Jerawat Di Hidung ? Aduh, Bagaimana Dong ?

 Wajah

Jerawat Di Hidung ? Aduh, Bagaimana Dong ? – Salah satu masalah yang sering muncul pada kulit, terutama kulit wajah, adalah jerawat. Kemunculannya yang tiba-tiba bagai tamu dan diundang membuat kita jengkel bukan kepalang. Sang pembuat masalah ini memang bisa muncul di mana saja. Jerawat bisa muncul di dahi, di pipi, ataupun di dagu. Anda pasti setuju kalau kemunculan jerawat di hidung adalah salah satu hal yang sangat menjengkelkan untuk dihadapi.

Biasanya kemunculan jerawat di hidung membuat jerawat tersebut sembuh lama. Selain itu, tentu saja, rasa sakitnya yang menyiksa juga melengkapi penderitaan Anda yang sedang turun tingkat kepercayaan dirinya. Dengan kata lain, jerawat di hidung sangat mengganggu penampilan dan juga sering membuat Anda susah tidur serta sakit kepala.

Sama seperti jerawat yang muncul pada bagian lainnya, jerawat di hidung juga disebabkan oleh penyumbatan pori-pori serta sel kulit mati yang tidak terangkat dengan benar. Alhasil, jerawat akan muncul, meradang, dan membengkak pada area tersebut.

Jerawat Di HidungMenyembuhkan jerawat di hidung juga tidak semudah menyembuhkan jerawat pada bagian lain. Hal ini karena jerawat tumbuh mengakar seolah membuat rumah di hidung Anda. Tapi Anda tidak perlu khawatir. Untuk mengatasinya hal tersebut, Anda disarankan untuk melakukan beberapa hal berikut ini.

Jangan Dipegang
Kebiasaan buruk para wanita adalah selalu gatal untuk memegang-megang jerawat di wajah menggunakan tangan, termasuk jerawat di hidung. Padahal, Anda sudah tahu bahwa tangan Anda adalah sumber bakteri yang dapatrt dengan mudah membuat jerawat malah makin meradang. Semakin sering Anda memegang jerawat Anda, semakin meningkat pula aktivitas bakteri di sana. Apabila jerawat Anda pecah, segera ambil tissue basah dan seka jerawat Anda. Atau Anda dapat mengkompresnya selama beberapa detik sampai lukanya tertutup.

Mencuci Wajah
Cucilah wajah Anda selama 4-5 kali sehari. Hal ini dimaksudkan untuk membantu mengurangi kadar minyak di wajah. Selain itu, Anda juga dapat membantu mengatasi debu dan kotoran di wajah Anda agar tidak sampai menyumbat pori. Bila terasa nyeri, kompreslah wajah, khususnya bagian yang berjerawat, menggunakan es batu setelah mencuci wajah. Es batu tersebut akan membantu mengurangi peradangan pada jerawat.

Jangan Dipencet
Jika dengan memegangnya saja dapat membuat jerawat lebih parah, apalagi jika Anda malah memencetnya. Memencet jerawat dapat meninggalkan bekas luka yang sulit hilang. Jika jerawat masih meradang dan merona kemerahan, sebaiknya Anda membiarkannya saja terlebih dulu. Biarkan sampai nanahnya keluar sendiri, barulah Anda menangani dan segera diobati.

Scrub Oatmeal
Karena Anda harus membersihkan kulit wajah hingga ke pori dengan cukup intens, Anda memerlukan ramuan yang dapat melakukannya, salah satunya adalah ramuan masker oatmeal. Oatmeal dapat dijadikan scrub untuk mengangkat sisa sel kulit mati dan debu serta kotoran, sehingga tidak akan terjadi jerawat di hidung. Lakukanlah setidaknya dua kali sehari dalam 2 minggu. Dengan begitu, jerawat di hidung akan sembuh.

Tea Tree Oil
Tea tree oil dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Anda dapat memassage area yang berjerawat menggunakan tea tree oil pada malam hari. Biasanya jerawat akan kempes pada keesokan harinya, selain itu peradangannya juga akan berkurang.

Diuapi
Jangan takut pori-pori wajah akan besar karena Anda menggunakan bantuan uap panas. Dengan menguapi wajah, pori-pori akan terbuka dan membantu mengeluarkan minyak berlebih. Setelah 20-30 menit menguapi wajah, Anda harus membantu menutup kembali pori-pori wajah dengan menggunakan air es atau es batu.

Menangani jerawat di hidung memang harus telaten dan sabar. Sehingga jerawat akan sembuh dengan cepat. Lakukanlah perawatan secara rutin agar jerawat cepat sembuh dan tidak kembali muncul di wajah Anda. Semoga bermanfaat !

Related Posts

Leave a Reply