Ciri – Ciri Penyakit Kulit Eksim

 Badan

Ciri Penyakit Kulit Eksim – Setiap orang pasti pernah mengalami masalah kesehatan kulit, baik yang disebabkan karena kecerobohan sendiri, karena bakteri, virus dan kuman, karena daya tahan tubuh yang kurang baik atau faktor bawaan dan faktor rangsangan lainnya. Masalah kulit sangat tidak diharapakan, karena membuat seseorang menjadi tidak nyaman dan kurang percaya diri. Kulit merupakan bagian tubuh pelapis organ sehingga kulit menjadi komponen yang paling banyak dilihat oleh mata telanjang.

Kulit yang bermasalah sebaiknya memang segera diatasi karena ada beberapa penyakit kulit yang menular. Penyakit kulit eksim merupakan penyakit kulit berbahaya yang biasanya diawali dengan rasa gatal yang menyiksa dan hampir menyerang dan menyebar pada seluruh permukaan kulit, setelah kulit terasa gatal, akan keluar bintik-bintik yang ukurannya kecil dan mengandung cairan. Berikut ini beberapa ciri-ciri jika Anda terkena penyakit kulit eksim:

Ciri - Ciri Penyakit Kulit EksimKulit memerah
Sudah biasa bila penyakit kulit pada umumnya kerapkali ditandai dengan perubahan warna kulit, termasuk kulit kemerahan. Sama dengan ciri penyakit kulit lainnya, penyakit kulit eksim juga ditandai dengan warna kulit yang memerah, hal ini terjadi karena timbulnya bintik-bintik kecil yang berwarna merah yang cukup banyak dan menyebar di hampir seluruh permukaan kulit, semakin banyak bintik-bintik merah yang menyebar pada kulit menandakan jika penyakit kulit yang Anda derita semakin parah, oleh karena itu, kenalilah gejala awal penyakit kulit berbahaya ini sehingga penyakit tidak mudah berkembang dan Anda bisa langsung mengatasinya dengan maksimal.

Terasa begitu gatal
Penyakit kulit eksim juga biasa ditandai dengan gejala penyakit kulit yang sama, yakni rasa gatal yang menyiksa. Rasa gatal merupakan gejala langsung yang mudah dikenali, rasa gatal menyiksa yang Anda alami sangat tidak menyenangkan, Anda merasa tidak nyaman dan tidak tenang untuk melakukan aktivitas karena tidak kuat dengan rasa gatalnya.

Pada beberapa daerah kulit yang terkena penyakit kulit eksim, Anda akan merasakan gatal sekali hingga timbul keinginan untuk menggaruk kulit yang gatal hingga gatalnya mereda, namun tindakan Anda yang ceroboh tersebut dengan menggaruk kulit yang gatal justru akan membuat kondisi kulit memburuk, kulit terkena infeksi dan penyakit kulit eksim yang Anda derita menjadi lebih parah. Tahan meskipun itu sulit, upayakan untuk tidak menggaruk kulit yang gatal. Kulit gatal memang menyiksa, namun infeksi yang akan ditimbulkan setelah garukan tangan itu lebih menyiksa karena terasa lebih lama, tangan mengandung banyak sekali kuman dan bakteri jahat sehingga tidak baik untuk menggaruk kulit yang terkena penyakit kulit eksim.

Bentol kecil-kecil
Setelah kulit Anda terasa sangat gatal, penyakit kulit eksim akan memunculkan bentol kecil-kecil berwarna kemerahan yang semakin lama semakin bertambah jumlahnya, bentol kecil-kecil kemerahan ini akan mencoba untuk menyatukan diri sehingga wilayahnya tampak lebih lebar, kondisi ini sudah sangat berbahaya, penyakit kulit eksim sudah berada pada level membahayakan dan parah, maka dari itu, perlu perawatan yang tepat dan cepat sehingga kulit Anda kembali sehat dan cantik.

Penyakit kulit eksim menjadi problem kulit yang paling dihindari karena dampaknya yang kurang menyenangkan, baik bagi kondisi kesehatan kulit, tubuh dan penurunan rasa percaya diri. Jaga selalu kesehatan kulit dengan rajin membersihkan badan, minimal 2x satu hari memakai sabun mandi yang memiliki kandungan antiseptik di dalamnya. Usahakan juga untuk tidak menyentuh tempat yang kotor dan cuci tangan selalu dengan sabun sebelum melakukan aktivitas apa pun.

Related Posts

Leave a Reply