Jenis Model Baju Batik Gamis Wanita

 Fashion

Jenis Model Baju Batik Gamis Wanita – Ada berbagai model baju batik gamis untuk wanita. Baju gamis asalnya adalah pakaian wanita dan pria dari Timur Tengah. Gamis batik yang saat ini beredar merupakan perpaduan budaya antara dua kawasan. Hal tersebut merupakan hasil kreativitas pelaku fashion yang ingin mengaplikasikan kain batik dalam bentuk berbagai busana.

Gamis sendiri merupakan pakaian yang tepat untuk wanita muslim ataupun pria muslim. Seperti yang kita ketahui warna untuk baju gamis aslinya gelap dengan potongan lurus lebar. Lalu bagaimana  dengan gamis batik? Berikut ini kita simak pembahasannya.

Kreasi Batik Gamis

Motif batik Bali, Solo, Madura, dan lainnya memiliki pola dan warna yang khas. Ada juga motif yang berasal dari perpaduan dari luar negeri misalnya Cina dengan motif hewan naganya yang dipadukan dengan motif tradisional Indonesia. Motif-motif tradisional tersebut banyak digunakan untuk pakaian-pakaian resmi seperti kemeja. Walaupun ada juga yang dipakai untuk pakaian santai lainnya.

Jenis Model Baju Batik Gamis WanitaUntuk baju gamis, karena biasanya dipakai oleh umat muslim maka motifnya sebaiknya juga memilih yang tidak bertentangan dengan agama Islam. Gambar hewan dan simbol-simbol kepercayaan lainnya dihindari untuk digunakan sebagai bahan busana muslim.

Kreasi model baju batik gamis sangat beragam. Berikut ini beberapa contohnya:

  1. Gamis batik pesta

Gamis batik pesta merupakan jenis gamis yang cocok digunakan saat ke pesta. Jenis gamis ini biasanya memiliki model yang lebih menarik dengan tambahan aksesoris. Jenis bahan gamis yang dipakai bisa beragam. Salah satu modelnya misalnya kaftan panjang yang melebar ke samping. Jika menggunakan warna batiknya gelap bisa ditambah dengan aksesoris tambahan seperti bros, gelang, atau kalung panjang.

  1. Gamis batik kaos

Motif batik sudah mulai diaplikasikan pada bahan kaos katun yang dingin dan nyaman dipakai. Meskipun bukan batik asli tapi bahan kaos yang nyaman menjadi nilai lebih. Gamis yang panjang dan terbuat dari bahan kaos bermotif batik ringan dapat dijadikan alternatif pakaian sehari-hari.

  1. Gamis batik kombinasi

Batik kombinasi memberikan ruang yang luas untuk berkreasi. Motif batik bisa ditempatkan di berbagai bagian dari baju gamis. Misalnya pada bagian bawah saja, bagian tengah, atau bagian pada baju gamis.

  1. Gamis batik modern

Gamis batik modern memiliki motif dan potongan yang lebih modern. Motif batik modern tidak mengikuti pakem dari motif batik tradisional. Gambar bunga berulang, daun, dan tanaman bisa disebut motif batik modern.

Bagian-Bagian Baju Gamis yang Bisa Dikreasikan

Berkreasi pada sebuah baju dapat dimulai dari kain yang dipakai. Setelah itu model potongan pada tiap-tiap bagian baju. Bagian-bagian baju gamis yang bisa dikreasikan antara lain:

  1. Bagian lengan

Bagian lengan baju gamis bisa dibuat lurus, menyempit, atau melebar. Kain dan motif batik dapat dibuat berbeda di bagian lengan atau ujung lengan.

  1. Bagian pinggang

Bagian pinggang pada baju gamis biasanya lurus saja tidak dibuat membentuk lekukan tubuh. Namun bisa saja diberikan kain berbeda seperti sabuk. Ini bisa menunjukkan batasan antara bagian bawah dan atas tubuh.

  1. Bagian dada

Bagian dada pada gamis dapat ditempelkan bordir, manik-manik, dan lain-lain. Namun jika batiknya penuh maka motif batik utama bisa diletakkan di bagian dada.

  1. Bagian depan dan belakang

Baju gamis bisa dibuat berbeda dari depan dan belakang.

  1. Bagian bawah

Bagian bawah gamis batik bisa dibuat berlapis dengan dua kain berbeda seperti tirai. Kain bagian depan bisa tipis dan bagian dalamnya kain yang lebih tebal.

Itulah beberapa contoh kreasi model baju batik gamis yang bisa dijadikan pilihan.

Related Posts

Leave a Reply