Kenali Seluk Beluk Jerawat Bernanah

 Wajah

Kenali Seluk Beluk Jerawat Bernanah – Banyak hal yang dilakukan oleh masing – masing orang dalam menunjang penampilannya. Pastilah tiap – tiap mereka menginginkan penampilan yang indah dan menarik untuk dipandang. Bahkan mereka rela melakukan apapun, seperti perawatan tubuh, kecantikan, olah raga, dan lain – lain.

Tak ada yang mau memiliki kekurangan dalam penampilan, sekecil apapun itu. Baik berupa jerawat, flek hitam, kerutan, ataupun komedo. Dari sekian aksesoris yang biasanya muncul pada wajah, yang paling sering muncul adalah jerawat. Karena terkadang jerawat dapat muncul pada wajah seseorang secara musiman. Saat masa menstruasi misalnya. Atau saat penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit.

Jerawat BernanahJerawat yang muncul pun memiliki berbagai jenis dan tanda gejala masing – masing. Bahkan ada pula jerawat yang datangnya bersamaan atau tidak hanya sendiri dan bernanah atau berdarah. Hm, pasti rasanya sangat sakit sekali. Selain tidak enak dipandang, penderita pun rasanya akan sangat menderita sekali karena jerawat biasa dan hanya muncul sendiri atau jomblo saja rasanya sudah sangat nyeri dan seringkali menyebabkan seseorang mudah marah. Apalagi dengan jerawat yang parah seperti jerawat bernanah atau berdarah?

Perlu kita kenali penyebab dari jerawat bernanah tersebut, sehingga kita dapat waspada dan mencegah kejadian yang berulang. Berikut akan diulas beberapa penyebab jerawat bernanah, agar kita dapat mulai berhati – hati:

  1. Minyak pada wajah

Ya, seperti yang kita ketahui bersama bahwa jerawat itu dapat muncul ketika wajah kita memiliki minyak yang berlebih. Karena jerawat dapat muncul akibat penumpukan minyak, kotoran, dan bakteri di bawah kulit wajah. Nah, minyak yang kemudian produksinya semakin berlebihan akan semakin memperparah jerawat itu sendiri. Hingga jadilah jerawat yang bernanah.

  1. Memakai peralatan kecantikan yang kurang bersih atau higienis

Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang terkenal dengan sensitifitasnya. Apalagi dengan adanya jerawat, makin sensitiflah keadaan kulit tersebut. Apabila Anda menggunakan peralatan kecantikan pada wajah Anda yang berjerawat ataupun tidak berjerawat, usahakan alat tersebut bersih dan higienis karena alat yang tidak bersih akan mempermudah terjadinya infeksi pada kulit. Bagaimana bisa? Tentu saja karena alat tersebut akan membawa bakteri  dan semakin tumbuh dengan cepat sehingga terjadilah infeksi dan luka atau jerawat pun menjadi bernanah.

  1. Memencet jerawat

Inilah “penyakit” atau kebiasaan buruk seseorang yang memiliki jerawat. Berdalih gemes dengan kehadiran si mungil ini, mereka ingin segera menghilangkan kehadiran si mungil dengan memencetnya. Namun apa yang kemudian terjadi? Ya, malapetaka.

Bakteri yang terkandung dalam jerawat tersebut justru menyebar ke bagian kulit lain yang tidak terdapat jerawat baik melalui percikan cairan jerawat saat dipencet maupun melalui tangan si pemencet jerawat. Nah, masih mau memencet jerawat? Padahal tangan kita sendiri merupakan sarang kuman dan bakteri. Maka dari itu, semakin parahlah keadaan jerawat tersebut. Bukannya hilang, tetapi justru berubah menjadi jerawat bernanah.

Nah, kalau sudah terlanjur bagaimana? Jerawat sudah terlanjur bernanah dan tidak tahu harus bagaimana. Hm, untuk mengatasi jerawat bernanah, Anda dapat melakukan beberapa trik treatments di bawah ini:

  1. Menjaga kebersihan wajah dengan rajin mencuci wajah dengan sabun khusus wajah berjerawat atau sesuai jenis kulit Anda.
  2. Tidak menyentuh jerawat dengan tangan atau setidaknya Anda harus mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh jerawat di wajah Anda.
  3. Menggunakan peralatan kecantikan yang bersih dan higienis agar tidak terjadi persebaran dan pertumbuhan bakteri dengan cepat
  4. Mengkonsumsi makanan yang sehat yaitu makanan yang tidak banyak mengandung pengawet, lemak, dan gula.

Itulah ulasan mengenai jerawat bernanah. Terkadang jerawat bernanah membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sembuh, serta membutuhkan treatments khusus. Oleh karena itu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk  mengatasi jerawat bernanah yang tidak kunjung sembuh.

Related Posts

Leave a Reply