Lulur Tradisional Dari Berbagai Daerah Di Indonesia

 Badan

Lulur Tradisional Dari Berbagai Daerah Di Indonesia – Siapa wanita yang tidak kenal dengan lulur dan manfaatnya? Ramuan alami ini merupakan rahasia kecantikan dari putri Keraton secara turun temurun. Namun saat ini, Anda tidak perlu menjadi putri Keraton untuk dapat mencoba lulur dan menerima sejuta manfaatnya untuk kulit tubuh. Semua orang, baik wanita maupun pria sudah dapat merasakan khasiat lulur dari lulur kemasan yang dijual dengan berbagai variasi merk dan komposisi di pasaran.

Lulur memanfaatkan aneka ragam bahan alami sebagai komposisi utama. Lulur tradisional akan membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit tubuh menjadi lebih halus dan bersih. Anda yang memiliki problem flek hitam atau jerawat di kulit dapat mengatasinya dengan mudah menggunakan racikan lulur. Di Indonesia terdapat berbagai macam jenis lulur yang berasal dari berbagai daerah dengan khasiat masing-masing:

Lulur Tradisional Dari Berbagai Daerah Di IndonesiaLulur kuning pandan dari Jawa
Ramuan lulur tradisional dengan komposisi yang sangat beragam, yakni tepung beras, kencur dan kunyit, temu giring, air mawar serta beberapa lembar daun pandan. Lulur alami dari Jawa ini berfungsi untuk membunuh sel kulit mati, menghilangkan jerawat di punggung, membantu menjaga kelembaban kulit tubuh dan memberikan kesejukan. Warna kunyit akan memengaruhi warna alami kulit tubuh Anda menjadi tampak kuning langsat.

Lulur boreh dari Bali
Bali tidak mau ketinggalan, kota turis ini memiliki lulur sendiri yang dikenal oleh masyarakat luas dengan nama lulur boreh. Dibuat dari kencur, kunyit dan jahe, campuran beras, biji pala, kayu cendana, cengkeh, kepala parut serta kemiri. Komposisi rempah-rempah tersebut cocok untuk kulit yang sensitif dan berjerawat. Kunyit dan jahe dapat memberikan kehangatan sewaktu proses lulur berjalan, cocok bagi Anda yang sering masuk angin. Gunakan lulur boleh khas Bali yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit tubuh.

Lulur Kalimantan
Lulur tradisional dari Kalimantan. Hampir semua kompisisi adalah susu dan aneka rempah-rempah dalam bentuk bubuk yang mudah dicampur. Ramuan lulur tradisional ini merupakan warisan dari suku Dayak yang dipercayai mampu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menempel di permukaan kulit tubuh sehingga kulit Anda menjadi halus dan lebih putih. Selain ramuan asli dari suku Dayak, Kalimantan juga menghasilkan beberapa ramuan lulur alami lainnya yang tidak kalah efektif dalam melindungi serta merawat kecantikan kulit tubug, seperti lulur cokelat, lulur dari bahan utama kopi, teh hijau dsb.

Lulur scrub
Jenis lulur ini yang paling populer di kalangan wanita dan biasanya para wanita lebih memilih untuk menggunakan lulur scrub ketimbang lulur rempah-rempah. Lulur scrub terdiri dari 2 jenis, granule (dengan butiran) atau tanpa butiran (non granule). Butiran yang terdapat di dalam lulur tradisional tekstur nya lebih kasar dibandingkan dengan body scrub yang ada di pasaran, jadi tidak disarankan memakai lulur scrub tradisional dengan butiran jika Anda memiliki jenis kulit yang sensitif.

Lulur tradisional dari bahan alami tidak kalah berkhasiat dari lulur kemasan yang ada di pasaran, Anda yang ingin mencoba menggunakan lulur tradisional tersebut bisa meraciknya sendiri di rumah karena semua bahan mudah diperoleh di toko kecantikan tradisional. Lulur merupakan upaya merawat kecantikan dan kesehatan kulit tubuh yang telah dilakukan sejak lama, biasakan untuk luluran setiap 2 minggu sekali untuk menjaga kulit tubuh dari radikal bebas dan sinar UV yang dapat memengaruhi kesehatan kulit atau membuat kulit menjadi kusam dan kering.

Related Posts

One Response

  1. PromAgSeptember 13, 2015 at 6:15 amReply

    kearifan lokal yang sangat penting untuk dilestarikan…

Leave a Reply