membantu menghilangkan bau mulut, seperti: menggunakan beras, adas atau cengkeh. Bahan – bahan tersebut hanya perlu dikunyah dan nafas akan menjadi lebih segar.

  1. Menggunakan siwak

Apakah Anda mengenal siwak? Ya, siwak ini berasal dari pohon siwak yang memang fungsinya untuk membersihkan gigi dan lidah. Siwak ini telah diteliti secara internasional. Siwak atau miswak atau sewak ini efektif untuk membersihkan mulut dan bahkan telah dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW sejak dahulu. Setelah adanya penelitian – penelitian yang dilakukan, saat ini siwak digunakan sebagai bahan untuk pembuatan produk yang berkaitan dengan kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi bau mulut yang dapat Anda lakukan dan praktikkan selama Anda menjalani puasa. Bagaimana, mudah bukan? Selamat menjalankan ibadah puasa yang bebas bau mulut tak sedap.

Related Posts

Leave a Reply