Membuat Masker Pepaya dan Madu Untuk Kesehatan Kulit

 Wajah

Membuat Masker Pepaya dan Madu Untuk Kesehatan Kulit – Pepaya merupakan buah yang sering kita jumpai di Indonesia. Tak hanya sebagai makanan, pepaya juga dapat dibuat menjadi masker pepaya yang bagus bagi kesehatan kulit. Buah pepaya sendiri memiliki berbagai jenis, ada pepaya California, Thailand, dan lain-lain. Semuanya rata-rata bagus untuk kesehatan tubuh. Jangan ragu untuk memakan buah pepaya karena buah ini selain enak juga memiliki kandungan yang baik bagi tubuh.

Membuat Masker Pepaya dan Madu Untuk Kesehatan Kulit1. Manfaat Buah Pepaya
Buah pepaya merupakan buah yang berasal dari Amerika Tengah. Buah pepaya juga merupakan buah asli dari negara-negara dari tropis seperti Brazil, Meksiko, Cuba, Florida, dan lain-lain. Pepaya bisa digunakan untuk berbagai keperluan, antara lain:

  • Makanan: makanan dari buah pepaya sangat beragam. Tidak hanya buahnya, daun dan bunganya juga bisa digunakan sebagai makanan. Buah pepaya sendiri dapat dimakan langsung tanpa dimasak.
  • Mengempukkan daging: Daun pepaya dapat dimanfaatkan untuk mengempukkan daging. Daging yang keras seperti daging kambing bisa dibungkus daun pepaya terlebih dahulu sebelum dimasak agar lebih empuk.
  • Obat-obatan: buah pepaya, daun, dan bunganya juga sering digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Pada pembahasan berikutnya kita akan membahas tentang buah pepaya yang digunakan sebagai masker untuk kulit.

2. Membuat Masker Pepaya
Kesehatan kulit juga penting untuk diperhatikan sebagaimana kita memperhatikan kesehatan bagian tubuh lainnya. Bagi perempuan, kulit yang tampak sehat dan bersih menjadi idaman tersendiri. Selain menggunakan produk-produk kecantikan, bahan alami seperti dari buah pepaya bisa digunakan untuk merawat kulit wajah. Buah pepaya bisa dikombinasikan dengan madu sebagai masker wajah. Berikut ini cara untuk membuat masker kulit dari buah pepaya:

  • Siapkan bahan-bahan yang diperlukan yaitu pepaya kecil yang dikupas sebanya setengah cangkir dan satu sendok makan madu. Madu yang digunakan ada baiknya madu asli, tanpa pemanis tambahan.
  • Potong pepaya yang sudah dikupas lalu hancurkan dengan menggunakan garpu ataupun alat bantu lainnya. Pastikan pepaya dihancurkan sampai halus. Setelah itu campurkan dengan madu.
  • Setelah tercampur rata, taruhlah masker tersebut pada wajah dan leher.
  • Biarkan masker setidaknya 30 menit sampai dengan dua jam. Lebih lama kita memakainya maka hasilnya juga kaan lebih baik.
  • Saat pertama kali menggunakannya sebaiknya menyandarkan kepala selama 10 agar maskernya tidak berjatuhan
  • Basuhlah wajah dengan air hangat dan keringkan wajah. Jika kulit wajah masih terlihat sedikit oranya, maka basuh kembali.
  • Gunakan masker dari pepaya dan madu ini 1-2 kali dalam seminggu.

3. Menjaga Kesehatan Kulit Secara Rutin
Menggunakan produk perawatan baik itu yang kimiawi ataupun yang alami juga perlu dilakukan secara rutin. Jika melakukannya tidak rutin maka dampaknya juga tidak akan signifikan. Wajah yang bersih dan sehat perlu dirawat secara rutin, artinya setiap hari. Jadi jangan lupa untuk terus membersihkan wajah. Sehari kita perlu mencuci wajah sebanyak dua kali. Selain itu perlu menggunakan tabir surya dan pelembab kulit agar kulit terjaga kesehatannya.

Pola makan dan pola hidup yang sehat akan membantu membuat kulit wajah kita menjadi sehat. Jadi kombinasi antara perawatan wajah yang rutin dan pola hidup tersebut yang akan membuat kulit menjadi betul-betul sehat. Masker pepaya yang telah kita bahas sebelumnya juga menjadi salah satu cara yang dapat digunakan untuk merawat kulit. Pembuatannya tidak terlalu sulit, begitu juga dengan bahan-bahan yang digunakan, jadi jangan ragu untuk membuatnya.

Related Posts

Leave a Reply