Fakta-Fakta Seputar Komedo di Hidung Anda

 Wajah

Fakta-Fakta Seputar Komedo di Hidung Anda – Memiliki kulit yang mulus serta tanpa adanya jerawat satupun ternyata belum tentu bebas dari komedo. Bintik-bintik berwarna putih dan juga berwarna hitam ini sering muncul begitu saja baik di hidung, pipi, sudut bibir, ataupun dagu. Selain keberadaannya yang tampak seperti noda, kemunculan komedo tersebut juga membuat kulit Anda menjadi terlihat kasar dan juga kusam. Bahkan saat Anda mencoba untuk menutupinya menggunakan foundation sekalipun, komedo ini akan tetap terlihat.

Pada dasarnya, komedo merupakan bintik kecil yang muncul di permukaan kulit karena folikel rambut tersumbat. Komedo hitam ini disebut “blackheads” dalam Bahasa Inggris, karena permukaannya yang memang berwarna hitam. Komedo ini sebenarnya juga bisa muncul di permukaan kulit yang lain, seperti di punggung, lengan, dada, leher, dan bahu.

  • Terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab munculnya komedo, diantaranya adalah,
  • Produksi minyak yang berlebihan dari dalam tubuh.
  • Penumpukan bakteri jerawat pada kulit.
  • Terjadi iritasi pada folikel rambut saat sel-sel kulit mati tidak dibersihkan secara teratur.
  • Terjadi perubahan hormon yang menyebabkan terjadinya peningkatan produksi minyak. Hal ini biasanya saat pertumbuhan remaja, menstruasi, atau karena konsumsi obat KB.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu.

Fakta-Fakta Seputar Komedo di Hidung AndaKomedo memang telah menjadi musuh alami bagi wanita. Karena alasan itulah, para wanita selalu berjuang untuk dapat menyingkirkan komedo ini dari wajahnya. Kemudian muncullah berbagai hal dan mitos tentang komedo yang padahal belum tentu kebenarannya.

Sebagai informasi untuk Anda yang ingin tahu kebenarannya, berikut ini ulasannya untuk Anda.

Komedo bukan jerawat
Proses terjadinya komedo hampir sama dengan proses terjadinya jerawat. Adanya kelebihan minyak pada permukaan kulit yang lalu terperangkap pori-pori, adalah penyebabnya. Perbedaan antara komedo dengan jerawat sendiri adalah jerawat mengalami proses peradangan, sedangkan komedo tidak mengalaminya. Jika komedo Anda mengalami luka lalu terinfeksi, komedo tersebut kemudian bisa berkembang menjadi jerawat.

Penyebab komedo
Salah satu penyebab komedo memang dikarena produksi minyak di wajah yang berlebihan. Namun terdapat beberapa penyebab lain yang juga sangat berpengaruh. Misalnya kurang mengkonsumsi air putih, melakukan scrubbing yang berlebihan pada kulit wajah, atau terlalu banyak kulit mati di wajah yang menutup pori-pori kulit.

Komedo dipencet
Sebagian besar orang melakukan cara sederhana untuk menghilangkan komedo, yaitu dengan memencetnya menggunakan pinset jerawat. Sebtulnya, cara tersebut tidaklah baik. Hal itu karena dapat menyebabkan komedo malah semakin masuk ke dalam pori dan menyebabkan kulit menjadi iritasi. Daripada ditekan, komedo akan lebih mudah dihilangkan jika Anda mencabutnya dengan menggunakan pinset, tapi kemudian tutupi pori-porinya dengan menggunakan masker.

Makanan penangkal komedo
Beberapa makanan selalu dikait-kaitkan dengan kondisi kecantikan. Namun yang pasti. konsumsilah buah-buahan dan sayur dalam jumlah yang banyak serta dalam kondisi yang masih segar. Selain itu perbanyak minum air putih setiap harinya. Hal ini jelas akan membantu memperbaiki sirkulasi serta produksi minyak di wajah Anda. Dengan demikian kemunculan komedo juga bisa teratasi.

Beberapa orang percaya bahwa apa yang kita makan dan minum juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat atau komedo. Misalnya, beberapa produk susu dan makanan tinggi karbohidrat yang dapat meningkatkan level gula darah. Kenaikan gula darah inilah yang memicu munculnya jerawat serta komedo. Namun, peneliti belum dapat memastikan hal-hal tersebut.

Setelah Anda mengetahui fakta-fakta, penyebab serta cara menangkal untuk komedo, kini Anda dapat melawan komedo melalui perawatan serta asupan makanan yang benar. Tidak aka nada lagi komedo yang mengganggu wajah Anda. Bye, komedo!

Related Posts

Leave a Reply