Dua Penyebab Karang Gigi

 Wajah

Dua Penyebab Karang Gigi – Pada dasarnya gigi tumbuh dengan baik dan sehat sejak kita kecil, namun seiring pertumbuhan tubuh yang semakin besar, gigi susu digantikan dengan gigi dewasa dan disinilah berbagai permasalahan bisa muncul dengan mudahnya karena semakin besar makanan yang kita konsumsi semakin beragam dan dari konsumsi makanan inilah risiko untuk terbentuknya karang gigi atau karies gigi semakin tinggi. Disamping sisa-sisa makanan yang menempel di sela gigi, inilah beberapa penyebab karang gigi.

Gula atau makanan manis
Salah satu penyebab karang gigi yang secara umum sudah diketahui oleh orang banyak adalah gula atau makanan manis. Permen, gulali, coklat dan berbagai makanan manis lainnya memang dapat memperbaiki mood kita yang buruk akan tetapi terlalu banyak mengkonsumsi gula dan makanan manis. Gula dikabarkan menjadi salah satu penyebab utama karang gigi. Disaat zat gula serta karbohidrat lain yang mengalami metabolisme kecil maka akan berubah menjadi zat asam di dalam mulut dan sejak saat itu karang gigi mulai terbentuk.

Dua Penyebab Karang GigiEnamel dan juga dentik gigi mulai dikikis secara perlahan-lahan oleh zat asam. Peran bakteri jahat di dalam mulut membuat gula atau makanan manis lainnya yang kaya akan gula meninggalkan noda pada gigi serta membuat air liur kehilangan fungsi untuk menetralkan zat asam. Gulali dibuat oleh karamel yang mana menjadi musuh utama dari gigi, karena gulali memiliki tekstur yang sangat lengkeh mudah untuk menempel di gigi.

Karamel yang menempel dan tertinggal di gigi ini akan membuat bakteri memperoleh supali zat karbohidrat untuk dapat terus bekerja menggerogoti gigi dan mulai membuatnya keropos. Selain itu, gula yang terdapat di dalam minuman botolan maupun minuman kalengan juga bisa menjadi penyebab utama karang gigi terbentuk di gigi Anda, walaupun tidak sehebat karamel maupun permen kunyah, minuman botolan ini pun tidak baik untuk kesehatan gigi. Maka dari itu, batasilah konsumsi makanan manis, mulai dari minuman botolan atau minuman kalengan sampai permen, coklat dan gulali.

Makanan mengandung pati
Makanan yang mengandung zat pati merupakan salah satu dari penyebab karang gigi. Bahkan ada penelitian yang mengatakan jika biscuit asin merupakan penyebab utama terbentuknya karang serta karies gigi. Nasi dan roti merupakan dua contoh dari makanan yang mengandung pati, sisa-sisa makanan dari nasi maupun roti umumnya sulit untuk dihilangkan walaupun Anda sudah menyikat gigi. Maka dari itu, biasakan diri untuk membersihkan gigi dengan benang gigi setelah makan dan menyikat gigi, agar sisa-sisa gigi yang tidak bisa dibersihkan oleh sikat gigi bisa dibersihkan dengan sangat baik oleh benang-benang gigi yang lembut.

Makanan manis maupun makanan yang mengandung pati merupakan dua penyebab karang gigi yang sebaiknya Anda perhatikan kadar konsumsinya. Bila Anda sudah menyadari jika ada gigi berlubang atau karies gigi, maka usahkanlah untuk tidak mengkonsumsi dua jenis makanan ini secara berlebihan agar kondisi gigi yang sudah tidak sehat tidak menjadi semakin buruk karena karang gigi yang semakin tebal akan mengakibatkan banyak permasalahan gigi.

Gigi yang sehat tanpa karang atau karies gigi merupakan idaman semua orang, semua orang ingin memiliki gigi yang sehat dan kuat bebas dari karang gigi, karies gigi dan juga terbebas dari gigi berlubang. Rawat gigi sejak dini dengan perawatan rumahan, mulai dari menyikat gigi dengan benar dan rutin hingga mengkonsumsi buah apel dan buah melon yang tinggi mineral dan baik untuk gigi.

Related Posts

Leave a Reply