Cara Mudah Mencegah Jerawat

 Wajah

Cara Mudah Mencegah Jerawat – Mungkin Anda sudah sering mendengar kalimat dari pepatah yang mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati dan kesehatan itu mahal harganya. Ya itulah kalimat – kalimat yang seharusnya menjadi tuntunan Anda dalam keseharian untuk senantiasa menjaga kesehatan Anda. Begitu juga dalam menjaga kesehatan kulit Anda.

Meskipun penampilan bukanlah hal prioritas bagi Anda, namun kesehatan harus tetap menjadi prioritas bagi Anda. Jadi, tetaplah Anda harus menjaga kesehatan kulit Anda termasuk menghindari datangnya jerawat pada kulit wajah Anda.

Cara Mudah Mencegah JerawatJerawat merupakan masalah kesehatan yang biasanya muncul di kulit wajah, meskipun terkadang dapat muncul di punggung dan dada, akibat produksi minyak yang berlebih dan tersumbatnya pori – pori kulit wajah oleh bakteri, kotoran, dan minyak. Menurut penelitian seorang dermatologist bernama Z. El Akawi, orang yang memiliki jerawat memiliki kandungan vitamin A dan vitamin E yang sedikit di dalam darahnya. Oleh karena itu, dia merekomendasikan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin A dan vitamin E sebagai cara mencegah jerawat.

Selain itu, di bawah ini akan dijelaskan dan diulas mengenai cara mencegah jerawat melalui pengubahan beberapa pola dan gaya hidup yang lebih sehat dalam perawatan wajah:

  1. Jaga kebersihan wajah

Anda harus senantiasa rajin membersihkan wajah dengan sabun khusus wajah tentunya, baik wajah Anda sedang berjerawat ataupun tidak. Pilihlah sabun wajah yang sesuai dengan tipe kulit Anda: kering, berminyak, atau normal. Anda juga harus menghindari kebiasaan menggosok kulit wajah dengan keras, namun justru Anda cukup membasuh wajah Anda dengan pembersih antibakteri minimal dua kali sehari atau sesuai dengan petunjuk produk.

  1. Pakai make up secukupnya

Gunakanlah produk kosmetik yang aman dan hindari penggunaan bahan kimia berlebihan. Selain itu, Anda harus rajin membersihkan wajah Anda dari make up sebelum tidur serta terkadang membiarkan kulitwajah Anda bernafas dan tampil alami tanpa make up.

  1. Gunakan pelembab

Pelembab berfungsi untuk meminimalisir keringnya kulit. Untuk Anda yang mudah berjerawat, berarti Anda memiliki tipe kulit berminyak, sehingga lebih sesuai jika menggunakan pelembab yang berbentuk gel. Namun tidak menutup kemungkinan Anda yang memiliki kulit kering tidak berjerawat, sehingga Anda dapat menggunakan pelembab dalam bentuk krim ataupun lotion.

  1. Kurangi kontak tangan dengan wajah

Tangan merupakan sarang dari bakteri, oleh karena itu Anda perlu meminimalisir  kontak antara tangan dan wajah Anda karena tangan yang kotor justru menambah persebaran bakteri ke wajah Anda serta terkadang mampu menimbulkan iritasi pada kulit cantik Anda.

  1. Olahraga teratur

Bagaimana bisa olahraga mencegah timbulnya jerawat? Bisa saja. Olahraga akan membantu melancarkan peredaran darah Anda ke seluruh tubuh sehingga Anda pun akan merasa rileks dan stres serta cemas Anda dapat hilang dengan sendirinya. Namun, setelah Anda berkeringat karena  olahraga, segeralah mandi serta hindari penggunaan kacamata atau topi yang mampu menimbulkan keringat yang lebih banyak. Keringat yang berlebih akan mampu mengiritasi kulit Anda, tetapi Anda dapat segera mengatasinya dengan mandi.

  1. Kurangi makanan berlemak

Bagi Anda yang memiliki kesukaan berlebih dengan makanan berlemak, seperti gorengan, Anda perlu waspada karenanya. Sebab makanan berlemak dan mengandung minyak tinggi justru semakin menambah kadar minyak dalam tubuh Anda, sehingga semakin lancarlah pertumbuhan dan perkembangan jerawat.

Mungkin cara – cara mencegah jerawat di atas merupakan cara yang simple bagi yang benar –benar menginginkan kesehatan kulit wajahnya. Namun bisa jadi terasa ribet bagi Anda yang tidak ingin berusaha. Ubahlah pandangan dan perilaku Anda, maka kesehatan akan selalu bersama Anda. Selamat mencoba.

Related Posts

Leave a Reply