Jerawat Nasi?? No!

 Wajah

Jerawat Nasi?? No! – Apakah Anda pernah melihat atau mengalami di wajah Anda terdapat benjolan – benjolan berwarna putih kemerahan dengan jumlah yang banyak? Ya, itulah jerawat. Namun, jerawat jenis apakah itu? Pernahkah Anda mendengar istilah jerawat nasi? Hm, jika terasa asing di telinga Anda, mungkin Anda lebih terbiasa dengan sebutannya sebagai komedo.

Jerawat nasi merupakan salah satu jenis jerawat yang disebabkan oleh adanya bakteri, sel kulit mati, dan minyak yang terkumpul dan mengendap di bawah permukaan pori-pori kulit, serta membentuk benjolan. Jerawat nasi ini memiliki bentuk yang sangat kecil. Lalu, mengapa jenis jerawat ini disebut sebagai jerawat nasi? Ya. Jika Anda memencetnya menggunakan dua jari Anda, maka akan keluar sesuatu seperti nasi atau butiran beras yang berwarna putih.

Jerawat NasiSetiap jerawat yang muncul pada wajah, jenis apapun itu akan tetap mengganggu kenyamanan dan penampilan. Selain itu juga mempengaruhi rasa percaya diri. Baik itu terjadi pada laki – laki atau perempuan, orang tua ataupun anak muda. Pastilah banyak upaya yang telah dilakukan untuk menghilangkan dan mencegah terjadinya kembali jerawat nasi.

Namun, Anda pun pasti penasaran dengan fakta – fakta penyebab munculnya jerawat nasi. Apa saja sih yang bisa menjadi penyebab muncul dan timbulnya si penghalang tampilan cantik pada wajah ini?

  1. Hormon

Biasanya terjadinya ketidakstabilan hormon dalam tubuh akan merangsang kulit untuk  memproduksi  minyak dalam jumlah yang berlebihan. Minyak yang berlebihan tersebut akan menutupi pori – pori kulit. Keadaaan yang tidak stabil pada hormon ini biasanya dialami ketika seseorang menjalani masa – masa pubertas, masa menstruasi, masa kehamilan, serta masa menopause. Keadaan lain yang berpotensi menimbulkan jerawat nasi ini yaitu stress (secara psikologis), kebiasaan merokok, serta menjalankan program diet yang tidak sehat.

  1. Jenis kelamin

Faktor jenis kelamin ini juga mempengaruhi timbulnya jerawat nasi. Bagaimana bisa? Ya, tentu saja bisa. Apalagi jenis kelamin perempuan. Mengapa? Karena perempuan atau wanita itu mengalami perubahan hormon yang sangat signifikan. Kaum hawa ini, mengalami berbagai macam masa yang menunjang terjadinya ketidakstabilan hormon, seperti masa menstruasi, masa kehamilan, atau menopause.

Masa – masa tersebut datang silih berganti dan terjadi secara kontinyu. Oleh karena itu, wanita lebih berpotensi tinggi untuk “terserang” jerawat nasi jika dibandingkan dengan laki – laki. Namun, tidak menutup kemungkinan laki – laki pun dapat mengalami jerawat nasi dengan kemungkinan adanya stress dan perilaku atau kebiasaan merokok.

  1. Kulit berminyak

Pada awal penjelasan di atas, jerawat nasi dikatakan timbul karena adanya tumpukan bakteri, sel kulit mati dan minyak. Sehingga bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, Anda harus berhati – hati dan rajin merawat wajah secara sederhana jika tidak ingin memiliki jerawat nasi. Perawatan wajah sederhana yang dapat dilakukan seperti rajin mencuci muka dan membersihkan make up sebelum tidur.

Jerawat nasi dapat muncul dan tumbuh pada area kulit wajah yang banyak mengeluarkan minyak, seperti bagian pipi, dahi, dan hidung. Area lain yang mudah ditumbuhi jerawat nasi ini yaitu pada punggung dan dada, karena kedua area tersebut sering kali dalam keadaan lembab, basah, dan berminyak.

Jika Anda termasuk memiliki beberapa atau keseluruhan faktor penyebab di atas, maka Anda haruslah waspada dan mulai menjaga serta merawat diri agar si jerawat nasi tidak datang pada Anda. Pencegahan sederhana harus mulai Anda biasakan dalam keseharian Anda, karena mencegah itu lebih baik dari pada mengobati karena bisa jadi jika sudah terlanjur muncul, jerawat nasi susah untuk dibasmi karena obat yang Anda gunakan tidak sesuai.

Related Posts

Leave a Reply