Hati – Hati Dengan Makanan Penyebab Jerawat

 Wajah

Hati – Hati Dengan Makanan Penyebab Jerawat – Jerawat lagi, jerawat lagi. Kecil, mungil, kalau lucu sih tidak akan menimbulkan masalah. Kalau bikin wajah menjadi tidak indah dipandang dan menimbulkan rasa sakit, siapa yang mau?  Ya. Permasalahan jerawat memang bagi sebagian orang tidak menimbulkan masalah yang berarti. Jika jerawat itu datang setiap masa menstruasi dan itu pun hanya satu atau dua benjolan. Nah, kalau yang muncul banyak? Pasti kan menimbulkan gangguan bagi penampilan Anda.

Jerawat disebabkan oleh adanya ketidakstabilan hormon dalam tubuh seseorang. Selain itu, stress atau tekanan secara psikologi pun dapat menimbulkan benjolan – benjolan bernama jerawat ini, karena stress pun akan mempengaruhi fluktuasi emosi dan pastinya akan mempengaruhi hormon. Kedua hal tersebut merupakan penyebab secara internal atau dari diri sendiri, sedangkan faktor eksternal pun dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat ini. Salah satu faktor eksternal atau dari luar yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat yaitu makanan. Ya, makanan penyebab jerawat.

Hati - Hati Dengan Makanan Penyebab JerawatSiapa sih yang tidak suka makan? Siapa yang tidak butuh makan? Makanan merupakan bagian dari hidup dan menjadi kebutuhan hidup manusia. Namun, saat mengkonsumsi makanan seseorang perlu mempertimbangkan banyak hal. Ada orang yang memiliki hipersensitifitas yang tinggi, sehingga perlu menghindari beberapa makanan karena tidak dapat mentoleransi.

Begitu pula pada kasus jerawat. Makanan pun dapat mempengaruhi timbulnya jerawat. Meskipun begitu, ada pula makanan yang dapat mencegah dan menghilangkan jerawat. Pada  tulisan ini, penulis akan berbagi sedikit informasi mengenai makanan penyebab jerawat, antara lain:

  1. Daging babi

Kandungan yang paling terkenal dari daging babi yaitu lemak. Lemak yang sangat tinggi. Oleh karena kandungan lemak itulah daging babi termasuk dalam makanan penyebab jerawat. Namun, ada kandungan lain yang juga menjadi penyebab tidak baiknya mengkonsumsi daging babi, yaitu adanya omega 6 dan asam lemak karena memiliki kemampuan timbulnya radang pada kulit apabila zat tersebut jumlahnya berlebihan dalam tubuh.

  1. Mie instan

Apakah Anda termasuk penggemar berat dan penggemar setia dari jenis makanan “enak” yang satu ini? Nah, apabila Anda saat ini  memiliki banyak jerawat, perlu Anda renungkan kembali apakah penyebabnya karena Anda sering mengkonsumsi makanan favorit Anda ini. “Bagaimana bisa mie instan dapat menyebabkan timbulnya jerawat? “, pasti itu salah satu dari sekian pertanyaan dalam benak Anda. Mie instan memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi serta pengawet. Kedua zat tersebut memang sulit untuk dicerna tubuh sehingga akan tertimbun di seluruh bagian tubuh, begitu pula bagian wajah.

  1. Coklat

Coklat merupakan jenis makanan yang memiliki penggemar dalam jumlah yang banyak pula. Coklat yang memiliki fungsi untuk merilekskan tubuh ini rupanya memiliki efek lain yaitu menyebabkan timbulnya jerawat. Gula yang terkandung dalam coklat jumlahnya cukup tinggi sehingga justru menurunkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, bakteri akan lebih mudah penetrasi dan menginfeksi kulit wajah dan timbullah jerawat.

  1. Es krim dan permen

Alasan mengapa es krim dan permen dapat menyebabkan jerawat, kurang lebih sama dengan coklat yaitu karena kandungan glukosanya yang tinggi.

  1. Keju dan yoghurt

Keju dan yoghurt merupakan produk atau hasil olahan susu yang memiliki kemampuan untuk mengacaukan kerja hormon. Oleh karena itu, ketidakstabilan hormon akan mengakibatkan sulitnya kelenjar kulit dalam melawan bakteri dan timbullah jerawat.

  1. Kacang – kacangan

Kebanyakan orang berpikiran bahwa kacang – kacangan menjadi penyebab utama dari munculnya jerawat. Namun, faktanya tidak seperti itu. Meskipun begitu, Anda tetap harus waspada dengan jumlah kacang – kacangan yang Anda konsumsi karena kandungan lemak dalam kacang – kacangan akan membuat kulit Anda berminyak dan jerawat pun mudah untuk muncul.

Itulah beberapa jenis makanan penyebab jerawat. Poin penting dan yang dapat menjadi kesimpulan yaitu Anda perlu berhati – hati dalam mengkonsumsi makanan, terlebih lagi makanan yang berminyak dan memiliki kandungan lemak karena bisa jadi makanan yang Anda konsumsi tersebut merupakan makanan penyebab jerawat.

Related Posts

Leave a Reply