Lima Penyebab Rambut Kering

 Rambut

Lima Penyebab Rambut Kering – Rambut kering kurang nutrisi merupakan salah satu masalah kecantikan yang kerapkali dialami oleh para wanita dan pria, Anda menjadi kesulitan untuk menata rambut karena terlalu kering dan kusut. Dr Nipun Jain, sebagai Senior Konsultan di Dermatology dari Sri Balaji Action Medical Institute telah menyebutkan dan menjelaskan beberapa penyebab rambut kering, sebagaimana yang telah dilansir oleh Health Me Up. Anda yang belum mengetahui apa saja faktor yang bisa menyebabkan rambut Anda menjadi kering bisa menyimak ulasan singkat mengenai rambut kering di bawah ini.

Lingkungan terlalu ekstrem
Salah satu penyebab utama mengapa rambut Anda yang awalnya sehat menjadi kering adalah perubahan lingkungan di sekitar yang terjadi dengan sangat ekstrem. Lingkungan yang terlalu ekstrem ini meliputi suhu udara yang terlalu panas, terlalu dingin bahkan terlalu berangin. Cuaca dan suhu yang paling ekstrem membuat rambut menjadi sangat kering adalah disaat musim panas ketika matahari sedang tinggi-tingginya di atas kepala dan dengan sangat mudah membakar rambut membuatnya menjadi kering.

Lima Penyebab Rambut KeringProduk perawatan rambut
Salah satu penyebab rambut kering yang sebenarnya bisa dihindari oleh Anda adalah penggunaan produk perawatan rambut. Bahan kimia yang terkandung di dalam produk perawatan rambut ini sangat mungkin membuat kulit kepala dan rambut kehilangan minyak alaminya sehingga lama kelamaan rambut menjadi kering.

Oleh karena itu, amat sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia keras, pilihlah produk perawatan rambut yang bahan dasarnya mayoritas adalah bahan alami. Jadi, melihat komposisi produk itu sangatlah penting sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Penggunaan peralatan styling
Penyebab rambut kering ini juga bisa Anda hindari. Aktivitas sehari-hari memaksa Anda untuk tampil menarik dan berbeda, tampil segar setiap harinya dan tanpa Anda sadari Anda mengorbankan kesehatan rambut, karena disaat proses mempercantik diri dilakukan, salah satunya adalah mempercantik rambut, secara langsung rambut akan berhubungan lebih dekat dengan beberapa peralatan styling yang faktanya mampu membuat rambut menjadi lebih kering. Hair dryer alat catok atau pengeriting rambut merupakan ketiga contoh dari peralatan styling yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari yang disadari atau tidak akan membuat rambut menjadi kering dan rusak.

Berenang atau mandi di tempat umum
Tahukah Anda jika berenang dan mandir di tempat-tempat umum dapat membuat rambut menjadi kering, karena baik pemandian umum atau kolam renang tersebut mengandung klorin yang mampu menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak. Anda yang hobi berenang sebaiknya langsung membilas rambut dengan air tawar dan sampo setelah berenang untuk membantu menghilangkan klorin.

Anoreksia
Anoreksia menjadi salah satu penyebab wanita mengalami rambut kering dan rusak, karena disaat seorang wanita mengalami anoreksia, tubuhnya akan kekurangan vitamin, mineral serta nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan disaat tubuh tidak mampu untuk memberikan nutrisi pada rambut dan kulit kepala secara otomatis, kulit kepala dan rambut akan menjadi kering karena kekurangan minyak alami.

Penyebab rambut kering nyatanya sangatlah beragam, mulai dari faktor kesehatan hingga faktor gaya hidup yang sebenarnya masih bisa dihindari jika ada kemauan dalam diri kita. Rambut adalah mahkota atau aset yang penting yang selalu dirawat dengan sangat baik oleh para wanita, apabila rambut rusak dan kering segera atasi dan obati dengan mengaplikasikan beberapa cara alami yang efektif untuk mengatasi rambut kering.

Related Posts

Leave a Reply