Mencegah Timbulnya Jerawat Batu dengan Mengenal Penyebab Jerawat Batu

 Wajah

Mencegah Timbulnya Jerawat Batu dengan Mengenal Penyebab Jerawat Batu – Anda tentu tahu bahwa kebiasaan mengempeskan jerawat dengan menggunakan tangan atau dengan memencetnya, justru akan membuatnya semakin banyak dan merajalela. Bagaimana tidak, tangan Anda yang Anda gunakan untuk memencet jerawat tersebut ternyata dalam kondisi kotor. Meskipun secara kasat mata terlihat bersih, tetapi tangan merupakan sarang berkumpulnya kuman atau bakteri sebab tangan digunakan untuk menyentuh segala sesuatu di sekililing kita, tanpa kita sadari.

Nah, transmisi bakteri, kuman, ataupun kotoran yang ada di sekeliling kita dan terbawa oleh tangan akan berpindah pada kulit wajah ketika Anda menyentuhnya. Belum lagi jika kulit wajah Anda memiliki jerawat, yang tentu saja semakin sensitiflah kulit Anda. Lalu apa yang terjadi jika tangan kotor Anda menyentuh kulit wajah Anda yang berjerawat? Tentu saja akan terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, seperti infeksi pada jerawat atau mungkin jika Anda gunakan tangan Anda untuk memusnahkan jerawat dengan cara memencetnya, justru jerawat akan semakin menyebar. Bagaimana jika jerawat yang timbul adalah jerawat batu? Jerawat  seperti apakah jerawat  batu itu? Apa penyebab munculnya jerawat batu?

Mencegah Timbulnya Jerawat Batu dengan Mengenal Penyebab Jerawat BatuNah, sebelum kita mengetahui cara untuk mengatasi jerawat batu, kita perlu mengenal jerawat batu dan penyebab jerawat batu. Berikut beberapa ciri – ciri jerawat batu:

  1. Ukuran lebih besar
  2. Lebih cepat menyebar
  3. Terasa sakit jika ditekan dan lebih keras

Setelah mengenal beberapa ciri khas jerawat batu, perlu Anda ketahui bahwa jerawat batu yang telah mampu Anda hilangkan akan tetap memberikan sisa “kenangan” berupa lubang pada kulit Anda.

Oleh karena itu, sebelum hal itu terjadi, sebelum jerawat batu menghampiri Anda, lebih baik untuk Anda tahu penyebab jerawat batu agar mampu mencegah kedatangannya. Penyebab jerawat batu yaitu faktor genetik, faktor kosmetik, faktor psikologis, dan mengkonsumsi pil KB.

  1. Faktor genetik

Apabila dalam keluarga Anda terdapat anggota keluarga yang memiliki jerawat batu, bisa jadi Anda akan mengalaminya pula. Biasanya, jenis kulit orang yang memiliki  jerawat batu yaitu kulit yang berminyak dan kemungkinan merupakan keturunan.

Orang yang memiliki jenis kulit berminyak karena memiliki kelenjar minyak pada kulit wajah yang berlebih. Nah, sekarang silakan lihat dan identifikasi jenis kulit Anda sendiri. Jika memang jenis kulit Anda adalah kulit berminyak, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah membatasi asupan makanan yang berminyak atau berlemak tinggi.

  1. Faktor kosmetik

Anda yang terbiasa memakai kosmetik harus mulai mengubah kebiasaan untuk menjaga kebersihan wajah Anda. Jangan sampai kosmetik yang Anda gunakan justru menjadi awal dari tumbuhnya jerawat pengganggu penampilan. Biasakan untuk segera membersihkan kosmetik setelah tidak lagi diperlukan. Apalagi bagi Anda yang hobi memakai kosmetik atau bedak yang tebal. Karena kosmetik tersebut akan menyumbat pori – pori kulit Anda sehingga memicu timbulnya jerawat batu.

  1. Faktor psikologis

Slow dan rileks. Itu yang harus Anda lakukan jika saat ini Anda sedang memiliki beban pikiran dan stres karenanya. Seseorang yang mengalami stress, maka akan terjadi ketidak stabilan hormon sehingga produksi minyak pada kelenjar minyak pun meningkat. Selain itu, ketika seseorang sedang mengalami stress, maka terjadi penekanan atau tegangan pada wajah karena otot – otot pada wajah sehingga kelenjar minyak pada wajah pun tertekan dan produksi minyak pun meningkat.

  1. Konsumsi pil KB

Bagi Anda yang mengkonsumsi pil KB, harus berhati – hati karena pil KB dapat menurunkan imunitas tubuh sehingga memudahkan bakteri menyerang, seperti timbulnya jerawat batu.

Itulah perkenalan kita mengenai ciri – ciri dan penyebab jerawat batu. Setelah Anda mengenalnya, Anda dapat mencegah kedatangannya serta mampu mengatasinya jika sudah terlanjur datang. Jagalah kebersihan kulit wajah Anda jika Anda tidak ingin satu titik jerawat pun hinggap di wajah Anda.

Related Posts

One Response

  1. burhanJanuary 22, 2017 at 2:53 pmReply

    Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang PENYEBAB JERAWAT berikut

    artikel yang terkait tersebut di PENYEBAB JERAWAT BATU YANG MEMBANDEL SUSAH HILANG

Leave a Reply