Fungsi Bulu Ketiak Wanita dan Pria

 Kaki dan Tangan

Fungsi Bulu Ketiak Wanita dan Pria – Setiap bulu yang tumbuh di tubuh manusia memiliki fungsi, fungsi bulu hidung untuk menyaring kotoran yang ada di hidung, lantas apakah fungsi bulu ketiak?. Sama seperti bulu yang lainnya yang tumbuh di tubuh, bulu ketiak juga memiliki banyak fungsi, bahkan beberapa fungsi istimewa dari bulu ketiak yang sebelumnya tidak pernah Anda perkirakan akan dimiliki oleh bulu-bulu halus di kulit ketiak.

Para wanita biasa mencukur bulu ketiak mereka menyesuaikan dengan nilai estetika dan etika, namun setelah memahami berbagai fungsi dari bulu ketiak di bawah ini, apakah Anda akan mencukur atau membiarkan bulu tumbuh di kulit ketiak?.

Fungsi Bulu Ketiak Wanita dan PriaMelindungi kulit dari bakteri dan kotoran
Banyak orang yang rutin mencukur bulu ketiak 2 kali tiap bulannya untuk menjaga kebersihan kulit ketiak dari bulu ketiak yang tumbuh dengan lebatnya. Padahal tidak jauh berbeda dengan bulu lainnya yang tumbuh di tubuh, bulu ketiak juga memiliki manfaat, salah satunya adalah melindungi kulit ketiak dari pertumbuhan dan perkembangan bakteri dan juga melindungi kulit ketiak dari kotoran. Bakteri dan kotoran bisa memberikan efek negatif bagi tubuh.

Melindungi ketiak dari racun
Selain berfungsi dengan sangat baik untuk menjaga kulit ketiak dari perkembangan bakteri dan juga melindungi kulit ketiak dari kotoran, bulu ketiak juga memiliki fungsi alami lainnya yakni untuk melindungi ketiak dari racun, zat racun ini datangnya dari luar tubuh. Zat racun yang banyak terserap oleh kulit ketiak akan memberikan pengaruh negatif khususnya bagi kesehatan organ di sekitar ketiak.

Melindungi organ vital di sekitarnya
Salah satu fungsi bulu ketiak adalah melindungi organ vital yang ada di sekitarnya, melindungi payudara. Kegiatan mencukur bulu ketiak yang kita lakukan setiap saat akan menimbulkan luka kecil tak terlihat dan semakin sering, jumlah luka kecil tersebut semakin bertambah, hal ini bila tidak diimbangi dengan perawatan yang tepat, akan sangat memungkinkan racun juga zat kimia berbahaya yang berasal dari deodorant, krim atau bedak terserap langsung ke dalam lapisan kulit ketiak.

Lipatan daerah ketiak adalah tempat dari berkumpulnya kelenjat getah bening. Dimana kelenjar ini akan memfasilitasi transportasi racun serta zat-zat kimia dari luar tubuh membawanya ke dalam tubuh, terutama ke payudara. Jadi sangat dimungkinkan, jika seseorang terserang kanker payudara. Dan selain membawa pengaruh buruk bagi payudara, racun juga bisa memberikan pengaruh negatif bagi sistem pernapasan (paru-paru) jantung dan juga otak.

Daya tarik seksual
Berdasarkan dari buku Dr Bruce Perry yang berjudulul “Why do we have body hair” Science World telah diterbitkan pada bulan September 2000, dikatakan bawah fungsi bulu di ketiak itu sama dengan fungsi rambut kemaluan yakni sebagai daya tarik seksual. Bagi masyarakat awam, fakta ini mungkin tidak begitu familiar, namun fakta ini memang benar adanya.

Mengapa demikian? karena folikel rambut biasanya selalu berdekatan dengan kelenjar yang memproduksi dan menghasilkan feromon, yakni bundel molekul yang akan biasa diproduksi oleh tubuh kita sebagai sinyal kimia untuk menarik perhatian pasangan seks. Sesungguhnya, bulu yang ada di kulit ketiak, tidak bermasalah bila dipertahankan dan dibiarkan saja pertumbuhannya, justru dengan adanya bulu ketiak, Anda bisa menarik lawan jenis, dengan catatan, bulu ketiak Anda bersih dan higienis dan daerah di sekitarnya pun dijaga dengan sangat baik kebersihannya.

Fungsi bulu ketiak yang telah dijelaskan di atas bisa merubah persepsi Anda mengenai bulu ketiak, perlu atau tidakkah bulu ketiak dicukur.

Related Posts

Leave a Reply