Ini Loh Penyebab Gigi Anda Ngilu

 Wajah

Ini Loh Penyebab Gigi Anda Ngilu – Memiliki gigi yang putih dan rapi tentunya adalah hal yang sangat menggembirakan dan membuat Anda semakin percaya diri setiap harinya. Namun, gigi yang putih dan rapi ternyata tidak sebanding dengan pentingnya memiliki gigi yang sehat.

Anda tidak perlu mencoba membayangkan betapa menyakitkan dan menderitanya jika gigi Anda sakit ataupun ngilu. Penyebab umum dari terjadinya sakit gigi adalah penyakit gusi, gigi berlubang, ataupun kerusakan gigi. Namun, terdapat juga beberapa alasan lain yang non-dental yang juga dapat membuat gigi Anda terasa sakit dan ngilu. Kebersihan mulut Anda dan juga diet yang Anda lakukan tidak selalu dapat menjamin kesehatan gigi Anda. Nah, jadi hal-hal apa saja yang dapat menjadi penyebab gigi ngilu? Informasinya dapat Anda dapatkan berikut ini.

Ini Loh Penyebab Gigi Anda NgiluTerlalu Banyak Olahraga
Melakukan latihan dan olahraga memang sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda. Namun jika Anda melakukannya secara berlebihan, ternyata hal tersebut dapat merusak gigi Anda. Penelitian menunjukkan bahwa beberapa atlet yang melakukan latihan kekuatan ataupun olahraga berat menghadapi resiko erosi gigi yang lebih besar dibandingkan orang yang tidak melakukan olahraga.

Hal tersebut disebabkan oleh kondisi mulut yang kering saat berolahraga karena kekurangan air liur. Kondisi tersebut memicu timbulnya tingkat keasaman pada mulut dan gigi. Asam itulah yang kemudian mengikis enamel gigi. Hal ini dapat menyebabkan lubang kecil dan rongga pada gigi Anda. Bakteri akhirnya berkembang dalam mulut yang kering. Sesi latihan dan olahraga yang intens tanpa hidrasi akhirnya dapat meningkatkan risiko terjadinya gigi berlubang. Dan gigi berlubang inilah yang menimbulkan rasa nyeri dan ngilu.

Sinusitis
Ketika Anda terserang sinusitis, maka jaringan lunak yang melapisi rongga mulut Anda akan membengkak. Dengan kondisi tersebut, jumlah lendir yang diproduksi dalam mulut Anda akhirnya akan berlebihan. Pembengkakan ini juga dapat menyebabkan tekanan pada akar gigi di dekat rongga mulut. Hal inilah yang dapat menjadi penyebab gigi ngilu dan sakit pada gigi Anda.

Gusi Sensitif
Sensitivitas gigi juga dapat menyebabkan resesi pada gusi. Hal ini dikarenakan enamel pada garis gusi mulai menghilang. Dalam kondisi tersebut, jika tanpa pelindung, kontak dengan suhu yang panas ataupun yang dingin dapat menyebabkan gigi menjadi ngilu dan sakit.

Gigi Retak
Gigi yang rusak ataupun retak juga dapat menjadi penyebab gigi ngilu dan sakit. Gigi yang rusak dan retak ini sendiri dapat disebabkan karena cedera saat olahraga, perubahan suhu yang ekstrem, atau memaksakan gigi untuk menggigit benda keras. Hal ini akan menyebabkan bagian dalam gigi Anda akhirnya menjadi sensitif. Sebetulnya retak pada gigi ini agak sulit dideteksi, dan jika tidak segera diobati dapat menyebabkan infeksi.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang dapat menjadi penyebab gigi ngilu yang non-dental. Ada baiknya jika Anda selalu menjaga kesehatan gigi Anda dengan melakukan perawatan gigi yang tepat. Menggosok gigi dengan benar minimal 2 kali sehari, menggunakan mouthwash, serta perawatan gigi yang lain sangat penting untuk menghindari masalah-masalah mulut yang dapat mengganggu keseharian Anda.

Jangan lupa juga untuk selalu menjadwalkan pertemuan dengan dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk memastikan kondisi kesehatan gigi Anda. Sehingga gejala awal yang muncul dapat segera ditangani dengan baik secara medis. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya.

Related Posts

Leave a Reply