Jerawat Saat Hamil

 Wajah

Jerawat Saat Hamil – Masa kehamilan merupakan periode emas yang dinanti-nantikan oleh pasangan suami istri khususnya seorang ibu. Berbagai momen kehamilan menjadi suatu hal yang berarti bagi seorang ibu (momen kehamilan).

Agar janin tumbuh dan berkembang dengan baik, ada banyak hal- hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil. Seperti gaya hidup, yaitu makanan, olahraga, kebersihan, kesehatan lingkungan dan lain sebagainya. Selain memperhatikan kesehatan si janin, ibu juga harus memperhatikan kesehatan diri dan penampilan agar masa kehamilan benar- benar dapat menjadi masa emas dan dapat diabadikan.

Salah satu permasalahan yang sering mengganggu ibu hamil adalah, munculnya jerawat saat hamil. Walaupun saat sebelum hamil, Si Ibu tidak memiliki bakat jerawatan, namun pada saat hamil, jerawat dapat muncul disana- sini. Apalagi kalau dari sananya memang punya bakat jerawatan, wah bakal tambah rempong lagi berurusan dengan jerawat ya bu.

Jerawat Saat HamilPenyebab Jerawat Saat Hamil

Kenapa sih pada saat hamil kok jerawat muncul sesuka hati disana- sini ya Bu? Penyebab jerawat saat hamil yaitu karena faktor hormonal. Hormon yang mempengaruhi jerawat pada ibu hamil adalah hormon androgen ditambah dengan faktor perubahan kandungan cairan dalam tubuh atau disebut hidrasi.

Pada saat hamil, hormon androgen meningkat dan semakin aktif. Lebih aktifnya hormon androgen tersebut, mempengaruhi aktifnya hormon progesteron selama hamil, kemudian kelenjar sebasea pada kulit menjadi lebih besar, selanjutnya menyebabkan produksi sebum meningkat.

Nah sebum ini tercampur dengan sel kulit mati yang mengelupas dan tertimbun di bawah pori- pori kulit. Pada kondisi ini, bakteri penyebab jerawat dengan mudahnya berkembang biak dan menyebabkan peradangan, dan muncullah si jerawat ini.

Akibat Jerawat Saat Hamil

Jerawat tentunya akan sangat menganggu diri kita bukan? Pada orang yang tidak hamil, jerawat sangat mengganggu penampilan dan aktivitas, apalagi pada ibu hamil? Jerawat dapat berakibat pada kondisi psikis ibu hamil.

Mencegah dan Mengobati Jerawat Saat Hamil

Lalu bagaimana cara mencegah dan mengobati jerawat saat hamil? Sebenarnya munculnya jerawat saat kehamilan adalah hal yang sangat lazim terjadi, karena pada saat hamil, hormon- hormon memang begitu aktif, bahkan lebih aktif dari sebelum hamil. Namun tidak ada salahnya jika kita berusaha mencegah dan mengobati bukan?

  1. Yang pertama dan utama, anda harus mengurangi minyak pada wajah. Caranya yaitu dengan rajin membersihkan wajah anda 2-3 kali dengan pembersih wajah yang cocok dengan kulit wajah anda. Apalagi seusai beraktivitas di luar rumah, sebaiknya anda langsung membersihkan wajah anda.
  2. Hindari terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Karena tangan yang kotor akan mudah menyebarkan bakteri penyebab jerawat.
  3. Lakukan olahraga ringan yang cocok untuk ibu hamil. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan tubuh.
  4. Hindari terpapar sinar matahari secara langsung
  5. Pilih kosmetik yang tidak mengandung bahan dasar minyak. Sesuaikan kosmetik yang cocok dengan kulit anda.
  6. Bersihkan make-up sebelum anda tidur.
  7. Konsumsi buah- buahan, seperti wortel dan jeruk.
  8. Minum air yang cukup, 6-8 gelas sehari.
  9. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A (wortel, bayam, ubi jalar dan kol), vitamin B2 (ikan, susu, telut, daging, sayur mayur hijau dan buah),vitamin B3 (telur, kacang tanah, daging, hati), vitamin C (jeruk, pisang) dan zink.
  10. Menggunakan masker wajah alami yang terbuat dari green tea, zaitun, madu, lemon/ jeruk nipis, dan beberapa bahan alami lain yang memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang berperan dalam melawan radikal bebas serta melembabkan kulit.
  11. Konsultasikan dengan dokter kandungan dan dokter spesialis kulit untuk penanganan jerawat yang aman dan dianjurkan untuk ibu hamil.

Semoga masa kehamilan ibu menjadi indah dan terbebas dari jerawat. Sehingga penampilan tetap pede selama hamil.

 

Related Posts

Leave a Reply