Jerawat Muncul di Leher? Bisa?

 Wajah

Jerawat Muncul di Leher? Bisa? – Sepertinya jerawat adalah masalah klasik yang seringkali mengganggu penampilan. Jerawat ini tidak hanya muncul di wajah saja, tetapi terkadang bisa menjalar ke leher. Nah, kalau sudah begitu rempong bukan?Yap, jerawat bisa lho muncul di leher, hal itu dipengaruhi kebersihan dan kondisi tubuh seseorang.

Penyebab Jerawat di Leher

Jerawat di leher ini tidak dipengaruhi oleh produksi sebum oleh kelenjar minyak, karena pada bagian leher memang tidak memiliki kelenjar minyak. Nah, penyebab jerawat di leher ini bisa jadi sebagai berikut :

  • Selepas berkeringat atau olahraga, tidak langsung membersihkan diri. Sehingga keringat menumpuk di bagian tubuh tertentu seperti leher.
  • Penggunaan baju berkerah. Krah baju dapat menyebabkan keringat terkumpul pada bagian leher, sehingga berisiko memicu jerawat di leher.
  • Penggunaan pisau cukur. Pada tutup cukuran leher bisa menyebabkan jerawat keloidalis nuchae, berasal dari rambut yang dipotong yang masih tumbuh ke dalam dan tertanam dibawah dagu dan leher. Hal itu bisa memicu tertumpuknya keringat pada rambut yang tertanam.

Jerawat Muncul di LeherSelain pada tutupnya, penggunaan pisau cukur dapat menyebabkan luka cukur di kulit. Nah jika luka cukur berada di leher, dapat pula memicu timbulnya jerawat di leher yang berisiko bernanah.

Akibat Jerawat di Leher

Jangan anggap sepele lho jerawat di leher, karena jika semakin parah beberapa hal bisa terjadi karena akibat jerawat di leher, yaitu rasa sakit, gatal dan peradangan.

Cara Mencegah dan Menghilangkan Jerawat di Leher

Ada beberapa cara untuk mencegah dan menghilangkan jerawat di leher, yaitu sebagai berikut :

  1. Bersihkan leher

Saat membersihkan wajah, sebaiknya juga sekaligus membersihkan leher. Membersihkannya dapat dengan menggunakan milk cleanser, face toner dan berlanjut dengan penggunaan facial foam.

  1. Perhatikan kebersihan alat cukur

Jika anda berniat mencukur rambut hingga ke bagian leher, maka perhatikan kebersihan alat pencukur. Selain itu berhati- hati saat mencukur, agar tidak meninggalkan luka. Setelah selesai, bersihkan kembali alat- alat cukur tersebut.

  1. Perhatikan pola makan

Jenis makanan yang anda konsumsi juga dapat mempengaruhi kestabilan hormon yang menyebabkan jerawat. Maka konsumsilah beberapa bahan makanan seimbang yaitu onsumsi makanan yang mengandung vitamin A (wortel, bayam, ubi jalar dan kol), vitamin B2 (ikan, susu, telut, daging, sayur mayur hijau dan buah),vitamin B3 (telur, kacang tanah, daging, hati), vitamin C (jeruk, pisang) dan zink.

  1. Istirahat cukup

Istirahat yang cukup akan membantu melancarkan sirkulasi darah. Sebaiknya, tidur yang cukup 7-8 jam dalam sehari.

  1. Gunakan scrub

Scrub dapat mengangkat sel kulit mati kulit. Jenis- jenis scrub pun dapat dipilih sesuka anda. Ada scrub jadi yang banyak dijual di toko- toko kosmetik. Ataupun anda dapat memilih scrub alami dari sayur, beras dan kopi. Caranya mudah, tinggal gosokkan pada area leher anda, kemudian bilas hingga bersih.

  1. Anda dapat melakukan beberapa langkah pembersihan dan perawatan lengkap yaitu :
  2. Bersihkan wajah hingga leher dengan milk cleanser yang berkhasiat menghilangkan jerawat.
  3. Kemudian cuci muka hingga leher dengan facial foam untuk mengatasi jerawat.
  4. Pakai masker anti jerawat dari wajah hingga leher. Jenis masker dapat berupa masker yang dapat anda beli jadi di pasaran (khusus anti jerawat) ataupun masker alami dari bahan alami yang dapat menangkal jerawat, seperti jeruk nipis, mentimun, minyak zaitun dan madu.
  5. Setelah menggunakan masker, bilas dengan air dingin.
  6. Terakhir gunakan face toner untuk mengangkat kotoran yang tertinggal di pori- pori kulit.

 

Related Posts

Leave a Reply