Jenis Mata Bengkak dan Penyebabnya

 Wajah

Jenis Mata Bengkak dan Penyebabnya – Anda sedang mengalami mata bengkak saat ini? Ingin tahu bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan mata bengkak tersebut? Namun, sebelumnya silakan Anda ingat – ingat dahulu apa penyebab dari mata bengkak yang sekarang Anda alami, karena memang banyak hal dapat menjadi penyebab dari mata bengkak ini.

Terkadang, keadaan mata bengkak ini akan kita alami, baik sadar ataupun tidak sadar, setelah kita menangis. Namun, untuk Anda yang sudah seringkali menangis mungkin merasa wajar dan biasa saja ketika menemui mata Anda bengkak. Selain itu, keadaan kulit yang memiliki hipersensitivity atau alergi pun akan sering mengalami mata bengkak. Biasanya karena alergi dengan cuaca atau dengan suhu yang dingin, sehingga kulit pada kelopak mata pun membengkak.

Jenis Mata Bengkak dan PenyebabnyaAda penyebab lain dari timbulnya mata bengkak selain kedua penyebab di atas, yaitu setelah terkena pukulan. Bagi Anda para jagoan ataupun manusia sejuta perkara yang hobinya berkelahi, mata bengkak akibat tonjokan atau pukulan lawan tidak lagi menjadi hal istimewa bagi Anda. Dan yang perlu Anda lakukan hanyalah dengan mengompresnya dengan es batu.

Terjadinya mata bengkak merupakan akibat dari adanya edema atau kelebihan cairan atau mungkin peradangan yang terjadi pada jaringan ikat pada area sekitar mata. Dalam ulasan ini, penyebab mata bengkak yang akan dibahas bukanlah ketiga penyebab di atas. Melainkan penyebab lain, yaitu:

  1. Bintitan

Bintitan yang memiliki istilah medis berupa hordeolum ini tidak asing bagi telinga masyarakat. Namun, biasanya mitos yang berkembang di masyarakat menyebutkan bahwa bintitan terjadi akibat mengintip orang yang sedang telanjang. Apakah benar itu peyebabnya? Bintitan ini terjadi dengan tanda berupa adanya benjolan yang muncul pada kelopak mata baik bagian atas maupun bagian bawah karena infeksi bakteri. Biasanya bintitan ini menimbulkan rasa nyeri dan terkadang bengkak yang timbul pun meluas.

  1. Konjungtivitis

Istilah di masyarakat awam untuk menyebut konjungtivitis yaitu sakit mata. Sesuai dengan namanya, konjungtivitis berarti peradangan pada konjungtiva atau selaput bening pada mata, yaitu: kelopak mata bagian dalam dan bola  mata. Peradangan ini terjadi akibat infeksi bakteri, virus, atupun alergi. Tanda terjadinya konjungtivitis yaitu mata yang membengkak disertai dengan berair, merah, dan terkadang timbul rasa gatal.

  1. Blepharitis

Blepharitis merupakan radang yang terjadi pada kelopak mata dengan ciri khas berupa bengkak pada kelopak mata, terkadang terdapat serpihan – serpihan di dekat bulu kelopak mata yang mirip dengan ketombe, serta rasanya sakit.

  1. Selulitis orbita

Selulitis orbita merupakan ke gawat daruratan medis yang terjadi pada jaringan mata akibat adanya infeksi bakteri sehingga mata pun bengkak dan terasa nyeri disertai penurunan penglihatan, mata terasa nyeri saat melirik, mata menonjol, dan demam. Biasanya pengobatan yang dibutuhkan segera pada selulitis orbita ini yaitu injeksi intra vena antibiotik untuk pencegahan saraf optik yang rusak, kebutaan, kehilangan penglihatan permanen, dan lain sebagainya.

  1. Herpes okular

Merupakan peradangan akibat herpes simplex virus pada kornea.

  1. Memakai lensa kontak

Mata merupakan organ yang tidak kalah sensitif jika dibandingkan dengan kulit. Anda yang terbiasa menggunakan kontak lensa pun seharusnya menjaga kebersihan kontak lensa tersebut karena iritasi dan infeksi pada mata dapat terjadi. Penggunaan kontak lensa saat berenang atau tidak dilepas saat berenang, memakai kontak lensa yang kondisinya kotor, dan menyimpan kontak lensa pada wadah yang kotor, akan menyebabkan timbulnya sakit pada mata.

Itulah beberapa penyebab mata bengkak yang serius, selain penyebab mata bengkak ringan seperti akibat menangis, alergi, dan cedera akibat pukulan. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda yang membaca dan Anda dapat mencegah terjadinya mata bengkak yang terkadang dapat menjadi masalah yang serius.

Related Posts

Leave a Reply