Cara Sehat dan Aman dalam Membersihkan Jerawat

 Wajah

Cara Sehat  dan Aman dalam Membersihkan Jerawat – Jerawat memang tidak ada jenuhnya datang menghampiri kita. Baik untuk sekedar menyapa atau untuk menetap dalam waktu yang terbilang lama. Kondisi fisik dan psikologis kita pun mempengaruhi rentang waktu bertahannya jerawat pada kulit wajah kita. Jika Anda sedang mengalami penurunan daya tahan tubuh, maka jerawat pun akan menetap dalam jangka waktu yang cukup lama hingga kondisi daya tahan tubuh Anda membaik.

Begitu pula kondisi psikologis Anda. tidak dapat kita pungkiri bahwa jerawat dipengaruhi oleh ketidakstabilan hormon dalam tubuh kita. Apabila kondisi psikologis Anda sedang kurang baik, secara otomatis hormon dalam tubuh Anda pun berfluktuasi dan tidak stabil, sehingga timbullah benjolan – benjolan jerawat. Lalu bagaimana cara membersihkan jerawat jika sudah terlanjur datang?

Semakin Anda merasa tertekan dan khawatir terhadap kehadiran benjolan bernama jerawat ini, semakin menurunlah kondisi psikologis Anda. Justru membuat jerawat ini mudah datang dan menetap karena kekhawatiran Anda. Maka hal penting yang harus Anda lakukan adalah menenangkan atau merilekskan diri dan pikiran Anda. Berikut merupakan cara membersihkan jerawat yang dapat Anda lakukan:

  1. Cara Sehat dan Aman dalam Membersihkan JerawatGunakan madu

Madu meripakan salah satu bahan alami yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Begitu pula fungsi dasarnya yang sebagai anti bakteri dan kemampuannya untuk membantu proses regenerasi sel – sel kulit. Oleh karena kemampuan itulah, madu direkomendasikan sebagai salah satu cara membersihkan jerawat.

Salah satu sifat madu yaitu menarik oksigen dan uap air yang ada di udara ke area atau tempat di mana madu berada. Sehingga jika Anda menggunakan madu sebagai masker wajah Anda, madu akan menarik oksigen dan uap air ke wajah Anda serta membuat wajah Anda menjadi lembab.

Kondisi kulit wajah yang lembab akan membantu mempermudah proses regenerasi sel – sel kulit wajah ataupun memperbaiki sel – sel kulit wajah. Hal ini menjelaskan bahwa sel kulit mampu membersihkan dirinya sendiri dari jerawat. Selain itu, Anda perlu mengingat fungsi madu sebagai anti bakteri.

Cara penggunaan madu sebagai masker wajah Anda cukup mudah yaitu dengan mengoleskan secara merata madu pada kulit wajah Anda. Namun sebelumnya, Anda harus membersihkan kulit wajah Anda terlebih dahulu. Setelah dioleskan secara merata, tunggu dan diamkan masker madu tersebut selama kurang lebih 20 – 30 menit. Siapkanlah air hangat dan waslap untuk membersihkan wajah Anda setelah 20 – 30 menit berlalu. Cukup mudah bukan? Penggunaan masker ini dapat dilakukan secara rutin 2 – 3 kali dalam satu minggu.

  1. Mengatur pola hidup

Hal yang tidak kalah penting untuk Anda lakukan adalah pengaturan terhadap pola hidup Anda. Pola hidup seperti apakah yang perlu dilakukan untuk memberantas jerawat dan menjadi cara untuk membersihkan jerawat? Pola hidup sehat, tentunya. Sebab pola hidup sehat akan membantu melancarkan proses metabolisme dalam tubuh sehingga akan berdampak pula pada proses pembuangan atau pengeluaran zat – zat beracun dalam tubuh. Pola hidup sehat yang Anda perlu lakukan yaitu:

  • Menghindari stres. Ini berarti Anda perlu melakukan solusi yang telah diberikan di atas yaitu dengan menenangkan dan merilekskan diri serta pikiran Anda.
  • Minum air putih sesuai kebutuhan
  • Rajin melakukan olah raga secara rutin dan teratur untuk melancarkan metabolisme tubuh dan pengeluaran zat – zat racun dalam tubuh.
  • Konsumsi buah dan sayuran
  • Rajin mencuci muka dengan menggunakan sabun muka sesuai dengan jenis kulit Anda.
  • Hindari melakukan pemencetan terhadap jerawat
  • Hindari junk food dan makanan berlemak tinggi

Itulah dua langkah cara membersihkan jerawat. Jika Anda dapat melakukannya, niscaya jerawat tidak akan tinggal meneap dalam waktu yang cukup lama di wajah Anda. bahkan tidak sempat meskipun hanya sekedar menyapa. Memang jerawat  mudah sekali datang dan pergi, bahkan penyebabnya pun sering kali hal – hal yang kita abaikan, seperti mencuci muka atau sekedar mencuci tangan. Kebersihan merupakan salah satu kunci yang perlu kita pegang dan kita terapkan jika ingin hidup sehat dan bebas dari jerawat. Selamat mencoba.

Related Posts

Leave a Reply