Mari Tersenyum Tanpa Plak Gigi

 Wajah

Mari Tersenyum Tanpa Plak Gigi – Memiliki gigi yang putih dan bersih tidak hanya penting untuk kaum wanita, para pria pun pasti menginginkan gigi mereka bersih, putih dan sehat. Jika tiba-tiba Anda menyadari ada plak pada gigi Anda, wajar saja jika Anda panik. Namun, Anda jangan langsung menyalahkan produk pasta gigi yang Anda gunakan untuk rutin menggosok gigi. Karena plak gigi dapat segera melapisi gigi dan lidah Anda saat Anda melakukan kesalahan pada perawatan gigi, bukan hanya masalah menyikat gigi

Tapi apakah Anda tahu apa itu plak gigi? Plak gigi adalah lapisan yang terdiri atas kumpulan bakteri, jaringan mati, serta mikroorganisme ikutan lainnya. Umumnya plak gigi berwarna putih kekuningan, dan terkadang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Selain itu, plak tidak hanya melekat pada permukaan gigi saja. Plak juga dapat menempel pada lidah.

Dan bila plak tersebut tidak ditangani dan hanya dibiarkan, plak tersebut dapat terklasifikasi atau mengeras sehingga terbentuklah karang gigi. Plak gigi sendiri sebetulnya merupakan habitat yang sangat menguntungkan bagi bakteri. Bila Anda tidak rajin membersihkannya, peluang terbentuknya lubang pada gigi Anda juga akan semakin besar.

Untuk dapat meminimalkan pembentukan plak gigi, Anda harus mengetahui faktor penyebab timbulnya plak itu sendiri. Berikut adalah informasinya.

Mari Tersenyum Tanpa Plak GigiRutinitas menyikat gigi yang tidak benar.
Biasanya kita tidak menyadari kesalahan dalam menyikat gigi dan merasa telah melakukannya dengan benar. Kesalahan ini dapat dievaluasi melalui waktu menyikat gigi yang tidak tepat, tekanan saat menyikat yang terlalu keras, arah menyikat gigi yang menyamping, serta bagian permukaan gigi yang tidak terjangkau saat menyikat gigi. Kebiasaan-kebiasaan salah dalam menyikat gigi ini membuat pembersihan plak gigi menjadi tidak efektif walaupun Anda rajin menyikat gigi.

Tidak menggunakan benang gigi atau tidak berkumur dengan mouthwash.
Anda harus tahu bahwa biasanya plak banyak menempel pada leher gigi. Selain itu, plak juga sering melekat pada sela-sela gigi yang sulit dibersihkan karena tidak terjangkau oleh bulu sikat gigi. Karena itu Anda membutuhkan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi Anda. Mouthwash juga diperlukan untuk menuntaskan pembersihan plak pada area lain yang sulit dibersihkan dengan menyikat gigi.

Jarang menyikat/membersihkan lidah.
Tidak hanya melekat pada gigi, plak juga dapat melekat pada permukaan lidah. Coba perhatikan lidah Anda. Seharusnya lidah Anda berwarna merah jambu. Jika Anda melihat lapisan putih kekuningan melingkupi lidah Anda, Anda harus mulai lebih memperhatikan kesehatan mulut Anda. Lidah bisa menjadi media berkembang biak untuk bakteri bila terdapat plak disana. Ada baiknya Anda membersihkan permukaan lidah menggunakan sikat gigi secara perlahan atau pembersih khusus untuk lidah setiap selesai menyikat gigi.

Jarang makan buah/sayuran dan jarang berkumur air putih setelah makan.
Terbentuknya plak gigi dapat dicegah dengan jenis makanan berserat seperti sayur dan buah. Buah dan sayuran juga sangat menyehatkan bagi tubuh Anda. Berkumur menggunakan air putih setelah selesai makan juga penting sebagai langkah awal untuk meminimalkan terbentuknya plak. Rajin berkumur juga dapat mengurangi resiko bau mulut. Jadi tidak ada salahnya Anda rajin berkumur mulai sekarang.

Tidak rutin memeriksakan diri ke dokter gigi.
Jangan pernah mengabaikan pemeriksaan gigi dan mulut ke dokter gigi sekali dalam enam bulan. Hal ini perlu untuk mengontrol plak gigi dan juga karang gigi. Selain itu Anda juga dapat merawat gigi yang bermasalah sejak awal sehingga tidak terlanjur parah dan mudah ditangani.

Nah, itulah informasi mengenai plak gigi yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat ya!

Related Posts

Leave a Reply