Macam-Macam Model Baju Gamis Sifon

 Fashion

Macam-Macam Model Baju Gamis Sifon – Model baju gamis sifon merupakan jenis model baju gamis yang berbahan sifon. Apa itu sifon? Apa itu gamis? Mari kita simak pembahasannya berikut ini.

Kain Sifon untuk Gamis

Kain sifon merupakan kain yang dibuat dari serat sutra tipis. Bahannya sangat lembut, halus, hampir transparan, dan jika dipakai akan tampak “jatuh” mengikuti bentuk tubuh. Jenis kain sifon tidak disarankan untuk dipakai oleh orang yang bertubuh gemuk. Kain ini kadang terasa panas jika digunakan. Meskipun demikian kain sifon ini bisa membuat pemakainya terlihat anggun. Kain sifon sering digunakan sebagai pakaian wanita seperti selendang, kerudung, dress, blouse, dan gamis. Cara untuk merawat pakaian berbahan sifon yaitu:

  • Dicuci secara manual tidak perlu menggunakan mesin cuci
  • Tidak perlu diperas saat mencuci/menjemur
  • Setrika dengan temperature yang rendah

Baju Gamis Berbahan Sifon

Baju gamis saat ini menjadi salah satu baju muslim favorit bagi wanita Indonesia. Model pakaian yang berasal dari Timur Tengah ini mulai marak digunakan di Indonesia beberapa tahun lalu. Model-model baju gamis Indonesia pun bervariasi baik dari segi warna, jenis kain, model, ataupun motif yang digunakan.

Macam-Macam Model Baju Gamis SifonSalah satu jenis kain yang banyak digunakan untuk pembuatan gamis adalah kain sifon. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa sifon merupakan jenis kain yang lembut, tipis, transparan, dan “jatuh” saat dipakai. Jenis kain sifon ini cocok digunakan sebagai gamis atau kaftan. Model baju gamis sifon ini ada beragam, berikut ini beberapa model baju gamis yang berbahan sifon:

  • Gamis sifon kombinasi

Gamis sifon kombinasi memberikan corak yang berbeda pada gamis. Gamis model ini memang masih belum banyak ditemui tapi bisa dijadikan model alternatif bagi yang bosan dengan gamis biasa.

  • Gamis sifon bermotif

Kain sifon untuk gamis biasanya polos tapi ada juga yang bermotif. Motif tersebut bisa memberikan kesan lebih ramai pada baju namun jika coraknya pas maka akan terlihat bagus. Padukan dengan model kerudung atau hijab yang sesuai sehingga motif kain tidak bertabrakan dengan warna kerudungnya.

  • Gamis berkancing

Baju gamis biasanya tidak memiliki kancing di bagian depan namun ini bisa dijadikan salah satu alternatif model baru sekaligus lebih memudahkan pemakainya. Kancing bisa diletakkan dibagian dada sampai ke perut saja atau bisa sampai ke bawah.

  • Gamis bersabuk

Gamis bersabuk merupakan model gamis yang memiliki semacam model ikat pinggang. Ikat pinggang tersebut bisa membuat penggunanya tampak lebih langsing. Walaupun demikan sebaiknya bagian pinggang tidak perlu dibuat terlalu ketat karena baju muslim sebaiknya tidak menonjolkan bentuk tubuh.

  • Gamis kaftan

Gamis kaftan di Indonesia mulai populer saat seorang artis menggunakan model baju ini beberapa tahun lalu. Bagian dada dan bagian bawah model gamis tersebut biasanya memiliki hiasan atau bordiran yang mempercantik gamis tersebut. Warna kainnya sendiri bisa beragam misalnya merah, putih, biru, hitam, dan lain-lain.

  • Gamis Bolero

Gamis bolero merupakan paduan baju gamis dengan bolero di bagian luarnya. Bolero tersebut biasanya pendek sampai ke perut saja. Varian model ini bisa dijadikan pilihan bagi yang ingin tampil lebih modern atau modis.

Bagi wanita muslim memakai baju muslim adalah sebuah kewajiban. Model baju muslim sendiri cukup beragam salah satunya model baju gamis sifon yang telah kita bahas sebelumnya. Model gamis berbahan kain sifon ini bisa menjadi pilihan bagi umat Islam untuk merayakan lebaran atau untuk menghadiri berbagai acara.

Related Posts

Leave a Reply