Kenali Penyebab Kantung Mata agar Mata Sehat dan Cantik

 Wajah

Kenali Penyebab Kantung Mata agar Mata Sehat dan Cantik – Mata merupakan salah satu aset penunjang cantiknya penampilan. Oleh karena itu, polesan pada mata pun tak jarang dilakukan seseorang untuk tampil semakin cantik dan menarik. Baik dilakukan pada area sekitar mata seperti pemakaian eye shadow, eye liner ataupun dengan menggunakan kontak lensa berwarna warni agar mata terlihat lebih indah.

Namun apa yang terjadi mata memiliki kantung? Tentu tidak cantik, bukan? Aksesoris tambahan berupa eye liner cukup untuk mempercantik wajah, namun jika aksesoris berupa lingkaran hitam atau kantung mata justru membuatnya tidak indah karena mata terlihat sangat lelah dan tidak fit.

Kenali Penyebab Kantung Mata agar Mata Sehat dan CantikAnda pasti tidak ingin memiliki kantung mata. Oleh karena itu, anda perlu mencegahnya sejak dini agar Anda tidak mempunyai aksesoris mata yang satu ini. Lalu, apa penyebab kantung mata muncul?

Nah, berikut akan dibahas beberapa penyebab kantung mata muncul agar Anda dapat waspada dan mampu menghindari penyebab – penyebabnya:

  1. Genetik

Faktor genetik merupakan salah satu faktor utama penyebab terjadinya kantung mata. Biasanya, orang yang memiliki kulit hitam sepertipada orang Asia memiliki potensi berkantung mata karena kulit mereka memiliki kandungan melanin yang tinggi.

Selain warna kulit, penyebab kantung mata secara genetik dapat pula dipengaruhi oleh struktur tulang, bentuk wajah, dan kondisi kulit (seperti eksim atopik) ataupun penuaan. Pada proses penuaan yang terjadi adalah kolagen yang menghilang dan menipis sehingga semakin terlihatlah urat darah yang halus.

Nah, mungkin Anda tidak begitu memperhatikan dan mengetahui apakah faktor genetik yang menjadikan penyebab munculnya kantung mata. Anda dapat melakukan tes sederhana berikut ini: pencet daerah bawah mata dengan lembut menggunakan ujung jari sehingga kulit sedikit meregang, lalu tahanlah selama 5 detik. Jika yang terjadi adalah:

  • Area tersebut semakin gelap, maka disebabkan oleh penuaan atau genetik
  • Tidak terjadi perubahan warna , maka disebabkan oleh paparan sinar ultra violet atau alergi
  • Jika hasilnya berubah – ubah serta lingkaran hitam sepenuhnya tidak hilang saat melepaskan pencetan dengan tangan tetapi justru lebih tersamar, maka disebabkan oleh pigmen berlebih dan masalah pada pembuluh darah.
  1. Kurang vitamin dan nutrisi

Munculnya kantung mata bisa jadi karena kekurangan vitamin B, C, E, K. Vitamin tersebut sangat dibutuhkan oleh kelenjar adrenalin untuk bekerja. Oleh karena itu, tejadilah kantung mata dan wajah membengkak ketika kelenjar adrenalin lelah dalam bekerja akibat penyerapan vitamin yang berkurang, konsumsi kafein, alkohol dan gula yang berlebihan, serta  stress.

Anda dapat menambah asupan buah – buahan dan sayuran dan mengurangi asupan makanan berlemak seperti gorengan, serta  mengurangi makanan tinggi garam karena akan menyebabkan tubuh kehilangan air dan tampak lebih birulah pembuluh darah di bawah kulit.

  1. Dehidrasi

Dehidrasi akan mengakibatkan bengkaknya pembuluh darah dan semakin meluas, sehingga  Anda perlu cukup minum serta mengurangi konsumsi kafein dan alkohol.

  1. Kurang tidur

Kurang tidur memang bukanlah penyebab utama timbulnya kantung mata. Namun, kurang tidur dapat menimbulkan stres ataupun masalah kesehatan lainnya. Orang yang kurang tidur akan memiliki kulit yang pucat dan pastinya tampak lelah. Oleh karena itu, timbullah bayangan dan kantung  mata pun tampak semakin jelas.

Beberapa hal tersebut dapat menjadi penyebab timbulnya kantung mata. Waspadailah dan cegahlah mulai dari sekarang jika Anda tidak ingin memiliki kantung mata sebagai aksesoris mata Anda.

Related Posts

Leave a Reply