Kenali Penyebab Rambut Bercabang

 Rambut

Kenali Penyebab Rambut Bercabang – Memiliki rambut yang halus dan lembut adalah impian semua orang, khususnya bagi kaum perempuan. Keindahan rambut membuatnya dikenal sebagai mahkota wanita. Setiap wanita tentu saja menginginkan mahkota yang indah dan cantik untuk menghiasi kepalanya. Namun sayangnya, banyak wanita yang memiliki masalah dengan mahkotanya tersebut.

Masalah yang sering ditemui pada mahkota wanita ini adalah rambut bercabang. Masalah ini terlebih lagi melanda para wanita yang memiliki rambut panjang. Selain menandakan kondisi rambut yang tidak sehat, masalah rambut bercabang juga bisa sangat mengganggu serta merusak penampilan.

Penyebab Rambut Bercabang
Anda yang memiliki masalah rambut bercabang tentu sering mengeluhkan masalah ini. Namun apakah Anda tahu penyebab rambut Anda menjadi bercabang? Mengenali penyebab suatu masalah akan membuat Anda lebih mudah menemukan solusi serta mengatasi masalah tersebut. Nama ilmiah untuk kondisi rambut bercabang adalah Trichoptilosis. Rambut bercabang muncul karena kurangnya nutrisi.

Rambut juga merupakan anggota tubuh yang memerlukan zat penting ini. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh setiap hari seharusnya sampai hingga ujung rambut. Kondisi rambut bercabang adalah tanda rambut rusak yang paling bisa dilihat. Kutikula rambut pada bagian ujung kering, kutikula rambut terbelah dan memperlihatkan korteks di dalamnya. Pada fase ini helai rambut menjadi rapuh sehingga mudah patah juga.

Kenali Penyebab Rambut BercabangHal ini bisa terjadi karena kombinasi perawatan yang salah. Bisa juga karena sering treatment tanpa memerhatikan kesehatan rambut. Tingkat keparahan rambut bercabang ini juga berbeda antara satu dengan yang lain. Rambut bercabang bisa menjadi suatu pertanda bahwa nutrisi yang seharusnya Anda cukupi untuk kebutuhan tubuh tidak tercapai.

Hal ini membuat nutrisi untuk rambut tidak sampai pada tujuannya sehingga membuat rambut menjadi bercabang. Rambut bercabang ini tidak hanya jelek dilihat, tetapi juga menghambat pertumbuhan rambut. Karena nutrisi untuk merawat serta menumbuhkan rambut tidak tercukupi dari makanan yang Anda konsumsi.

Itulah mengapa rambut bercabang merupakan indikasi rambut yang tidak sehat. Untuk itu, mulailah makan makanan dengan gizi yang berimbang. Makanan tidak hanya tentang menyelesaikan urusan perut Anda yang lapar. Yang lebih penting, makanan yang Anda makan adalah bahan baku untuk menjalani hidup sehat dimana seluruh bagian tubuh Anda mendapat nutrisi yang sempurna untuk perkembangan, perawatan, serta pertumbuhannya.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang
Setelah Anda mengetahui penyebab rambut bercabang yang terjadi pada rambut Anda, Anda seharusnya sudah lebih paham untuk dapat mengatasi masalah Anda. Namun, selain dengan mengkonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi, Anda juga bisa melakukan beberapa cara berikut untuk mengatasi rambut Anda yang bercabang.

  • Anda bisa menggunting ujung rambut Anda yang bercabang. Setelah itu lakukan perawatan pada rambut Anda agar masalah yang sama tidak terulang kembali.
  • Untuk merawat rambut bercabang, Anda bisa menggunakan masker khusus untuk rambut bercabang. Masker tersebut dapat memberi kelembaban alami pada rambut. Anda bisa melakukannya seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang baik.
  • Gunakan serum setelah selesai keramas. Dengan demikian agar rambut lebih halus dan mudah disisir.
  • Usahakan untuk menggunakan sisir bergigi jarang. Hal ini dilakukan agar gesekan sisir pada rambut tidak semakin memperparah kondisi rambut yang bercabang.
  • Saat Anda menggunakan pemanas, misalnya hair dryer atau catok rambut, lapisi terlebih dahulu rambut Anda dengan serum. Tetapi lebih baik jika Anda mengusahakan untuk menghindari penggunaan perkakas rambut yang mengandung panas untuk mencegah rambut bertambah rusak.

Rambut yang bercabang kini bukan masalah lagi. Sayangi rambut mulai dari sekarang. Lakukan dengan cara mengenali penyebab rambut bercabang dan mengatasinya dengan cara yang benar. Konsumsi makanan sehat yang cukup nutrisi untuk menjaga rambut Anda. Mahkota yang indah hanya akan didapat dengan perawatan yang benar.

Related Posts

Leave a Reply