Kandungan Vitamin C Dalam Buah Penghilang Jerawat

 Wajah

Kandungan Vitamin C Dalam Buah Penghilang Jerawat – Jerawat merupakan salah satu permasalahan kebanyakan wanita dan berkaitan dengan kondisi hormon. Tak hanya wanita, priapun begitu. Bila hormon dalam tubuh mulai tidak stabil, maka bersiaplah mendapatkan serangan dari jerawat. Selain kondisi tersebut, jerawat dapat muncul karena pengaruh makanan yang tidak sehat, antara lain makanan yang berminyak dan berlemak.

Namun, makanan pun bisa menjadi intervensi atau jalan keluar bagi permasalahan jerawat ini. Ya, ada beberapa jenis makanan penghilang jerawat, yang berasal dari buah hingga disebut sebagai buah penghilang jerawat. Jenis buah apa sajakah itu? Pasti banyak orang yang penasaran dan mencari – cari apa saja jenis buah penghilang jerawat tersebut.

Kandungan Vitamin C Dalam Buah Penghilang JerawatBeberapa jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah buah. Buah kan ada banyak, buah yang seperti apa? Hm, memang buah itu terdiri dari banyak jenis dan kandungan zat atau vitaminnya pun beragam sehingga khasiat dan peranannya pun berbeda – beda. Nah, untuk masalah jerawat ini, buah yang dianjurkan dan direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah buah yang mengandung vitamin C dan buah yang mengandung basa.

Vitamin C berperan sebagai antioksidan dalam tubuh kita yang fungsinya untuk menangkal radikal – radikal bebas. Selain itu, sistem kekebalan tubuh atau imunitas pun dapat meningkat dan regenerasi dari sel – sel dalam tubuh terjadi untuk menggantikan peranan sel – sel yang rusak.

Vitamin C banyak terkandung dalam buah – buahan yang terkenal dengan nama jeruk. Jeruk merupakan sumber vitamin C yang paling populer dengan kemampuannya membersihkan wajah dari jerawat.

Beberapa orang yang mengalami jerawat  biasanya langsung melirik produk kosmetik pabrik, bahkan tak peduli seberapa mahalnya. Namun, kandungan dan khasiat dari buah dan sayuran pun tak kalah luar biasa dalam kemampuannya menghilangkan jerawat. Bahkan tanpa efek samping, sedangkan produk kosmetik pabrik dengan bahan – bahan kimiawi akan menimbulkan efek samping.

Pada penjelasan di atas telah disebutkan bahwa jeruk dapat menjadi anti oksidan. Namun, bukankah jeruk itu rasanya asam? Apalagi di penjelasan diberikan keterangan bahwa makanannya yaitu makanan yang sifatnya basa. Nah, penjelasannya yaitu tidak semua makanan basa itu tidak boleh terasa asam. Karena rasa asam yang terdapat pada jeruk ternyata hanya di lidah saja. Pada saat dikonsumsi dan masuk ke dalam sistem pencernaan untuk dicerna tubuh, asamnya jeruk akan berubah menjadi basa.

Lalu, kenapa tidak boleh asam dan harus basa? Sifat basa ini berperan sebagai penetral yang mampu menetralisir kandungan asam lambung dengan melakukan penyeimbangan pH pada saluran pencernaan kita. Selain itu, fungsi lain yang tak kalah penting yaitu kemampuannya dalam mengaktifkan liver sehingga memudahkan proses pembuangan racun dalam tubuh atau biasa disebut dengan detoksifikasi.

Pada hasil beberapa penelitian menyatakan bahwa jerawat dapat disebabkan karena kurang dalam mengkonsumsi vitamin C, dan akibat lainnya yaitu bibir pecah – pecah, kulit kering dan kasar, serta sariawan. Namun, kandungan vitamin C yang selama ini terkandung sangat banyak dalam buah jeru, rupanya perlu lebih banyak referensi lagi karena justru kandungan vitamin C dalam buah kiwi dan buah jambu biji dua kali lipat bila dibandingkan dengan jeruk. Berikut beberapa jenis buah penghilang jerawat yang dapat Anda coba untuk Anda konsumsi:

  1. Jambu biji, dengan kandungan vitamin C sebanyak 108 mg/100 gr buah jambu biji.
  2. Buah kiwi, dengan kandungan vitamin C sebanyak 100 mg/ 100 gr buah kiwi.
  3. Buah pepaya, dengan kandungan vitamin C sebanyak 100 – 150mg/ 100 gr buah pepaya.
  4. Strawberry, dengan kandungan vitamin C sebanyak 60 mg/ 100 gr strawberry.
  5. Tomat, dengan kandungan vitamin C sebanyak 5 mg/ 100 gr tomat.
  6. Apel, dengan kandungan vitamin C sebanyak 5 mg/ 100 gr apel.

Daftar nama buah di atas merupakan buah penghilang jerawat yang dapat menjadi  alternatif lain jika Anda tidak suka mengkonsumsi buah jeruk. Namun, hal penting lainnya yang perlu dilakukan yaitu dengan menjaga pola hidup sehat, seperti pola makan dan pola tidur, serta mengurangi stres yang dapat menyebabkan terjadinya ketidakstabilan pada hormon tubuh dan mengakibatkan timbuhnya jerawat.

Related Posts

Leave a Reply