Ketahui Penyebab Timbulnya Jerawat

 Wajah

Ketahui Penyebab Timbulnya Jerawat – Jerawat. Ya, benjolan kecil bernama jerawat ini sering kali merepotkan dan menimbulkan berbagai masalah. Pastilah Anda pernah mengalami sakit dan malunya ketika timbul jerawat pada wajah Anda. Selain terlihat tidak cantik, jerawat mengindikasikan bahwa Anda malas merawat dan membersihkan wajah Anda. Namun, tidak semua orang yang jerawatan atau memiliki jerawat, penyebabnya adalah malas membersihkan dan merawat kulit wajah.

Anda tentu saja tidak akan tinggal diam ketika Anda memiliki satu jerawat saja di wajah Anda. Semua tergantung dengan hal yang akan Anda lakukan. Bisa jadi keputusan Anda itu akan menyebabkan hilangnya satu jerawat yang timbul tersebut, atau justru memberikan teman atau menambah timbulnya jerawat lain di wajah Anda. Oh no! Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat ini? Cara menghilangkannya yaitu dengan mengetahui penyebabnya. Ya, mengetahui penyebab timbulnya jerawat.

Ketahui Penyebab Timbulnya JerawatJika Anda mengetahui duduk permasalahan yang sedang Anda hadapi, maka Anda pun dapat memutuskan bagaimana cara menyelesaikan permasalahan tersebut. Oleh karena itu, cara yang paling mudah Anda lakukan adalah kenali masalah Anda. Kenali penyebab timbulnya jerawat pada kulit wajah Anda sehingga Anda pun dapat menghilangkannya.

Beberapa penyebab timbulnya jerawat sangat umum dan sepele jika Anda mengetahuinya. Oleh karena itu, jangan pernah sepele-kan hal – hal sepele, karena justru bisa menjadi boomerang bagi diri Anda sendiri. Berikut beberapa penyebab timbulnya jerawat:

  1. Faktor keturunan

Faktor yang satu ini memang sulit untuk dihindari karena telah terkait dengan gen dalam tubuh Anda. Yang bisa dilakukan hanyalah mencegah dan mengatasinya dengan sebaik – baiknya agar tidak berkelanjutan ‘tinggal’ di kulit wajah Anda.

  1. Efek samping stress

Ketika terjadi stres, maka terjadilah fluktuasi dan ketidakstabilan hormon dalam tubuh Anda.  Lalu  apa yang selanjutnya terjadi? Timbullah jerawat pada kulit wajah Anda.  Oleh karena itu, buatlah diri Anda tenang dan rileks sebisa mungkin, untuk menghindari timbulnya jerawat pada wajah Anda.

  1. Karena aktivitas hormon

Aktivitas hormon berupa penurunan hormon pada wanita ataupun akibat hormon testosteron pada pria dapat menjadi salah satu ‘biang’ penyebab timbulnya jerawat.

  1. Akibat konsumsi pil KB

Konsumsi pil KB akan mempengaruhi hormon dalam tubuh, sehingga hormon pun tidak stabil. Ketidakstabilan hormon itulah yang menyebabkan timbulnya jerawat.

  1. Kelenjar minyak yang hiperaktif

Jerawat merupakan benjolan yang terjadi karena pori – pori kulit yang kotor dan berminyak sehingga akan timbul bakteri – bakteri yang mengakibatkan kulit bernanah. Oleh karena itu, jika kelenjar minyak pada kulit wajah Anda hiperaktif atau sangat aktif, maka kemungkinan besar Anda akan sering memiliki jerawat. Hal yang perlu Anda lakukan yaitu mencegah timbulnya minyak yang berlebih dengan menghindari makanan yang berminyak.

  1. Polusi udara

Polusi udara yang ada di sekitar kita, bisa jadi merupakan pangkal dari permasalahan timbulnya jerawat di wajah Anda. Polusi udara akan membawa banyak kotoran dan bakteri yang bisa kapan saja menempel pada wajah Anda. Oleh karena kotoran dan bakteri tersebut bisa menimbulkan jerawat pada wajah Anda, maka rajin – rajinlah membersihkan kulit wajah Anda menggunakan sabun khusus kulit wajah Anda.

  1. Sel kulit mati

Kulit merupakan salah satu bagian tubuh kita yang sel – selnya selalu beregenerasi. Oleh karena itu, muncullah istilah sel kulit mati. Jika sel kulit yang telah mati tidak terangkat,  maka sel baru akan terganggu perkembangannya. Serta pori – pori kulit pun akan terhalang oleh tumpukan sel kulit mati dan timbullah jerawat.

  1. Sering memegang area wajah

Area wajah merupakan salah satu area vital bagi sebagian orang yang sangat memperhatikan penampilan. Terlalu sering memegang area wajah akan menyebabkan terjadinya transmisi bakteri dari tangan ke wajah Anda. Apalagi telah kita ketahui bahwa tangan merupakan sarang bakteri karena seringnya kontak dengan lingkungan di sekitar dengan memegang barang – barang di sekitar Anda.

Nah, itulah beberapa penyebab timbulnya jerawat yang biasa terjadi pada Anda. Hal sederhana yang dapat Anda lakukan yaitu dengan rutinnya mencuci wajah Anda. Apabila kulit wajah Anda bersih, maka bakteri pun tak akan mudah ‘tinggal’ di wajah Anda. Begitu pula jerawat.

Related Posts

Leave a Reply